Pengembangan Peserta Didik Dan Kurikulum PAI di Sekolah Umum
Abstract
Undang-undang Pendidikan Nasional, terdapat 4 pasal dan 10 ayat yang berbicara tentang kurikulum, yaitu: Pasal 36 ayat 3, yaitu: kurikulum disusun sesuai dengan jenjang pendidikan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan memperhatikan: Meningkatkan Iman dan Kesalehan; Meningkatnya Akhlak Mulia; Peningkatan Potensi, Kecerdasan, dan Minat Siswa; Keanekaragaman Potensi Daerah dan Lingkungan; Dan tuntutan Pembangunan Daerah Nasional; Tuntutan tempat kerja; Perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni; Agama; Dinamika Perkembangan Global; Dan Persatuan Bangsa dan Nilai Kebangsaan. Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan pembentukan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, ditujukan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, terampil, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, salah satunya melalui Pendidikan Agama Islam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Supardi Teknologi dan Perkembangan. Jakarta: Yayasan Idayu. 1989
Anwar Jasin, Pembaharuan Kurikulum Sekolah Dasar Sejak Proklamasi Kemerdekaan, Jakarta: Balai Pustaka, 1987
Barnadib, Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Pendidikan Guru, Jakarta: Konsorsium Ilmu Pendidikan, Ditjen Dikti, Depdikbud, 1987
Boland, B. J, Pergumulan Islam di Indonesia, Jakarta, Grafiti Pers,1985
der Wal, SL., Pendidikan di Indonesia 1900-1940:
Kebijaksanaan Pendidikan di Hindia Belanda 1900-1940.
Terjemahan. Jakarta:Depdikbud, 1977 Husni Rahim,
Arah baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta, PT.Logos Wacana Ilmu,
1999 Dewantara Vol. II, Juli- Desember 2016 | 178 Kartodirdjo, Sartono., Pengantar Sejarah Indonesia Baru: 1500-1900,
Dari Emporium Sampai Imperium, Jilid 1. Jakarta: Gramedia, 1987
Supriadi, Dedi (Ed.)., Guru di Indonesia: Pendidikan, Pelatihan, dan Perjuangannya sejak Zaman Kolonial hingga Era Reformasi, Jakarta: Depdikbud, 2003
Said, Muhammad, dan Affan, Junimar. Mendidik Dari Zaman KeZaman. Bandung: Jemmars, 1987 Sugiyanto, “Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum”, Makalah dalam http://blog.unila .ac.id UUD 1945
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v2i2.1288
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Afrahul Fadhila Daulai, Jauharah Jilan Situmorang, Nabila Yun Afifah, Khoiriya Sari, Gilang Hizbullah, Zulkarnain Zulkarnain

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat
index by:
Diterbitkan oleh
Badan Penelitian dan Pengabdian Masayarakat
STIQ AMUNTAI
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471
Provinsi: Kalimantan Selatan
Telephone: 085251613000
Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id
Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.