Penggunaan Media Boneka Tali dalam Pengajaran Bahasa Inggris di Yayasan Tahfidz

Hesty Widiastuty, Zaitun Qamariah, Zahwa Karunia Wati, Rahman Rahman, Muhammad Aqli, Risky Amelia

Abstract


Bahasa inggris merupakan bahasa yang universal yang digunakan hampir di seluruh belahan dunia. Oleh karena banyak media pembelajaran yang digunakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan bahasa inggris. Pengabdiaan masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan dan mengajarkan bahasa inggris menggunakan media boneka tali. Metode yang digunakan untuk pengabdian masyarakat ini adalah demonstrasi. subyeknya adalah siswa atau santri tahfidz yayasan Darul Amin Palangka Raya yang berjumlah 15 siswa.  Boneka tali terbuat dari bahan dasar kardus yang digunting dan dirangkai mengikuti pola yang telah ditentukan, kemudian diberi tali pada bagian bagian tertentu yang telah ditetapkan dalam pola sehingga boneka tersebut dapat di gerakan atau dimainkan sebagai nedia belajar bahasa inggris dengan materi describing people and animals. Hasil dari temuan yang kami dapatkan adalah sebagai berikut: meningkatkan minat belajar anak-anak dalam pembelajaran bahasa Inggris, meningkatkan penguasaan kosa kata dalam bahasa inggris khususnya kosa kata tentang descibing people and animal, lebih mudah memahami materi pembelajaran bahasa Inggris melalui penggunaan media boneka tali, meningkatkan kreativitas dan daya imajinasi anak-anak dalam belajar bahasa Inggris. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pengajaran bahasa inggris menggunakan media boneka tali berpengaruh pada minat dan kemampuan berbahasa inggris siswa.


Keywords


Learning Media, Rope Puppets, English, Tahfidz Foundation, Yayasan Darul Amin

Full Text:

PDF

References


Al-Dama, Amalia Nabilah, and Daviq Rizal. “The Effectiveness of Shadow Puppet Media.” Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman 9, no. 2 (October 28, 2020): 225–44. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v9i2.213.

Ardhiani, Chintia, Arso Setiyaji, Jafar Sodiq, and Dias Andris Susanto. “USING HAND PUPPETS AS MEDIA TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILL THROUGH NARRATIVE TEXT: A CASE OF EIGHTH STUDENTS OF SMP N 16 SEMARANG IN ACADEMIC YEAR OF 2016/2017.” ETERNAL (English Teaching Journal) 12, no. 1 (March 23, 2021). https://doi.org/10.26877/eternal.v12i1.8307.

Emiliasari, Raynesa Noor. “TEACHING ENGLISH TO YOUNG LEARNERS USING PUPPET: A CASE STUDY IN ONE OF PRIMARY SCHOOLS IN SUMEDANG REGION,” no. 1 (2015).

Hadiyansah, Dwi Nur. “Using Puppet Media in Improving the Speaking Ability of Junior High School Students 4 Waru Sidoarjo.” Jo-ELT (Journal of English Language Teaching) Fakultas Pendidikan Bahasa & Seni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP 7, no. 2 (December 28, 2020): 74. https://doi.org/10.33394/jo-elt.v7i2.3146.

Krisanti, Rosaria Yulinda, Suprihatien Suprihatien, and Diah Yovita Suryarini. “Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Tangan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menyimak Dongeng Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar.” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 2, no. 02 (December 30, 2020): 24. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.918.

Kröger, Tarja. “Puppet as a Pedagogical Tool: A Literature Review.” Lnternational Electronic Journal of Elementary Education 11, no. 4 (March 23, 2019): 393–401. https://doi.org/10.26822/iejee.2019450797.

Maulana, Zain, and Mutia Hariati Hussin. “Pelatihan Bahasa Inggris Santri Pondok Tahfidz Al- Maun Maguwoharjo,” In Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat..

Prasetyaningrum, Ari. “The Use of Puppets in Teaching Speaking for Junior High School Students.” VELES Voices of English Language Education Society 1, no. 2 (September 4, 2017). https://doi.org/10.29408/veles.v1i2.446.

Riyani, Ira. “UTILIZING STORYTELLING TECHNIQUE USING FINGER PUPPET IN TEACHING VOCABULARY MASTERY TO YOUNG LEARNES” 7 (2019).

Romanski, Nicole M. “Reigniting the Transformative Power of Puppets Through Narrative Pedagogy, Contemporary Art, and Transdisciplinary Approaches in Art Education.” Art Education 72, no. 4 (July 4, 2019): 36–42. https://doi.org/10.1080/00043125.2019.1602496.

Setiawati. “USING PUPPET AS MEDIA TO INCREASE THE CHILDREN VOCABULARY,” ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 8(2), 257-269.

Sundi, Venni Herli, Hastri Rosiyanti, Tiara Astari, and Bunga Puspita. “Pemanfaatan Boneka Tangan untuk Media Pembelajaran Daring dan Ekonomi Masyarakat Selama Covid 19,” In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ )2021) (Vol. 1, No. 1).

Syafii, Muhammad Lukman, Slamet Santoso, and Sri Harotno. “Story-Telling Technique Utilizing Puppets to Enhance the Learners’ Speaking Competence.” International Journal on Social and Education Sciences 3, no. 2 (April 25, 2021): 304–41. https://doi.org/10.46328/ijonses.70.

Wedana, I Made Lanang, Wayan Suarnajaya, and Luh Diah Surya Adnyani. “The Effect Of Puppets as Teaching Media on the Speaking Competency.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora 3, no. 2 (October 8, 2019): 128. https://doi.org/10.23887/jppsh.v3i2.21277.

Yolanda, Dania, and Muhamad Sofian Hadi. “Using Puppet Games in Teaching Speaking for Tenth Graders of Senior High School.” English Language in Focus (ELIF) 2, no. 1 (September 26, 2019): 1. https://doi.org/10.24853/elif.2.1.1-8.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v3i2.2510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hesty Widiastuty, Zaitun Qamariah, Zahwa Karunia Wati, Rahman Rahman, Muhammad Aqli, Risky Amelia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

    

 

Diterbitkan oleh

Badan Penelitian Penelitian dan Pengabdian Masayarakat

STIQ AMUNTAI

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara

Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0811-5132-300

Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id

 

 

Lisensi Creative Commons

Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.