Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Pada Muatan Pelajaran Ips Siswa Sekolah Dasar

Devi Purwati, Subhan Subhan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses penerapan model pembelajaran time token yang dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema makanan sehat di kelas V SD Negeri 010 Sawah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi, dan teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan data hasil penelitian, tergambar bahwa model pembelajaran time token dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat. Hal ini dapat dilihat pada grafik perkembangannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan, nilai rata-rata siswa dalam mengemukakan pendapat hanya mencapai 51,52 atau tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I, nilai rata-rata siswa dalam mengemukakan pendapat meningkat menjadi 68,70 atau tergolong kurang. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat kembali menjadi 81,74 atau tergolong cukup baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran time token dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema makanan sehat di kelas V SD Negeri 010 Sawah. Kata Kunci: Model Pembelajaran Time Token, Kemampuan Mengemukakan Pendapat, dan Sekolah Dasar.

Keywords


Model Pembelajaran Time Token, Kemampuan Mengemukakan Pendapat, dan Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-8Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta. Hlm. 16.Aris, Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. AR- RUZZ MEDIA. Hal 216Istarani. (2012). Kumpulan 40 Metode Pembelajaran. Medan: Media Persada. Hlm.1Lucia, D., D. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends 1998 untuk meningkatkan Keberanian Berpendapat Siswa Dalam Pembelajaran IPA Peristiwa Alam Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 1 Bareng, Klaten, Jawa Tengah.Mardiyah, H. (2012). Desain Pembelajaran Berbasis Karakter. Pekanbaru: Al-Mujtahadah Press. Hlm 1Rulam, A. (2014). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Ar- Ruzz. Media. Hal 81Saur, T. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga. Hlm 19.Tia, F. (2015). Peningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Melalui Tekhnik Debat Aktif Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jatitujuh Kabupaten Majalengka Barat. Jurnal Pendidikan Online. Tia, F. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Melalui Teknik Debat Aktif Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jatitujuh Kabupaten Majalengka Jawa Barat. E-Journal Bimbingan dan Konseling, 4(5).Ulin, H. (2016). Penerapan Teknik Time Token dalam Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Wina, S. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana. Hal 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.1845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.