Pembinaan Terhadap Anak Putus Sekolah Melalui Program Sekolah Terbuka di SMP Terbuka Kota Banjarmasin

Surawardi Surawardi, M. Adly Nurul Ihsan

Abstract


Pembinaan anak putus sekolah di SMP Terbuka Kota Banjarmasin yang meliputi; Pertama: Memberikan keterampilan berupa: Kriya Tekstil dalam bentuk; membuat kain sasirangan dan menjahit. Keterampilan pemanfaatan pengggunaan benda benda bekas seperti kaleng, botol dan benda bekas lainya dalam bentuk tempat bunga, hiasan dinding, dan hiasan kunci serta pernak pernik hiasan lainya. Keterampilan tata boga dalam bentuk membuat wadai tradisonal dalam bentuk; cara mangamir roti dan ontok, cincin, pais pisang dan waluh, gaguduh, babungku, wajik dan sebagainya.  Keterampilan Informatika dalam bentuk; mengetik dalam program word dan exel. Kedua: Mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai keagamaan dalam bentuk; mengajarkan pendidikan agama setiap satu kali dalam seminggu pada kegiatan intrakurikuler, Ketiga: mengajarkan praktik wudhu, shalat dan tayamum, melatih dan membiasakan shalat berjama’ah waktu Ashar, membaca syair al Habsyi dan membiasakan memperingati hari-hari besar Islam seperti; Maulid Nabi, tahun baru Islam serta Isra Mi’raj. Keempat; Memberikan pendidikan baik umum maupun agama yang meliputi seluruh materi pelajaran yang tertera pada kurikulum intrakurikuler yang terdiri dari: Kriya Tekstil, PAI, Biologi, Bhs.Indo, Pkn, Bhs. Inggris, Seni Budaya, Fisika, Bhs. Inggris, Seni Budaya, Fisika, Sejarah, Geo & Sos, Ekonomi, Moluk serta SBTA. Faktor-faktor yang mendukung atau menghambat anak putus sekolah yang meliputi: Pertama, Latar belakang keluarga; ada keluarga yang menyadari pentingnya pendidikan bagi anak dan sebagian keluarga yang belum menyadari pentingnya pendidikan wajib belajar 9 tahun bagi anaknya di SMP Terbuka Kota Banjarmasin. Kedua:Faktor ekonomi: semua anak yang ada di SMP Terbuka Kota Banjarmasin berlatar belakang keluarga tidak mampu yang menyebabkan mereka tidak dapat sekolah secara reguler di SMP pada waktu pagi hari. Ketiga, Faktor lingkungan; Semua anak yang ada di SMP Terbuka Kota Banjarmasin berada pada lingkungan tempat tinggal yang kurang mendukung terhadap kesadaran wajib belajar 9 tahun yakni lingkungan buruh pasar dan kerja serabutan serta buruh bangunan, disamping itu anak masih berada pada lingkungan anak yang masih banyak putus sekolah dan tidak bersekolah lagi. Sementara faktor lingkungan sekolah merupakan faktor yang sangat mendukung yakni dengan gurunya yang berkompeten serta prasarana yang memadai yakni standar SMP reguler.

Keywords


Pembinaan, Keterampilan, Pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Adi Nugroho dkk. Mengenal Manusia dan Pendidikan. Jakarta: Forum, 1981.

Bagong Suyanto dkk. Pekerjaan Anak di Sektor Berbahaya. Surabaya: Luthfansah Mediatama, 2001.

Baharuddin M. Putus Sekolah dan Masalah Penanggulannya. Jakarta: Yayasan Kesejahteraan Keluarga Pemuda 66, 2002.

Daradjat, Zakiah. Problematika Remaja di Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang, 1980.

Farmadi. Selamatkan Anak-Anak dari Putusnya Pendidikan. Semarang: Mujahid Press, 2004.

Hasyim, Umar. Anak Soleh: Cara Mendidik Anak Dalam Islam 2. Surabaya: Bina Ilmu, 2003.

Husaini Usman dkk. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Muhaimin dkk. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Metode, 1996.

Mursyid, Siti Salmah. Pembinaan Masyarakat Pembangunan Negara, Bahasa, Agama. Jakarta: Departemen Agama RI, 2001.

Nata, Abuddin. Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2003.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media, 2006.

Sarwono, Sarlito Wirawan. Psikologi Remaja. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2008.

ST. Vembriarto. Kapita Selekta Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita, 2001.

Subagyo, Joko. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Umar, Samadhy. Pembelajaran Membaca dan Menulis di Sekolah Dasar dengan Pendekatan Proses. Jakarta: Ganexa Exact, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v3i2.3535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Surawardi Surawardi, M. Adly Nurul Ihsan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.