Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis pada Masyarakat Bantaran Sungai Martapura (RT. 01 Desa Keliling Benteng Ulu)

Gt Muhammad Irhamna Husin, Endah Labati Silapurna, Fujiati Fujiati, Lisda Hayatie

Abstract


Sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarkat oleh civitas akademika PSKPS FK ULM adalah masyarakat di RT 01, Desa Keliling Benteng Ulu, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar yang tinggal di bantaran sungai Martapura. Kegiatan pengabdian ini mempunyai tema Pemeriksaan Kesehatan Dan Pengobatan Gratis Pada Masyarakat Bantaran Sungai Martapura (RT. 01 Desa Keliling Benteng Ulu). Pemilihan masyarakat yang tinggal di bantaran sungai martapura menjadi salah satu motivasi untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis. Beberapa penyakit yang teridentifikasi di lingkungan masyarakat RT. 01 diantaranya adalah 1) sebagian ibu-ibu dan bapa-bapa mengalami kebas di tangan baik sebagian atau kedua belah tangan, 2) terdapat sebagian warga mengalami mata perih, 3) Mayoritas masyarakat RT. 01 memiliki riwayat kolesterol yang tinggi, 4) Mayoritas masyaraka RT. 01 memiliki riwayat tensi darah yang tinggi dan 5) sebagian warga terlebih khusus para anak-anak dan remaja mengalami penyakit kulit. Fenomena yang ditemui di RT. 01 kemungkinan disebabkan karena habit gaya makan yang tidak terpola seperti suka makan gorengan dan berlemak. Di samping itu higiene dan sanitasi masyarakat dan lingkungan yang masih kurang bersih serta adanya agen penyakit di sekitarnya. Masyarakat yang sakit berupaya untuk melakukan sendiri dengan obat-obatan yang tersedia di warung terdekat dai ke Puskesmas. Upaya yang dilakukan ialah 1) pemberian edukasi kepada masyarakat mengenai makanan yang baik untuk dikonsumsi dan hidup bersih, 2) pemeriksaan sekaligus pengobatan gratis. Kegiatan ini dimulai dengan persiapan koordinasi dengan aparat desa dan jajarannya dilanjutkan dengan pemeriksaan dan pengobatan gratis, meliputi edukasi pola makan sehat dan hidup bersih, pengukuran berat badan, pengkuran tinggi badan, pemeriksaan tensi darah, pemeriksaan kolesterol, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan asam urat dan pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter serta di akhir dengan pemberian obat.


Keywords


Pemeriksaan Kesehatan, Pengobatan Gratis, Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Amrullah, Afif Amir, dan Dyah Setyorini. “Optimalisasi Kebersihan perseorangan/Personal Hygiene Bagi Masyarakat Pedesaan Di Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.” Dharmakarya Vol. 6, No. 4 (2017).

Fadillah, Siti, Nazwar Hamdani Rahil, dan Fransiska Lanni. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Tekanan Darah Dan Saturasi Oksigen Perifer (Spo2).” Jurnal Kesehatan Kusuma Husada Vol. 11, No. 1 (2020).

Fitriayani, Indah, dan Subur Wibowo. “Penurunan Kadar Glukosa Darah Yang Dikerjakan Secara Langsung, Ditunda 1, 3 Dan 6 Jam Pada Serum Simpan Dengan Suhu 2-8 oC.” Jurnal Medika Husada Vol. 2, No. 2 (2022).

Hardiana, Devi. “Perilaku Masyarakat dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Pantai Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Brat.” Jurnal Buana Vol. 2, No. 2 (2018).

Marbun, Raynaldo Lisius. “Potensi Pare (Momordica charantia L) Sebagai Penurun Kadar Kolesterol Darah.” Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada Vol 8, No. 2 (2019).

Marlina, Ani, Fadillah Salsabilla, dan Ruri Putri Mariska. “Upaya Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Asam Urat Menggunakan Tanaman Sirih Cina (Peperomia pellucida L Kunth) di RT 28 Kelurahan Lebak Bandung Kecamatan Jelutung, Kota Jambi.” Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia Vol. 3, Vo. 1 (2023).

Masruroh. “UPAYA MENANAMKAN PERILAKU HIDUP SEHAT MELALUI KOMUNIKASI PERSUASIF ORANG TUA TERHADAP ANAK DI DESA KARYA MULYA KECAMATAN MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS PROVINSI SUMATERA SELATAN.” Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin, 2020.

Putra, Wahyu Setya. “Perbedaan Tekanan Darah Sebelum Dan Sesudah Diberikan Senam Ergonomik Pada Pasien Penderita Hipertensi Di Puskesmas Bangkalan.” Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah, 2019.

Rahmayanti, Yuni, dan Aditya Chandra. “Perbedaan Tekanan Darah Dan Nadi Orang Terlatih Dan Tidak Terlatih Yang Diberi Beban 70-79% Heart Rate Maksimal Dengan Menggunakan Ergometer Di Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama.” Jurnal Sains Riset Vol. 11, No, 3 (2022).

Rohim, Ade Nur, dan Prima Dwi Priyatno. “Pola Konsumsi Dalam Implementasi Gaya Hidup Halal.” Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis Vol. 4, No. 2 (2021).

Sa’baniati, Siti. “PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI DOKTER DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA PASIEN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 1992 TENTANG KESEHATAN BERDASARKAN KODE ETIK PROFESI DOKTER PASAL 1 BAGIAN 7 DI RUMAH SAKIT NUSA LIMA PTPN V KOTA PEKANBARU.” Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, 2021.

Sari, Indah Prasetyawati Tri Purnama. “Pendidikan kesehatan sekolah sebagai proses perubahan perilaku siswa.” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Vol. 9, No. 2 (2013).

Sibuea, Posman. “Kajian Manfaat Makanan Fungsional di Saat Pandemi Covid-19.” Jurnal Riset Teknologi Pangan Dan Hasil Pertanian (RETIPA) Vol. 2 No. 1 (2021).

Wanti, Ayni Sari. “Pengaruh Pemberian Sari Buah Labu Siam Terhadap Tekanan Darah Pada Ibu Hamil Dengan Hipertensi Di Puskesmas Sukamaju Bandar Lampung Tahun 2020.” Skripsi, Poltekkes Tangjungkarang, 2020.

Wedri, Ni Made, Komang Ayu Windayanti, dan Iga Ari Rasdini. “Tingkat Aktivitas Fisik Berhubungan dengan Tekanan Darah Pekerja di Rumah Selama Masa Pandemi COVID-19.” Jurnal Gema Keperawatan Vol. 14, No. 1 (2021).

Yuliawati, Sri. “Kajian implementasi tri dharma perguruan tinggi sebagai fenomena pendidikan tinggi di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Widya Vol. 29, No. 318 (2012).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v4i1.3712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

    

 

Diterbitkan oleh

Badan Penelitian Penelitian dan Pengabdian Masayarakat

STIQ AMUNTAI

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara

Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0811-5132-300

Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id

 

 

Lisensi Creative Commons

Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.