Pendidikan Multikultural Sebagai Preventif Ideologi Radikalisme di Kalangan Santri Madrasah

Mahmudah Mahmudah, Tamjid Noor

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pendidikan, nilai-nilai, dan implementasi nilai-nilai multicultural di kalangan santri di Kalimantan Selatan. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan memanfaatkan teknik subjektif (kualitatif). Nilai-nilai multikultural yang diinternalisasikan dan diimplementasi di kalangan santri adalah nilai-nilai yang sudah ditanamkan semenjak santri menginjakkan kaki di pondok pesantren, nilai-nilai tersebut adalah: nilai saling menghormati, nilai toleransi, nilai keadilan, nilai solidaritas, serta nilai kekeluargaan. Pendidikan Pesantren di Kalimantan Selatan mengajarkan kepada para santri tingkat madrasah diniyah awal untuk belajar menerima perbedaan yang datang dari luar dengan dikumpulkanya orang-orang dari luar daerah dan berbeda suku ras dan Bahasa dengan mereka dalam satu wadah Pendidikan baik saat kegiatan belajar maupun aktivitas. Pendidikan pesantren juga memunculkan karakter kebhinekaan global yang mencintai tradisi dan budaya tradisional, bisa menghargai tradisi dan budaya orang lain, bisa berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik saat berinteraksi dengan orang lain dari tempat atau kalangan mana saja, bisa melakukan permenungan atas perbedaan dan memaknainya secara positif untuk membangun persaudaraan, dan selalu mengupayakan terciptanya perdamaian dan keharmonisan sosial

Keywords


Nilai, Multikultural, Pondok Pesantren

Full Text:

PDF

References


Aly, Abdullah. Pendidikan Islam Multikultural di PesantrenTelaah terhadap kurikulum Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Aqobah, Qory Jumrotul, Masnur Ali, Grafitte Decheline, dan Andri Tria Raharja. “Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisonal.” Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) 5, no. 2 (2020). https://doi.org/10.30870/e-plus.v5i2.9253.

Asrori, Ahmad. “Radikalisme Di Indonesia: Antara Historisitas Dan Antropisitas.” Kalam 9, no. 2 (2015). https://doi.org/10.24042/klm.v9i2.331.

Baidhawy, Zakiyyudin. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: Erlangga, 2005.

Henry Thomas Simarmata dkk. Indonesia Zamrud Toleransi. Jakarta Selatan: PSIK-Indonesia, 2017.

Huda, Mualimul. “Eksistensi Pesantren Dan Deradikalisasi Pendidikan Islam Di Indonesia (Menyemai Spirit Toleransi Dan Pendidikan Islam Multikultural).” FOKUS : Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 3, no. 1 (2018). https://doi.org/10.29240/jf.v3i1.458.

Miles, Matthew B., dan A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode Metode Baru. Terjemahan : Tjetjep Rohendi. Jakarta: UI-Press, 1992.

Noorhayati, Siti Mahmudah. “Pendidikan Multikultural Di Pesantren (Upaya Membendung Radikalisme Di Indonesia).” Madania: Jurnal Kajian Keislaman 21, no. 1 (2017). https://doi.org/10.29300/madania.v21i1.212.

Pambudi, Wahyu. “Pendekatan Relasi Antar Etnis Untuk Meningkatkan Rasa Harmoni Sosial.” Jurnal Pendidikan IPS 6, no. 2 (2019).

Ramadhan, Muammar. “Deradikalisasi Agama Melalui Pendidikan Multikultural dan Inklusivisme (Studi pada Pesantren Al-Hikmah Benda Sirampog Brebes).” Smart 1, no. 2 (2015).

Santoso, M. Agus. Hukum, Moral & Keadilan Sebuah Kajian Filsafat Hukum. Cetakan Kedua. Jakarta: Kencana, 2014.

Sapendi. “Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah (Pendidikan Tanpa Kekerasan).” Raheema 2, no. 1 (2015). https://doi.org/10.24260/raheema.v2i1.172.

Suhadianto, Eko April Ariyanto, dan Isrida Yul Arifiana. “Model Pembelajaran Multikultural Pada Pesantren Modern Sebagai Upaya Mereduksi Paham Radikalisme.” Persona 7, no. 2 (2018).

Suheri, dan Yeni Tri Nurrahmawati. “Model Pendidikan Multikultural Di Pondok Pesantren.” PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan 5, no. 1 (2018). https://doi.org/10.33650/pjp.v5i1.217.

Susiati. “Nilai Pembentuk Karakter Masyarakat Wakatobi Melalui Kabhanti Wa Leja.” Jurnal Totobuang 7, no. 1 (2019). https://doi.org/10.26499/ttbng.v7i1.136.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i2.2001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.