Pengaruh Brand Image dan Product Quality Terhadap Purchase Intention Melalui Customer Satisfaction pada Kopi di Coffeeshop di Kota Pekanbaru

Yoga Fahmi Saputra, Syaefulloh Syaefulloh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image dan product quality terhadap purchase intention melalui costumer satisfaction pada kopi di coffeeshop di Kota Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari dua variabel independen yaitu brand image dan product quality dan satu variabel dependen yaitu purchase intention serta customer satisfaction sebagai variabel intervening. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden yaitu konsumen kopi di coffeeshop di Kota Pekanbaru. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan Uji Parsial (Uji t) diperoleh: a) terdapat pengaruh signifikan brand image terhadap customer satisfaction, b) terdapat  pengaruh signifikan product quality terhadap customer satisfaction, c) terdapat  pengaruh signifikan brand image terhadap purchase intention, d) terdapat  pengaruh signifikan product quality terhadap purchase intention, e) terdapat  pengaruh signifikan customer satisfaction terhadap purchase intention, f) customer satisfaction dapat memediasi pengaruh brand image terhadap purchase intention g) customer satisfaction dapat memediasi pengaruh product quality terhadap purchase intention.

Keywords


Brand Image, Product Quality, Purchase Intention, Customer Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Nia, dan Dyah Rachmawati Sugiyanto. “Pemaknaan Bahasa Dalam Percakapan Pemain Online Game.” Communications 3, no. 1 (31 Januari 2021). https://doi.org/10.21009/Communications.4.1.1.

F. Hair Jr, Joe, Marko Sarstedt, Lucas Hopkins, dan Volker G. Kuppelwieser. “Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): An Emerging Tool in Business Research.” European Business Review 26, no. 2 (4 Maret 2014). https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128.

Ghozali. Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiri. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2020.

Gunawan, David Cristian, dan Antonius Jan Wellyantony P. “Pengaruh Brand Image dan Brand Experience terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty pada Game E-Sports Mobile Legends Bang Bang di Surabaya.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen 10, no. 2 (21 Desember 2021). https://doi.org/10.33508/jumma.v10i2.3611.

Harini, Dian, dan Kasmita Kasmita. “Analisis Pengaruh Brand Image Coffee Shop Rimbun Espresso & Brew Bar Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kalagan Mahasiswa Kota Padang.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (22 Juli 2022). https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4794.

Nurfalah, Aldi An, Surti Zahra, dan Mohamad Bayi Tabrani. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen: Studi Kasus Kedai Kopi Mustafa85 Di Pandeglang, Banten.” Jurnal Bina Bangsa Ekonomika 13, no. 2 (28 Agustus 2020). https://doi.org/10.46306/jbbe.v13i2.59.

Putri, Ketut Ayu Mas Adistania, dan Ni Nyoman Kerti Yasa. “The Role of Customer Satisfaction as Mediating Variable on the Effect of Brand Image towards Coffee Shop Customer’s Repurchase Intention.” European Journal of Business and Management Research 7, no. 2 (25 Maret 2022). https://doi.org/10.24018/ejbmr.2022.7.2.1271.

Rahmawati, Dita, Marjam Desma Rahadhini, dan Sumaryanto Sumaryanto. “Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Survei Pada Konsumen Marakez Café Di Surakarta).” JURNAL EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN 20, no. 1 (23 September 2020). https://doi.org/10.33061/jeku.v20i1.4371.

Sabilla, Dinda Syahbani dan Kurniawati. “Pengaruh Service Quality, Store Atmosphere, Price Fairness, Customer Satisfaction, dan Customer Loyalty pada Industri Coffee Shop di Kalangan Anak Muda DKI Jakarta.” Jurnal Ekonomi Trisakti 3, no. 1 (1 Februari 2023). https://doi.org/10.25105/jet.v3i1.15816.

Soefhwan, Soefhwan, dan Kurniawati Kurniawati. “Pengaruh Social Media Marketing, Product Quality, Dan Store Atmosphere Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi Pada Coffee Shop Di Aceh.” Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan 4, no. 10 (25 Mei 2022). https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i10.1710.

Sugiyono. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Developtment. Bandung: Alfabeta, 2019.

Umami, Risatul, As’at Rizal, dan Sumartik Sumartik. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Warsu Coffe Cafe.” Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi 15, no. 2 (31 Oktober 2019). https://doi.org/10.30742/equilibrium.v15i2.630.

Utomo, Priyo, dan Ali Maskur. “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan, dan Store Atmosphere terhadap Kepuasan (Studi pada Pelanggan Antariksa Coffeeshop Semarang).” Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi 17, no. 1 (9 Juni 2022). https://doi.org/10.34152/fe.17.1.40-60.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i6.2822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yoga Fahmi Saputra, Syaefulloh Syaefulloh

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.