EKSISTENSI ANYAMAN PURUN SEBAGAI PENOPANG PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI DESA HAUR GADING

Mardiana Mardiana, Aima Jatul Salma, Noor Halimah, Sarijannah Sarijannah

Abstract


Anyaman purun merupakan kerajinan anyaman yang dilestarikan secara turun temurun dari generasi kegenerasi oleh perempuan Desa Haur Gading.Kerajinan anyaman purun adalah salah satu aktivitas yang memberikan kontribusi besar dalam penyedian lapangan pekerjaan dan sudah ada sejak tahun kurang lebih 1978 dan semakin berkembang hingga sekarang.Keberadaan kerajinan anyaman purun ditopang oleh pengusaha atau para pengrajin kecil dan menengah serta para pekerja lainnya yang dikelola secara tradisional dan kini sebagian besar berbasis komputer.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran anyaman purun bagi masyarakat desa Haur Gadingdan perkembangan anyaman purun di desa Haur Gading. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berlandaskan pada filsafat post-positivisme, Jenis penelitian mengunakan metode kualitatif deskreptif, serta prosedur pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan peneliti, kerajinan anyaman purun di Desa Haur Gading sebelumnya hanya dalam bentuk bakul dan tikar purun, kini setelah para pengrajin bergabung dalam Sentra Anyaman Kelompok Maju Bersama Desa Haur Gading yang dibentuk pada Maret 2020, produk semakin beragam dan ramah lingkungan, seperti berbagai model tas purun, sendal hotel, vas bunga dan masih nyak lainnya sehingga permintaan konsumen meningkat, tidak hanya dibatas oleh daerah sekitar namun sudah menyebar di tingkat internasional.
Kata kunci : Eksistensi; Anyaman Purun; dan Ekonomi Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Aditya Novriyanata, Zainal Abidin, dan Adi Rahmadi. “Produktivitas Kerajinan Anyaman Purun Danau (Lepironia Articulata Domin) Di Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka Kota Banjar Baru Provinsi Kalimantan Selatan.” Jurnal Sylva Scienteae 1, no. 2 (2018).

Atzmaina, Novia, Farida Yulianti, dan Rina. “Analisis Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Pada Kerajinan Purun AL-FIRDAUS BORNEO Banjar baru,” t.t.

Christa Turang, Widya, dan Daniel Alexander Octavianus Turang. “Pengembangan Desain Tas Wanita Berbahan Rumput Purun Menggunakan Metode ATUMICS.” Jurnal Desain Produk (Pengetahuan Dan Perancanagan Produk) 4, no. 1 (2021).

Ernawati, Ratih Hurriyati, dan Puspo Dewi Dirgantari. “Strategi Pengembangan Kerajinan anyaman Purun Untuk Meningkatkan Daya Saing.” Jurnal Ekonomu Modernisasi 17, no. 1 (2021).

Gunawan, Ide, dan Rusdiyanto. Prosiding The 2ND Internasional Seminar On Contemporary Islamic issues. Yogyakarta: Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah IAIN Manado, 2019.

Irfandi, Adek Cerah Kurnia Aziz, dan Taufik Hidayat. “Optimalisasi Pendampingan Badan Usaha Milik Desa Kerajinan Anyaman Pandan Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara.” Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2020.

Kurniaty, Ratih Marina, Anas M.Fauzi, dan M. Achmad Chozin. “Daya Saing PT benar Flora Utama Berdasarkan Aktivitas Rantai Nilai Florikultura.” Jurnal Manajemen dan Agribisnis 9, no. 3 (2012).

Lupi, Fadel Retzen, dan Nurdin. “Analisis Strategi Pemasaran dan Penjualan E-C0mmerce Pada Tokopedia.Com.” Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer 2, no. 1 (2016).

Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Rahmat Koestanto, Raeno, dan Mariani Yusuf Azis. “Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Kampung Purun Kelurahan Palam.” Frontier Agribisnis 4, no. 3 (2020).

Siyoto, Sandu, dan M. Ali Sudik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: literasi Media Publishing, 2015.

Sugiyono. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis,dan Disertasi. Yogyakarta: Alfabeta, 2013.

———. Metodologi Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Suprapto, Wasis, dan Nova Khrisna Yudha. “Purun: Merajut Ekologi Dan Tradisi Di Kota Tikar Dalam Konteks IPS.” PIPSI 4, no. 2 (2019).

Suwandra, I. W. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan Kebudayaan, dan Keagamaan. . Bandung: Nilacakra, 2018.

Wahdah, Rofiqah, dan Henny Septiana Amalia. “Pengembangan Daya Saing Produk Pada Sentra Kerajinan Purun Di Kabupaten hulu Sungai Utara Kalimantan selatan.” Jurnal Spread 6, no. 2 (2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v1i1.700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat



Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

    

 

Diterbitkan oleh

Badan Penelitian Penelitian dan Pengabdian Masayarakat

STIQ AMUNTAI

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara

Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0811-5132-300

Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id

 

 

Lisensi Creative Commons

Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.