Antecedent Penentu Keputusan Konsumen dalam Pembelian Moda Transportasi Guna Memenuhi Kebutuhan Logistik

Mashudi Mashudi, Luluk Fauziah, Anafil Windriya, Dul Muid, Hanif Surya Baskara

Abstract


Berangkat dari kondisi tingkat jual mobil tidak stabil, bahkan cenderung mengalami penurunan, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui antecedent apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian mobil. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan format survey dan eksplanasi. Sampel dalam penelitian ini sebesar 150 orang pembeli mobil yang diambil secara insidental. Data dikumpulan dengan cara menyebar angket kepada responden. Data diolah dengan teknik analisis statistik diskriptif dan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS (Statistical Program for the Social Science). Selain itu, data juga dikumpulakan melalui wawancara, dokumenter, dan observasi. Hasil penelitiannya sebagai berikut : variabel persepsi harga dan kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen,  sedangkan variabel atribut produk tidak berpengaruh secara signifikan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel persepsi harga paling signifikan mempengaruhi konsumen dalam pembelian mobil. Konstribusi variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 67,5 %. Ini berarti masih ada cukup besar variabel lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini yang seharusnya diteliti oleh peneliti yang akan datang.

Keywords


Persepsi Harga, Atribut Produk, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian Konsumen.

Full Text:

PDF

References


Agmeka, Fanni, Ruhmaya Nida Wathoni, and Adhi Setyo Santoso. "The Influence of Discount Framing towards Brand Reputation and Brand Image on Purchase Intention and Actual Behaviour in E-Commerce." Procedia Computer Science 161 (2019): 851-858.

Agusra, Dodi. "Brand Image terhadap Minat Konsumen Mobil Isuzu Panther." COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting 2.2 (2019): 335-344.

Ali, Firdaus, Andala RP Barusman, and M. Oktavianur. "Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Mobil pada PT. Astra Internasional Daihatsu Lampung." VISIONIST 8.1 (2019).

Alzate, Miriam, Marta Arce-Urriza, and Javier Cebollada. "Mining the Text of Online Consumer Reviews to Analyze Brand Image and Brand Positioning." Journal of Retailing and Consumer Services 67 (2022): 102989.

Carsana, Yudi, and David Kevin. "Pengaruh Promosi, Persepsi Harga dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki di PT. Arista Sukses Abadi Tanjungpinang." Jurnal Manajerial dan Bisnis Tanjungpinang 3.1 (2020): 1-13.

Dewi, Trivilla Purnama. "Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota di Nasmoco Mlati yogyakarta." Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta (2017).

Dhania, Rama, and Herry Hardian. "Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki Ertiga di Sumatera Barat pada PT. Elang Perkasa Motor." Target: Jurnal Manajemen Bisnis 2.2 (2020): 217-226.

Errajaa, Karim, Bruno Daucé, and Patrick Legoherel. "Consumer Reactions to Olfactory Congruence with Brand Image." Journal of Retailing and Consumer Services 52 (2020): 101898.

Ettah, Nadhya Pingkan, and Jessy J. Pondaag. "Pengaruh Kepercayaan, Kepuasan Konsumen dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen dalam Pembelian Mobil Pada PT. Hasjrat Abadi Manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 7.3 (2019).

Farikhin, Muhammad, and Rokh Eddy Prabowo. "Performa Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Mobil Honda Brio Satya di Kota Semarang)." Jurnal Bisnis Dan Ekonomi 26.2 (2019).

Gaustad, Tarje, et al. "Too Much of a Good Thing? Consumer Response to Strategic Changes in Brand Image." International Journal of Research in Marketing 36.2 (2019): 264-280.

Kuengo, Fatma A., Hapsawati Taan, and Djoko Lesmana Radji. "Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Brio pada Nengga mobilindo Kota Gorontalo." JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis 5.1 (2022): 54-65.

Labesi, Sisca Claudya. "Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Pajero pada PT. Makassar Mandiri Putra Utama." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 7.3 (2019).

Lin, Yi-Hsin, Feng-Jyh Lin, and Kuo-Hsiung Wang. "The Effect of Social Mission on Service Quality and Brand Image." Journal of Business Research 132 (2021): 744-752.

Lionarto, Lionarto, Melitina Tecoalu, and Soegeng Wahyoedi. "Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil yang Dimediasi Kepuasan Konsumen." Journal of Management and Bussines (JOMB) 4.1 (2022): 527-545.

Mitra, Satanik, and Mamata Jenamani. "OBIM: A Computational Model to Estimate Brand Image from Online Consumer Review." Journal of Business Research 114 (2020): 213-226.

Nasution, Atika Aini. "Pengaruh Persepsi Harga, Desain Produk, dan Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Mobil Mitsubishi Xpander (Studi Kasus PT. Nusantara Berlian Motor Medan)." Jurnal Ilmiah Simantek 4.3 (2020): 158-166.

Nazaruddin, Nazaruddin, and Sarbaini Sarbaini. "Evaluasi Perubahan Minat Pemilihan Mobil dan Market Share Konsumen di Showroom Pabrikan Honda." Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan 1.2 (2022): 97-103.

Nurhalim, Andres Dharma. "Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kota Tangerang." Jambura Economic Education Journal 5.1 (2023): 51-59.

Pasuhuk, Meylani Nadia, Agus Supandi Soegoto, and Michael Ch Raintung. "Pengaruh Diskon Harga, Lifestyle dan Relationship Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Mobil Merek Toyota Calya di PT. Hasjrat Abadi Cabang Manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 10.4 (2022): 1663-1674.

Samoel, Philip, and Bintang Sahala Marpaung. "Pengaruh Karakteristik Demografi, Dimensi Keterlibatan konsumen, dan Pengenalan Kebutuhan terhadap Keputusan Pembelian Mobil Avanza." Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 7.2 (2019): 277-284.

Setyani, Tri Putri Hertandri, and Wasis Gunadi. "Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Mobil All New Rio KIA Motors Indonesia (Pada PT. Radita Autoprima)." Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen 1.1 (2020): 92-102.

Suryawan, Ida Bagus Made Oka, Anak Agung Putu Agung, and Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja. "Pengaruh Selera Konsumen, Persepsi Harga dan Diferensiasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki di PT Sejahtera Indobali Trada Cabang Bangli." EMAS 3.1 (2022): 46-54.

Sutrisno, Sutrisno, et al. "Analisis Peran Gaya Hidup dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Automotif City Car." Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) 3.6 (2022): 4139-4145.

Tamubae, Amerlita Sari, William A. Areros, and Ventje Tatimu. "Motivasi dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Sigra." Productivity 1.5 (2020): 383-389.

Tirtaatmaja, Dais Iis, Johny RE Tampi, and Aneke Y. Punuindoong. "Pengaruh Brand Image Dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza pada PT. Hasjrat Abadi Tendean Manado." Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 9.1 (2019): 90-95.

Tumembouw, Frisna D., Silvya Mandey, and Sjendry Loindong. "Analisis Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Agya di Manado (Studi Kasus: PT Hasjrat Abadi)." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 7.1 (2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i2.1955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.