Desain Pembelajaran PAI dengan Model Addie pada Materi Beriman Kepada Hari Akhir di SMA Plus Tebar Ilmu Ciparay

Siti Nurhikmah, Sandy Sandy, Rifki Zulfikar Ali, Uus Ruswandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model ADDIE dalam pembelajaran PAI pada materi beriman kepada hari akhir di SMA Plus Tebar Ilmu Ciparay. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Sumber data terdiri atas sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model ADDIE dalam pembelajaran PAI pada materi beriman kepada hari akhir di SMA Plus Tebar Ilmu Ciparay sangat efektif. Melalui tahapan-tahapan model ADDIE ini menghasilkan peserta didik yang mampu memahami materi beriman kepada hari akhir dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari perilaku jujur, tanggung jawab dan berbuat adil.

Keywords


Model ADDIE, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Bulhayat, dkk. “Pengembangan Media Pembelajaran PAI Model ADDIE di SMPN 1 Bangil.” Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 1 (2021): 40–60. https://doi.org/10.38073/jpi.v11i1.612.

Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model.” HALAQA: Islamic Education Journal 3, no. 1 (2019): 35–43. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Erihadiana, Ebi Nabilah dan Mohamad. “Telaah Manajemen Kurikulum Khas Sekolah Rabbani dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian Mandiri Siswa.” Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 06, no. 01 (2022): 146–60. https://doi.org/10.32478/evaluasi. v6i1.886.

Iskandar, M. Yusuf. Model Pengembangan ADDIE. Educational of Technology for Learning, 2016.

Isnaini, Muhammad. “Pendidikan Islam Sebagai Grand Design Pendidikan Karakter.” TADRIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2016): 1–15.

Kirna, I Made Tegeh dan I Made. “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model.” Jurnal IKA 11, no. 1 (2013): 12–26. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Nizar, Fitria Hidayat dan Muhamad. “Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” JIPAI: Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2021): 28–37. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042.

Nurrita, Teni. “Pengembangan Media untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Misykat: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Qur’an, Hadits, Syariah dan Tarbiyah 3, no. 1 (2018): 171–87. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Pribadi, Benny A. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi ADDIE. Jakarta: Prenada Media Grup, 2014.

Syarnubi, Kasinyo Harto dan. “Model Pengembangan Pembelajaran PAI Berbasis Living Values Education (LVE).” TADRIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, no. 1 (2018): 1–20. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v4i1.1873.

Vick Ainun Haq, Dkk. “Mencermati Perbedaan Model ASSURE dan ADDIE dalam Metodologi Pengembangan Pembelajaran PAI.” BUNAYYA: Jurnal PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara 2, no. 4 (2021): 270–94.

Wiyani, Novan Ardi. Desain Pembelajaran Pendidikan: Tata Rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Yaumi, Muhammad. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Zuhro, Ika Nafisatus. “Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Model ADDIE.” TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam 5, no. 2 (2022): 180–93. https://doi.org/10.52166/talim.v5i2.3085.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i2.1988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.