Kebiasaan Edukatif Islami yang dapat Membentuk Perilaku Sosial Anak dalam Kehidupan Bermasyarakat

Nata Utara Rahman, Auladina Shalihah

Abstract


Orang tua menjadi unsur penting dalam membentuk perilaku anak, khususnya dalam bersosial di lingkungan masyarakat. Tidak jarang ditemukan dalam kehidupan ini perilaku sosial anak yang tidak selaras dengan norma, tata krama dan syari’at Islam. Keadaan ini tentu mengharapkan wujud ideal agar anak-anak memiliki perilaku sosial yang baik sehingga dia bisa diterima di tengah masyarakat sesuai dengan apa yang diharapkan secara bersama-sama. Melalui penelitian ini penulis bertujuan untuk mengkaji beberapa literatur yang berkaitan dengan kebiasaan edukatif yang dapat membentuk perilaku sosial anak yang dilakukan dengan metode penelitian pustaka (Library Research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan edukatif Islami dalam membentuk perilaku sosial anak dalam kehidupan bermasyarakat sangat penting diberikan sejak dini, khususnya bermula dari kehidupan keluarga melalui keberadaan orang tua. Aspek pembentuk perilaku sosial anak baik dari aspek keluarga, lingkungan masyarakat, sekolah sebagai lembaga pendidikan formal, teman sebaya sampai kepada pengaruh media massa turut memberikan pengaruh terhadap perilaku sosial anak. Beberapa kebiasaan edukatif Islami tersebut seperti mengajarkan pentingnya menghormati orang lain, membiasakan sikap tolong menolong, mengedepankan sopan santun yang di dalamnya termasuk terkait etika berbicara, bergurau dan berterimakasih, menumbuhkan rasa persaudaraan pada diri anak, membiasakan memaafkan orang lain, kasih sayang terhadap sesama sampai kepada memberikan hak pada tetangga yang merupakan kerabat atau jiran yang bertempat tinggal di sekitar kita serta memberikan hak kepada sesama saudaranya.


Keywords


Kebiasaan Edukatif Islami, Perilaku Sosial Anak, Kehidupan Bermasyarakat

Full Text:

PDF

References


Bagus, M. Ghojali A.P. Buku Ajar Psikologi Komunikasi. Surabaya: Fakultas Psikologi Unair. 2010.

Bimo, Walgito. Psikologi Suatu Pengantar. Yogyakarta: Andi. 2001.

Bukhari. Shahih Bukhari. Beirut: Dar Ibnu Katsir. 2002.

Elly M. Setiadi, dkk. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana. 2008.

Enung, Fatimah. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia. 2010.

Harlock, Elizabeth B. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Terjemahan). Edisi Ke-5. Jakarta: Erlangga. 2000.

Imran, Hasyim Ali. “Media Massa, Khalayak Media, The Audience Theory, Efek Isi Media Dan Fenomena Diskursif (Sebuah Tinjauan dengan Kasus pada Surat kabar Rakyat Merdeka)”. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. Vol. 16 No. 1. Januari – Juni 2012.

Lismayana, Muhammad Akib. “Analisis Etika Bertetangga Dalam Pendidikan Akhlak Berdasarkan Al-Quran (Kajian Surah An-Nisa Ayat 36 Dan Surah Al-Ahzab Ayat 60–61)”, Jurnal Pendais. Volume 1 No. 2 Desember 2019.

Maisah. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press Group. 2013.

Mansyur, M Cholil. Sosiologi Masyarakat Kota dan Desa. Surabaya: Usaha Nasional. 1977.

Nawawi, Hadari. Hakikat Manusia Menurut Islam. Surabaya: Al-Ikhlas. 1993.

Nida, Haura Alfiyah. “Konsep Memilih Teman yang Baik Menurut Hadits”. Jurnal Riset Agama. Volume 1. Nomor 2 Agustus 2021.

Nurfirdaus, Nunu, Risnawati. “Studi Tentang Pembentukan Kebiasaan Dan Perilaku Sosial Siswa (Studi Kasus Di SDN 1 Windujanten)”. Jurnal Lensa Pendas. Volume 4 Nomor 1. Februari 2019.

Pranoto, Agus, Aam Abdussalam, Fahrudin. “Etika Pergaulan Dalam Alquran Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran PAI di Sekolah”, Jurnal Tarbawy.Vol. 3. Nomor 2. 2016.

Sadeli, Sukanda. Bimbingan Akhlak yang Mulia. Jakarta: Yayasan Pendidikan Islam Amal Sholeh. TT.

Soeparwoto, dkk. Psikologi Perkembangan. Semarang: UPT Mkk Unnes. 2003.

Suharti. “Pendidikan Sopan Santun Dan Kaitannya Dengan Perilaku Berbahasa Jawa Mahasiswa”. Jurnal DIKSI. Vol 2. No.1. Januari 2004.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Penamedia Group. 2015.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media. 2015.

Tamara, Riana Monalisa. “Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di SMA Negeri Kabupaten Cianjur”. Jurnal Pendidikan Geografi. Volume 16. Nomor 1. April 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.