Akhlak Sebagai Esensi Pendidikan Islam

Maulidah Maulidah

Abstract


Manusia sebagai makhluk berketuhanan, jiwa manusia terdapat fitrah diniyah, yaitu potensi yang dimiliki manusia untuk mempercayai Allah sebagai Tuhan yang wajib disembah. Islam mengajarkan pentingnya akhlak yang mulia dalam perilakunya. Sehubungan dengan aqidah, Islam memiliki tiga unsur pokok yang menjadi landasan agama yang sering disebut dengan Arkaanuddiin yaitu yang terdiri dari iman, Islam, dan ikhsan. Iman, berada dalam urutan pertama yang dimaksudkan agar iman menjadi sumber atau pedoman semua sikap, tindakan, dan perilaku umat Islam dalam melaksanakan tugas-tugas kehidupannya secara baik sehingga hasilnya bermanfaat bagi manusia di dunia maupun di akhirat. Dalam rangka membina dan mengembangkan seluruh potensi baik jasmani maupun rohani, dapat dilakukan melalui Pendidikan. Dengan proses Pendidikan, manusia mampu membentuk kepribadiannya.Untuk itu perlu diciptakan suasana kondusif agar terbentuk interaksi proses belajar mengajar yang mampu menyentuh dan menghubungkan seluruh aspek peserta didik. Ketersentuhan seluruh aspek anak didik akan mempermudah terangsangnya reaksi dan perhatian serta keinginan peserta didik untuk melaksanakan proses belajar mengajar. Formulasi secara integral dan harmonis dalam setiap interaksi Pendidikan islam menawarkan tiga konsep pendekatan, yaitu al-basyar, al-insan, dan al-nas. Dengan konsep ini akan dapat menumbuhkan minat peserta didik untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya. Guna mewujudkan hal yang demikian itu diperlukan adanya norma akhlak dan aturan nilai moral yang disepakati bersama dan dijadikan sebagai acuan yang dapat membantu merumuskan tujuan Pendidikan, yaitu membentuk manusia agar memiliki akhlak mulia yang ditandai oleh adanya integritas kepribadian yang utuh, satu hati, ucapan dan perbuatan, memiliki tanggung jawab terhadap dirinya, masyarakat dan bangsanya.


Keywords


Akhlak, Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Yatimin. Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Amzah, 2007.

Arief, Armai. Pengantar ilmu dan metodologi pendidikan islam. Ciputat Pers, 2002.

Asifuddin, A.J. Mengikuti Pilar-Pilar Pendidikan Islam. Yogyakarta: SUKA Press, 2010.

Assegaf, Rahman. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Khafshohtul, Nurul. “Peranan Guru PAI dalam Pembentukan Akhlak Siswa pada Masa Pubertas di SMP Nurul Ulum Karangroto Genuk Semarang.” IAIN: Semarang, 2008.

Nata, Abuddin. Pemikiran para tokoh pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2000.

Umar, Bukhari. Ilmu pendidikan islam. Vol. 149. Jakarta: Amzah, 2010.

Widodo, Sembodo Ardi. Kajian Filosofis Pendidikan Barat dan Islam. Nimas Multima, 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.