Peran Penguasaan Ilmu Nahwu Terhadap Kemampuan Waqaf dan Ibtidā dalam Membaca Al-Qur’an
Abstract
Kemampuan waqaf (berhenti) dan ibtidā (memulai) dalam membaca al-Qur’an sangat penting bagi seorang qari. Ilmu nahwu berperan erat karena membantu memahami struktur kalimat, menentukan tempat berhenti dan memulai yang tepat, serta mengidentifikasi kata kunci penanda akhir kalimat. Kesalahan dalam waqaf dan ibtidā dapat merusak makna ayat, sehingga penguasaan ilmu nahwu mutlak diperlukan untuk menjaga ketepatan bacaan al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan urgensi penguasaan ilmu nahwu dalam meningkatkan kemampuan waqaf dan ibtidā ketika membaca al-Qur’an, serta menegaskan perannya dalam menjaga keutuhan makna ayat-ayat al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis tekstual yang berfokus pada kajian literatur, meliputi kitab, buku, dan jurnal ilmiah yang relevan dengan tema. Sumber utama penelitian adalah kitab-kitab nahwu dan tajwid.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waqaf dan ibtidā memiliki pengaruh besar terhadap makna ayat-ayat al-Qur’an. Kesalahan dalam berhenti atau memulai bacaan dapat mengubah makna yang dimaksudkan. Oleh karena itu, penguasaan ilmu nahwu sangat penting untuk meningkatkan kemampuan waqaf dan ibtidā. Ilmu nahwu membantu memahami struktur kalimat, hubungan antar kata, serta konteks ayat, sehingga bacaan al-Qur’an dapat dilakukan dengan tepat dan benar. Dengan demikian, penguasaan ilmu nahwu menjadi faktor kunci dalam memperbaiki kualitas bacaan al-Qur’an serta menjaga kemurnian maknanya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alâmah, Thalâl. ‘Tathawwur al-Nahwi al-‘Arabî. Bairut: Dâr al-Fikr al-Lubnâni, 1993.
al-Anbariy, Abu Bakar Muhammad ibn al-Qasim. Īdhāh al-Waqaf wa al-Ibtidā fī Kitāb Allah Azza wa Jalla, taqiq: Muhyiddin Abdurrahman Ramadhan. Damaskus: Majma al-Lughah al-Arabiyyah, 1971.
al-Andalusiy, Al-Imam al-Muqri Abu Amar Utsman Ibn Sa’id al-Dani. al-Muktafā fī al-Waqaf wa al-Ibtidā. Bairut: Mu’assah al-Risalah, 1987.
al-Asymuni, Ahmad ibn Muhammad ibn Abdul Karim. Manār al-Hudā fi Bayān al-Waqaf wa al-Ibtidā. Mesir: Syarikah Maktabah wa Mathba’ah Mushthafa al-Halabiy al-Babiy, cet. 2, 1973.
al-Hudzali, Abu Qasim Yusuf Ibn Ali Ibn Jabbarah. al-Kāmil fī al-Qirā’āt al-‘Asyar, Tahqiq. Jamal Ibn al-Sayyid Ibn Rifa’i al-Syayib. Kairo: Mu’assasah Sama, 2007.
al-Hushariy, Syeikh Mahmud Khalil. Ma’ālim al-Ihtidā ila Ma’rifati al-Wuqūf wa al-Ibtidā,. Kairo: Maktabah al-Sunnah, 2002.
al-Jazariy, Ibn. al-Nasyar fī al-Qirā’āt al-‘Asyar. Bairut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 2002.
al-Khathib, Ahmad Sa’ad. al-Adā’ al-Qur’āniy wa Atsaruhu fī Ibrāz al-Ma’āniy : Dirāsah fī al-‘Alāqah baina al-Waqaf wa al-Ibtidā wa al-Tafsīr, AQU Journal of Shari’a Science and Islamic Studies, Vol. 1, No. 1, Juni 2021
al-Kufiy, Abu Ja’far Muhammad Ibn Sa’dan. al-Waqfu wa al-Ibtidā fī Kitāb Allah Azza wa Jalla. Dubai: Markaz Jum’ah al-Majid li al-Tsaqafah wa al-Turats, 2002.
al-Shawafi, Sa’id Ibn Rasyid. al-Waqfu wa al-Ibtidā wa Atsaruhumā fī al-Ma’āni al-Qur’aniyyah, Jurnal al-Syari’ah wa al-Dirasah al-Islamiyyah, edisil. 96, tahun. 2014.
al-Suyuthi, Jalaluddin. Al-Itqān fī ‘Ulūm al-Qur’ān. KSA: Wizarah al-Syu’un al-Islamiyyah wa al-Auqaf wa al-Da’wah wa al-Irsyad, t.th. jil. 1
al-Zarkasyi,Badruddin Muhammad Ibn Abdullah. Al-Burhān fī ‘Ulūm al-Qur’ān. Bairut: Dar al-Ma’rifah, 1990.
Jalil, Ibrahim Ahmad Abdullah Abd. al-Taujīh al-Lughawi li al-Waqaf al-Musykil ‘inda al-Imam al-Habthi fī al-Ajzā al-Tsalātsah al-Ūlā min al-Qur’ān al-Karīm. Disertasi the Word Islamic Sciences and Education University (Wise) Amman, 2016.
Rabih, Ammar. al-Waqf wa al-Sakt fī al-‘Arabiyyah wa Atsaruhumā fī al-Nahwi. Jurnal al-Atsar Edisi. 28, Juni 2017.
Yâsîn, Muhammad Husein Âli. al-Dirâsât al-Lughawiyyah ‘Inda al-‘Arab ilâ Nihâyah al-Qarn al-Tsâlits, Bairut: Mansyûrât Dâr Maktabah al-Hayât, 1980.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i2.5400
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Samsul Bahri