Pengembangan Peserta Didik Dan Kurikulum PAI di Sekolah Umum

Afrahul Fadhila Daulai, Jauharah Jilan Situmorang, Nabila Yun Afifah, Khoiriya Sari, Gilang Hizbullah, Zulkarnain Zulkarnain

Abstract


Undang-undang Pendidikan Nasional, terdapat 4 pasal dan 10 ayat yang berbicara tentang kurikulum, yaitu: Pasal 36 ayat 3, yaitu: kurikulum disusun sesuai dengan jenjang pendidikan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan memperhatikan: Meningkatkan Iman dan Kesalehan; Meningkatnya Akhlak Mulia; Peningkatan Potensi, Kecerdasan, dan Minat Siswa; Keanekaragaman Potensi Daerah dan Lingkungan; Dan tuntutan Pembangunan Daerah Nasional; Tuntutan tempat kerja; Perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni; Agama; Dinamika Perkembangan Global; Dan Persatuan Bangsa dan Nilai Kebangsaan. Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan pembentukan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, ditujukan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, terampil, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, salah satunya melalui Pendidikan Agama Islam.


Keywords


Kurikulum PAI, Sekolah Umum

Full Text:

PDF

References


Ahmad Supardi Teknologi dan Perkembangan. Jakarta: Yayasan Idayu. 1989

Anwar Jasin, Pembaharuan Kurikulum Sekolah Dasar Sejak Proklamasi Kemerdekaan, Jakarta: Balai Pustaka, 1987

Barnadib, Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Pendidikan Guru, Jakarta: Konsorsium Ilmu Pendidikan, Ditjen Dikti, Depdikbud, 1987

Boland, B. J, Pergumulan Islam di Indonesia, Jakarta, Grafiti Pers,1985

der Wal, SL., Pendidikan di Indonesia 1900-1940:

Kebijaksanaan Pendidikan di Hindia Belanda 1900-1940.

Terjemahan. Jakarta:Depdikbud, 1977 Husni Rahim,

Arah baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta, PT.Logos Wacana Ilmu,

1999 Dewantara Vol. II, Juli- Desember 2016 | 178 Kartodirdjo, Sartono., Pengantar Sejarah Indonesia Baru: 1500-1900,

Dari Emporium Sampai Imperium, Jilid 1. Jakarta: Gramedia, 1987

Supriadi, Dedi (Ed.)., Guru di Indonesia: Pendidikan, Pelatihan, dan Perjuangannya sejak Zaman Kolonial hingga Era Reformasi, Jakarta: Depdikbud, 2003

Said, Muhammad, dan Affan, Junimar. Mendidik Dari Zaman KeZaman. Bandung: Jemmars, 1987 Sugiyanto, “Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum”, Makalah dalam http://blog.unila .ac.id UUD 1945




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v2i2.1288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Afrahul Fadhila Daulai, Jauharah Jilan Situmorang, Nabila Yun Afifah, Khoiriya Sari, Gilang Hizbullah, Zulkarnain Zulkarnain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

         

 

Diterbitkan oleh

Badan Penelitian Penelitian dan Pengabdian Masayarakat

STIQ AMUNTAI

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara

Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0811-5132-300

Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id

 

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.