PENDIDIKAN BERBASIS EKSISTENSIALIS

Ridhatullah Assya’bani

Abstract


Dunia saat ini dihadapkan pada—apa yang disebut oleh Ziauddin Sardar sebagai—global problematique, problem yang terintegrasi dengan berbagai peristiwa global. Situasi ini tanpa disadari telah menubuh pada hampir setiap negara, termasuk Indonesia, dan menimbulkan kemulut muliti-dimesional yang menjadi rangkaian interdependensi masalah. Usaha untuk melakukan perubahan pada akhirnya menjadi utopis dan nyaris mustahil. Gagasan pemuda eksistensialis dinantikan untuk menjadi tawaran alternatif bagi kemelut ini. Salah satu langkah melahirkan pemuda eksistensialis adalah dengan merekontruksi pola pikir dan membenahi karakter. Melalui rekontruksi ini diharapkan pemuda eksistensialis mampu menegasikan utopia perubahan itu, karena pemuda eksistensialis merupakan mereka yang tidak hanya bebas dalam menentukan arah hidup, tetapi juga mereka yang mampu bertanggung jawab terhadap apa yang telah dilakukannya. Alhasil, sebagai solusi dari global probelmatique,  pemuda eksitensialis diharapkan lahir dengan ide-ide cemerlang dan merealisasikannya secara total. Implikasi dari studi ini, secara teoritis, pemuda eksistensialis bukan mereka yang menyerah pada kondisi sosial yang carut-marut, melainkan mereka yang berusaha menunjukkan eksistensinya dan merangkul yang ada di sekitarnya untuk menciptkan tatanan sosial yang kondusif. Secara praksis, kajian ini menjadi langkah penyadaran terhadap pemuda bahwa mereka seharusnya memiliki pemikiran integralistik dan eksistensialis dengan menempatkan dirinya sebagai individu yang berperan penting dalam mendesain berbagai keilmuan seraya menyadari ke-diri-annya dalam dunia yang faktis ini.


Keywords


global probelmatique, utopia, pemuda, eksistensialis, pola pikir, karakter

Full Text:

PDF

References


Achmad Fawaid, Sumbangsih Pendidikan Islam dalam Pembentukan Generasi Eksistensialis (Rekonstruksi Pemikiran Mulla Sadra dan Jean P. Sartre), dalam Jurnal At-Turas (IA Nurul Jadid, Probolinggo), Vol. 3 No. 1

Agus Setiawan, Prinsip Pendidikan Karakter dalam Islam (Studi Komparasi Pemikiran al-Ghazali dan Burhanuddin al-Zarnuji), Dinamika Ilmu, 14 (1), 2014.

Alfred North Whitehead, Proces and Reality (New York: The Free Press, 1979).

Conrad H. Waddington, The Man-Made Future (London: Croom Helm, 1978)

Fahmy Farid Purnama, Filsafat Alteritas Emmanuel Levinas (Etika sebagai ‘Proto Philosophia’), Jurnal Cogito, Vol. 3, No. 1.

Fatchul Mu’in, Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoretik dan Praktik (Yogyakarta, Ar-Ruzz Media, 2011)

Harnold H. Titus, dkk., Persoalan-Persoalan Filsafat, (Terj. H. M. Rasyidi, Jakarta: Bulan Bintang, 1984)

Jean Paul Sartre, Existentialism and Humanism, terj. Ph. Mairet, (London: Methuen, Co dan Ltd, 1948)

K. Bartens, Etika, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2004)

Lawrence A. Pervin dkk., Psikologi Kepribadian: Teori dan Penelitian (terj. A. K. Anwar) (Jakarta: Prennadamedia Group, 2015)

Lorens Bagus, Kamus Filsafat (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005)

M. Bisyri, “Mempertimbangkan Pendekatan Baru,” dalam Jurnal Edukasi, (Sumenep: Dinas Pendidikan, Nomor 05, 2006)

Muhmedayeli, Filsafat Pendidikan (Bandung: Refika Aditama, 2011)

Review book of The Psichology Of Character, dalam jurnal The British Medical (Jstore), Vol. 1, No. 34499

Wiiliam Brown, The Psychology of character (London: University of Oxford, 1925)

Ziauddin Sardar, The Future of Muslim Civilisation, Terj. Rahmani Astuti, Rekayasa Masa depan Islam (Bandung: Mizan, 1989)




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v0i0.1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.