Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) terhadap Customer Satisfaction dalam Bertransaksi menggunakan Layanan Mobile Payment Dana (Studi Kasus: Seluruh Pengguna Dana di Kota Pekanbaru)

Citra Sari Ramadan, Yul Efnita

Abstract


Adopsi dan adaptasi para peneliti terhadap gagasan Technology Acceptance Capital berkembang seiring dengan pertumbuhan teknologi informasi. Technology Acceptance Capital memainkan peran penting dalam membantu para pelaku bisnis di pasar e-commerce dengan mengembangkan teknologi digitalisasi.  Pelanggan masih belum memanfaatkan teknologi modern yaitu pembayaran mobile. Persepsi utilitas dan kenyamanan diperiksa oleh model penerimaan teknologi sebagai jenis niat pengguna. Selain semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang menggunakan smartphone dan internet, pemerintah juga berharap dapat mendorong lebih banyak orang untuk memanfaatkan pembayaran mobile karena merupakan cara yang sangat baik bagi Indonesia untuk melakukan pembayaran. Saat ini, Dana merupakan metode pembayaran e-wallet yang relatif baru di masyarakat. Karena aplikasi Dana masih dalam tahap pengembangan, dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk membuatnya menarik bagi kaum milenial. Partisipan dalam penelitian ini adalah penduduk Pekanbaru, Indonesia yang menggunakan Dana. Penelitian ini menggunakan smartPLS versi 3 untuk analisis data.

Keywords


TAM, Customer Satisfaction, Mobile Payment

Full Text:

PDF

References


Ali, H., Hamdan, H., Mahaputra, M.R., 2022. Faktor Eksternal Perceived Ease of Use dan Perceived Usefulness pada Aplikasi Belanja Online: Adopsi Technology Accepted Model. J. Ilmu Multidisplin 1, 587–604.

Ashsifa, I., 2020. Pengaruh Technology Acceptance Model (Tam) Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Niat Penggunaan Mobile Banking Secara Berkelanjutan (Privasi Dan Personalisasi Sebagai Variabel Moderasi). TECHNOBIZ Int. J. Bus. 3, 25–29.

Cuhanazriansyah, M.R., Giatman, M., Ernawati, E., 2021. Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan DANA pada masa Physical Distancing. J. Penelit. Dan Pengemb. Sains Dan Hum. 5, 311–319.

Novyantri, R., Setiawardani, M., 2021. Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Pada Dompet Digital Dana (Studi Pada Pengguna Dana). Int. J. Adm. Bus. Organ. 2, 49–58.

Purba, M., Samsir, S., Arifin, K., 2020. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan dan Niat Menggunakan Kembali Aplikasi OVO Pada Mahasiswa Pascasarjana Universitas Riau. J. Tepak Manaj. Bisnis 12, 151–170.

Safira, S.D., Ernawati, D., Iqbal, M., 2023. Penerapan Technology Acceptance Model dalam Meningkatkan Minat Menggunakan Kembali M-Banking Livin by Mandiri. J. Akunt. Ekon. Dan Manaj. BISNIS 11, 28–40.

Safitri, D.D., Diana, N., 2020. Pengaruh Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Kemudahaan Pengguna Pada Minat Penggunaan Dompet Elektronik (OVO) Dalam Transaksi Keuangan. EJurnal Ilm. Ris. Akunt. 9.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i1.2993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Citra Sari Ramadan, Yul Efnita

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.