Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Pada Era Covid-19 Di Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat

Shilvia Shilvia, Risma Wira Bharata

Abstract


Aplikasi digital telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, terutama sejak pandemi Covid-19. Penerapan Permenkes Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah membatasi ruang publik untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Untuk menerapkan new normal di suatu daerah, dapat memastikan semua peraturan yang ada dapat diterapkan secara efektif, serta memperhatikan protokol kesehatan, sehingga semuanya berjalan lancar a r. Sekalipun dalam keadaan terbatas, tentunya kewajiban negara terhadap masyarakat umum harus tetap berjalan. Sesuai regulasi yang ada, pemerintah mengganti prosedur pelayanan publik tradisional dengan pelayanan berbasis teknologi informasi dalam bentuk aplikasi. Inovasi pelayanan publik dengan menggunakan aplikasi merupakan wujud nyata komitmen pemerintah terhadap e-government dalam penyelenggaraan negara. Menyikapi permasalahan tersebut, pemerintah Kota Cimahi dalam pelayanan publik seluruh instansi yang ada di Kota Cimahi melaksanakan pelayanan publik dengan menggunakan layanan berbasis aplikasi menggunakan teknologi Smart City dan telah diimplementasikan kepada seluruh warga Kota Cimahi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana implementasi Kebijakan Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi di Kota Cimahi, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan sumber data diperoleh dari media elektronik, media cetak, serta dokumentasi dan peraturan perundang-undangan tentang penanganan Covid-19. Dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pelayanan publik berbasis aplikasi Smart City yang dikembangkan di Kota Cimahi berjalan dengan baik dan masyarakat terlayani sesuai kebutuhan dan sangat bermanfaat. Layanan berbasis aplikasi yang diterapkan sangat efektif dan efisien, serta sangat cepat dan tepat untuk kondisi new normal saat ini yang belum sepenuhnya tuntas.


Keywords


Implementasi Kebijakan, Pelayanan Publik, Aplikasi

Full Text:

PDF

References


Adiwidyatama, Z. (2021, November 27). Digitalisasi Pelayanan Publik Selama Masa Pandemi COVID-19. Retrieved from kumparan: https://kumparan.com/zidan-adiwidyatama/digitalisasi-pelayanan-publik-selama-masa-pandemi-covid-19-1wzh4maI5GV/3

Akib, H. (2010). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Jurnal Administrasi Publik, Volume 1 No. 1 Thn. 2010. Retrieved from Jurnal Administrasi Publik, Volume 1 No. 1 Thn. 2010.

BADAN PUSAT STATISTIK KOTA CIMAHI. (2022, Juli 05). Retrieved from Penduduk Kelompok Umur (Jiwa), 2018-2020: https://cimahikota.bps.go.id/

Bugis, A. (2020). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN PUBLIK BERBASIS APLIKASI PADA ERA COVIDǧ19 DI KOTA CIMAHI PROVINSI JAWA BARAT.

City, C. S. (2017-2020). Cimahi Smart City. Retrieved from smartcity.cimahikota: https://smartcity.cimahikota.go.id/

Fatimah, N. (2019, Juli 13). Pelayanan Publik: Pengertian, Karakteristik, Hingga Tujuannya. Retrieved from pelayananpublik.id: https://pelayananpublik.id/2019/07/13/pelayanan-publik-pengertian-karakteristik-hingga-tujuannya/#:~:text=Pelayanan%20publik%20adalah%20segala%20kegiatan%20pelayanan%20yang%20dilaksanakan,tertentu%20dan%20terbagi%20ke%20dalam%20beberapa%20jenis%20pelayana

Publik, D. (2020, Maret 20). Pelayanan Publik di Kota Cimahi Beralih ke Sistem Online. Retrieved from dialogpublik.com: https://dialogpublik.com/pelayanan-publik-di-kota-cimahi-beralih-ke-sistem-online/

Riadi, M. (2020, Januari 17). Smart City (Pengertian, Karakteristik, Indikator dan Penerapan). Retrieved from kajianpustaka.com: https://www.kajianpustaka.com

Sadli. (2021, Juli 05). Pelayanan Disdukcapil Kota Cimahi Dioptimalkan Secara Online. Retrieved from CimahiKota.go.id: https://cimahikota.go.id/berita/detail/81462-pelayanan-disdukcapil-kota-cimahi-dioptimalkan-secara-online

Sadli, A. (2022, Juli 05). Pemkot Cimahi Tingkatkan Pelayanan Publik dengan TI. Retrieved from cimahikota: https://cimahikota.go.id

Sari, D. R. (2018). IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS APLIKASI Smart Netizen PADA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH (Studi Kasus Desa Buyut Udik Kecamatan Gunung Sugih). 91-92.

Si, D. M. (2006). Implementasi Kebijakan Publik . Bandung: Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Bandung.

smartivist. (2018, Mei 23). Cimahi Menuju Smart City, Layanan Berbasis Aplikasi Terus Dikembangkan. Retrieved from smartcityindo: https://www.smartcityindo.com

Wanto, A. H. (n.d.). STRATEGI PEMERINTAH KOTA MALANG DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BERBASIS KONSEP SMART CITY. 5.

Warakasih, I. (2016). SMART CITY PELUANG DAN TANTANGAN UNTUK YOGYAKARTA BERBUDAYA. BAPPEDA DIY.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.