Penerapan Metode Pembelajaran Explicit Instruction (EI) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar

Meissy Armadi, Nazlimar Nazlimar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui metode pembelajaran explicit instruction di kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Bukit Ranah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 13 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan degan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode explicit instruction dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata tes pemahaman konsep peserta didk sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 55,76 dengan ketegori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 71,92 dengan kategori cukup. Dan meningkat pada siklus II menjadi 85 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode explicit instruction daat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Bukit Ranah. Kata Kunci : Metode Explicit Instruction, Pemahaman Konsep, dan Sekolah Dasar.

Keywords


Metode Explicit Instruction, Pemahaman Konsep, dan Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Anas, S. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada. Hal. 43.Anwar, S., A. & Lapenia, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Cahaya Dan Sifatnya Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri 1 Sembawa. Jurnal Lensa Pendas, IV(I).Berlian, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Tema Cita-Citaku Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Terpadu Kuok.Eka, K., L. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung. Refika Aditama. Hal. 81.Levana, M & Yusuf, H. (2013). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembejaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2)Mira, G. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa. Hal. 30Muhibbin, S. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara. Hal. 144Moch, A., K., B. (2016). Sintak 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning, (Malang : Universitas Muhamadiyah Malang Press. Hal 108.Oktaria, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instraction Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Pelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah Cempaka Palembang. Paizaluddin & Ermalinda. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Alfabeta. Hal.6Sukma, E. & Nurhayati. (2016). Penelitian Tindakan Kelas bagi Mahasiswa. Pekanbaru: Kreasi edukasi. Hal. 96Widiawati, Ni Putu, dkk. (2015). Analisi Pemahaman Konsep Dalam Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Banjar. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.1849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.