Efektivitas Sistem Reward Bintang dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di Maskanul Qur’an Desa Kusambi Hilir
Abstract
Pendidikan Al-Qur'an dan hafalan Al-Qur'an memegang peran sentral dalam agama Islam. Dalam konteks ini, Maskanul Qur'an di Desa Kusambi Hilir, dikelola oleh Mahasiswi KKN STIQ Amuntai, memegang peranan penting dalam mendukung hafalan Al-Qur'an anak-anak di komunitas tersebut. Dalam Islam, Al-Qur'an dianggap sebagai wahyu Allah kepada Nabi Muhammad SAW, dan hafalan Al-Qur'an adalah salah satu bentuk ibadah mendalam. Pentingnya hafalan Al-Qur'an mendorong penggunaan sistem reward bintang sebagai alat untuk meningkatkan motivasi individu. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif untuk memahami efektivitas sistem reward bintang dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an di Maskanul Qur'an. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis teks. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merespons positif terhadap sistem reward bintang, yang meningkatkan motivasi dan partisipasi mereka. Namun, dampaknya bervariasi tergantung pada faktor-faktor individu. Kesimpulannya, sistem reward bintang di Maskanul Qur'an berkontribusi positif pada upaya meningkatkan hafalan Al-Qur'an. Evaluasi dan penyesuaian sistem ini diperlukan untuk memaksimalkan efektivitasnya dan memahami dampaknya pada motivasi siswa. Dengan pemahaman yang lebih dalam, Maskanul Qur'an dapat terus meningkatkan pendekatan pendidikan mereka dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi siswa dalam memahami dan menghafal Al-Qur'an.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Khozim (Penerjemah), Chris Kyriacou, M. Effective Teaching: Bagaimana Murid Belajar. Nusamedia, 2021.
Lutfi, Akhmad, dan Ahmad Yahya Surya Winata. “Motivasi Intrinsik, Kinerja Dan Aktualisasi Diri: Kajian Konseptual Perkembangan Teori.” Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo 13, no. 2 (29 Oktober 2020). https://doi.org/10.21107/pamator.v13i2.8526.
Munjahid. Strategi Menghafal 10 Bulan Khatam: Kiat-Kiat Sukse Menghafal Al-Qur’an. Yogyakarta: Idea Press, 2007.
Nurfadilah, Nurfadilah, Abd Aziz, dan Muhammad Hifdzil Islam. “Implementasi Metode One Day One Ayat Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4, no. 3 (19 Juni 2022). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4792.
Yunus, Mahmud. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: PT. Mahmud Yunus Wa Dzurriyyah, 2010.
Zamani, Zaki, dan M. Syukron Maksum. Metode Cepat Menghafal Al-Qur’an: Belajar pada Maestro Al-Qur’an Nusantara. Jakarta: Agromedia Pustaka, 2014.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v4i1.2935
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat
index by:
Diterbitkan oleh
Badan Penelitian Penelitian dan Pengabdian Masayarakat
STIQ AMUNTAI
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471
Provinsi: Kalimantan Selatan
Telephone: 0811-5132-300
Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id
Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.