Etika Memoderasi Kualitas Audit yang Dipengaruhi Pengalaman, Integritas, dan Akuntabilitas Auditor

Vicky Nur Utami, Lioni Indrayani, Achmad Ludvy

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Pengalaman Auditor, Integritas dan Akuntabilitas terhadap Kualitas Audit dengan Etika Auditor sebagai Variabel Moderating pada Inspektorat Utama Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui kuesioner. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan data-data dan angka-angka yang telah diperoleh dari sumber data lalu hasil temuan dideskripsikan secara sistematik, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat suatu objek sehingga mendapatkan suatu gambaran yang jelas dari temuan penelitian. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan responden berjumlah 49 (empat puluh sembilan) orang auditor dengan kriteria tertentu yang bekerja di lingkungan Inspektorat Utama Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional. Data dianalisis menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) dan diolah dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa integritas dan akuntabilitas berpengaruh signifikan pada kualitas audit. Sementara pengalaman auditor tidak berpengaruh signifikan pada kualitas audit.  Etika auditor mampu memoderasi dengan memperkuat pengalaman auditor, integritas dan akuntabilitas pada kualitas audit.


Keywords


Pengalaman Auditor, Integritas, Akuntabilitas, Kualitas Audit dan Etika Auditor

Full Text:

PDF

References


Anggrainy, Agnes Christy, Andreas Andreas, dan Supriono Supriono. “Pengaruh Kompetensi, Independensi, Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di Wilayah Jakarta Selatan).” Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Ekonomi 4, no. 2 (24 Mei 2018).

Ardianingsih, Arum. Audit Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Arens, Alvin A, Randal J. Elder, dan Mark S. Beasley. Auditing & Jasa Assurance Pendekatan Terintegrasi. Edisi ke 15, Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2015.

BPKP, Pusdiklatwas. Kode Etik dan Standar Audit Intern. Bogor: Pusdiklatwas BPKP, 2014.

Dewi, Desak Putu Kartika Rosiana, dan Ni Ketut Lely Aryani Merkusiwati. “Komitmen Organisasi Sebagai Pemoderasi Pengaruh Good Governance Dan Pengalaman Kerja Pada Kualitas Audit.” E-Jurnal Akuntansi 14, no. 1 (26 Januari 2016).

Hery. Auditing dan Asurans Pemeriksaan Akuntansi Berbasis Standar Audit Internasional. Jakarta: Grasindo, 2017.

Ikatan Akuntan Indonesia-Kompartemen Akuntan Publik (IAI-KAP). Standar Profesional Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat, 2011.

Jensen, Michael C., dan William H. Meckling. “Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs and ownership structure.” Journal of Financial Economics 3, no. 4 (1 Oktober 1976). https://doi.org/10.1016/0304-405X(76)90026-X.

Kumaat, Valery G. Internal Audit. Jakarta: Erlangga, 2017.

Suharti, Suharti, Rita Anugerah, dan M. Rasuli. “Pengaruh Pengalaman Kerja, Profesionalisme, Integritas, Dan Independensi Terhadap Kualitas Audit: Etika Auditor Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Pada Perwakilan BPKP Provinsi Riau).” Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis 2, no. 1 (30 Juni 2018).

Tandiontong, Mathius. Kualitas Audit dan Pengukurannya. Bandung: Alfabeta, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i1.3020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Vicky Nur Utami, Lioni Indrayani, Achmad Ludvy

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.