Reformasi Pendidikan Muhammadiyah di Indonesia

Khamam Khosin

Abstract


Di dalam pendidikan Islam telah menunjukkan kepada kita bahwa sejak perkembangan Islam, pendidikan mendapat prioritas utama masyarakat muslim Indonesia. Hal ini pula yang mendasari dan memotivasi untuk membentuk lembaga atau wadah organisasi keagamaan sebagai upaya untuk melaksanakan ajaran Islam dan mencerdaskan bangsa, serta tetap menjaga loyalitas pada Negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis reformasi pendidikan muhamadiyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengeksplorasi jurnal, buku dan informasi lain yang relevan dengan kajian. Hasil penelitian menunjukan bahwa Muhammadiyah merupakan sebuah organisasi sosial keagamaan yang memberikan perhatian pada pendidikan. Muhammadiyah berdiri disebabkan oleh kuatnya ideologi Islam yang dianggap sebagai satu-satunya jalan yang dapat merubah situasi dan kondisi masyarakat Indonesia yang mengalami penjajahan, penyiksaan, penindasan, serta kebodohan. Untuk dapat merubahnya, maka perlu lembaga pendidikan yang dapat menempatkan nilai-nilai agama sebagai sumber utamanya.

Keywords


Reformasi, Pendidikan, Muhamadiyah

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Amir. Pembaharuan Pemikiran Islam Modern Muhammadiyah: Suara Muhammadiyah Nomor 16 Tahun Ke 81, 16, 31, 1996.

Alfian. Muhammadiyah: The Political Behavior of a Muslim, Modernist Organization Unsur Ducth Colonialism. Yogyakarta: UGM Press, 1989.

Ali, A. Mukti. Alam Pikiran Islam Modern Di Timur Tengah, 1995.

Ansori, Yoyo Zakaria. “Islam Dan Pendidikan Multikultural.” Jurnal Cakrawala Pendas 5, no. 2 (2019): 110–115.

Ardianto, Yoni. “Memahami Metode Penelitian Kualitatif.” Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Asrohah, Hanun. Sejarah Pendidikan Islam. I. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Asrohah, Harun. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Logis Wacana Ilmu, 1994.

Getteng, Abd. Rahman. Muhammadiyah Dan Pembaharuan Pendidikan Islam Di Sulawesi Selatan. Jakarta: Syarif Hidyatukllah, 1995.

Hidayatullah, IAIN Syarif. Ensiklopedia Islam Indonesia. Jakarta: Djambatan, 1992.

Kuntowijoyo. Iman Dan Kewajiban Muhammadiyah Dalam Perspektif Sejarah, 1920.

Latifah, Eni. “Reformasi Pendidikan Di Indonesia Perspektif Muhammadiyah” VII (2015): 128–145.

Ma’arif, Ahmad Syafi’i. Peta Bumi Intelektualisme Islam Di Indonesia. Bandung: Mizan, 1994.

Noer, Deliar. Gerakan Modern Islam Di Indonesia 1900-1942. Jakart: LP3ES, 1980.

Rais, Amin. Tauhid Sosial. Bandung: Mizan, 1998.

Said, Usman. Sumbangan Pendidikan Islam Terhadap Pembentukan Kepribadian Indonesia. Jakarta: Pustaka Agusslim, 1996.

Suja’i, Ahmad, and Muhammad Amir Baihaqi. “Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia.” Tarbawi 5, no. 2 (2022): 139–150.

Suryanegara, Ahmad Mansur. Menemukan Sejarah Wacana Pergerakan Islam Di Indonesia. Bandung: Mizan, 1995.

Takhim, Muhamad. “Sistem Ekonomi Islam dan Kesejahteraan Masyarakat.” Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial 10, no. 2 (2016).

Yunus, Mahmud. Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Mutiara, 1989.

Yusra, Nelly. “Muhammadiyah, Gerakan Pembaharuan Pendidikan Islam” 4, no. 1 (2018): 103–125.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i2.2003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.