PEMBELAJARAN TAJWID DAN TAHSIN AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRA’ATI DI RUMAH BELAJAR MAHASISWA KKN DESA HAMBUKU HULU

Ridhatullah Assya’bani, Anita Sari, Elfa Hafizah, Faizatul Hasanah, Marniyah Marniyah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak-anak pada saat sekarang ini, khususnya pada daerah perdesaan, dimana masih terdapat anak yang belum bisa membaca Al Qur'an sesuai ilmu tajwid dan tahsin. Kalau sejak dini masih belum mampu membaca Al-Qur'an menggunakan ilmu tajwid dan tahsin, maka akan sulit juga ketika besar memahami hukum-hukum bacaan yang ada didalam Al-Qur'an. Maka dari itu banyak orangtua menitipkan anaknya ke Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) untuk belajar agama, khususnya cara membaca Al-Quran. Namun hal ini masih saja belum optimal dikarenakan sebagian Guru disana tidak menerapkan pembelajaran ilmu tajwid dan tahsin, maka dengan demikian, dibangunlah sebuah rumah belajar mahasiswa KKN yang disana mereka mengajarkan sebuah pembelajaran tajwid dan tahsin. Yaitu memakai suatu metode untuk memudahkan anak di dalam membaca Alquran, yaitu metode Qiroati. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode Qiroati, serta faktor yang menjadi penunjang dan penghambat pembelajaran membaca Alquran. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan deskriptive interpretative. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada metode Qiroati mampu diterapkan di desa tersebut, karena dengan menggunakan metode ini mampu menarik anak-anak untuk rajin membaca Al-Qur'an dan juga agar anak tidak merasa bosan ketika belajar membaca Al-Quran. Faktor yang menjadi penunjang di dalam pembelajaran Alquran yaitu (a) Tempat; dan (b) Media Pembelajaran Kemudian faktor yang menjadi pengahambatnya yaitu (a) Orangtua; dan (b) minat dan motivasi anak (c) saran dan prasrana
Kata kunci: implementasi, metode Qiroati, membaca Alquran.

Full Text:

PDF

References


Al-Makky, Hisyam bin Mahrus Ali. Bimbingan Tahsin Tilawah Al-Qur’an. Solo: Zam-Zam, 2013.

BA, Abdullah Asy’ari. Pelajaran Ilmu Tajwid. Surabaya: APOLLO, t.t.

Ghony, M. Djunaidi, dan Fauzan AlManshur. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

‘iri, Abu Bakar Jabir al-Jaza. Minhajul Muslim:.Konsep Hidup Ideal dalam Islam. Jakarta: Darul Haq, 2011.

Murjito, (Imam. Pedoman Metode Praktis Pengajaran Ilmu Baca Al-Qur’an Qira’ati. Semarang: Koordinator Pendidikan Al-Qur’an, t.t.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta, 2012.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadia Media, 2006.

Sjahrianto, Wawan. Qur’an Player 2.0.1.0. Jakarta: Departemen Agama, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v1i1.697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat



Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

    

 

Diterbitkan oleh

Badan Penelitian Penelitian dan Pengabdian Masayarakat

STIQ AMUNTAI

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara

Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0811-5132-300

Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id

 

 

Lisensi Creative Commons

Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.