Diseminasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Bagi Guru Di SD Negeri Togogan 02 Kabupaten Blitar

Ida Putri Rarasati, Desy Anindiya Rosyida

Abstract


Abstrak

Motivasi dan kreativitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dapat ditumbuhkan oleh guru melalui berbagai cara diantaranya dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariatif dan menarik. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk melatih guru di SD Negeri Togogan 02 agar dapat meningkatkan kemampuan dalam mengoperasikan computer dan selanjutnya dapat membuat media pembelajaran berbasis teknologi secara mandiri. Adapun metode pengabdian yang digunakan adalah dengan menakulan observasi awal, memberikan pelatihan dan pendampingan, serta memonitoring dan mengevaluasi perkembangannya.  Materi pelatihan yang diberikan kepada guru diantaranya pembuatan dan prosedur penggunaan media Mengenal Mata Uang (MAWANG), Materi Game Pecahan (MAGECAH), Belajar Bangun Datar (LABADA) dan Aplikasi Cerita Blitar (Si Cetar). Proses pelatihan diawali dengan penyampaian materi dan praktek, kemudian dilanjutkan dengan pendampingan kepada guru selama dua minggu, monitoring dan evaluasi dilakukan selama satu minggu setelah pendampingan untuk mengukur tingkat kemajuan ketrampilan guru.

Kata Kunci : Diseminasi, Media Pembelajaran, Berbasis Teknologi

Abstract

The motivation and creativity of students in participating in learning activities can be grown by the teacher in various ways including by using varied and interesting learning media. The purpose of this community service activity is to train teachers at public elementary school Togogan 02 so they can improve their ability to operate computers and then be able to make technology-based learning media independently. The service method used is to carry out initial observations, provide training and assistance, as well as monitor and evaluate developments. The training materials provided to teachers included the creation and procedures for using Know Currency media (MAWANG), Fractional Game Materials (MAGECAH), Learning Flat Shapes (LABADA) and Blitar Story Applications (Si Cetar). The training process begins with the delivery of material and practice, then continues with mentoring the teacher for two weeks. Monitoring and evaluation is carried out for one week after the mentoring to measure the progress of the teacher's skills.

Keyword: Dissemination, Learning Media, Technology Based


Keywords


Dissemination, Learning Media, Technology Based

Full Text:

PDF

References


Awaluddin, Yasser. 2018. “Efektivitas Program Guru Pembelajar Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Ips Smp Dengan Moda Daring Murni Dan Daring Kombinasi : Studi Evaluatif Dan Komparatif.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 3(1):1–16.

Dwi Surjono, Herman, and Abdul Gafur. 2010. “Potensi Pemanfaatan ICT Untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran SMA Di Kota Yogyakarta.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 2(2):161–75.

Yusrizal, Intan Safiah, and Nurhaidah. 2017. “Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Sd Negeri 16 Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(2):126–34.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v2i2.1494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ida putri rarasati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

    

 

Diterbitkan oleh

Badan Penelitian Penelitian dan Pengabdian Masayarakat

STIQ AMUNTAI

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara

Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0811-5132-300

Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id

 

 

Lisensi Creative Commons

Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.