Sosialisasi Pencegahan Tindakan Bullying di SMP Cipinang, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang

Huswatun Hasanah, Ma'ulfi Kharis Abadi, Melinda Yanuar, Tifani Intan Solihati, Budiman Budiman

Abstract


Bullying merupakan salah satu masalah sosial yang serius, terutama di lingkungan sekolah. Tindakan bullying tidak hanya berdampak pada korban, tetapi juga pada pelaku dan lingkungan sekitarnya. Korban bullying sering mengalami masalah kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, dan rendahnya Harga diri. Bullying bukan hanya masalah individual, tetapi juga merupakan masalah kolektif yang memerlukan perhatian dari seluruh masyarakat. Untuk menjalankan sosialisasi tindakan pencegahan bullying, metode yang digunakan akan mencakup serangkaian kegiatan interaktif yang melibatkan siswa, guru, dan seluruh pihak sekolah. Kegiatan sosialisasi ini terdiri dari sesi pelatihan dan workshop di sekolah, pembuatan kampanye kesadaran di lingkungan sekolah, dan permainan interaktif yang dirancang untuk mengajak siswa berpartisipasi aktif dalam memahami isu bullying, meningkatkan empati, serta memperkuat keterampilan sosial dalam menangani konflik tanpa kekerasan. Keberhasilan sosialisasi ini tidak hanya terletak pada pelaksanaan kegiatan, tetapi juga pada komitmen semua individu untuk menerapkan nilai-nilai yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, diharapkan lingkungan sekolah tidak hanya bebas dari bullying, tetapi juga menjadi tempat yang memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan setiap siswa.


Keywords


Bullying, Sekolah, Sosialisasi

Full Text:

PDF

References


Aprilia Yola Azhari, Dwi Lutfiana Nur Janah, Fadhila Eka Meyliana, and Bagus Setiawan. “Pengaruh Perkembangan Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Masalah Bullying Di Indonesia.” Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan 2, no. 4 (November 27, 2023). https://doi.org/10.58192/sidu.v2i4.1588.

Fatimatus Zahro, Salsabilla Salva Augusta, and Insan Romadhan. “Komunikasi Empati Untuk Mengurangi Kasus Bullying Pada Siswa SD Negeri Medokan Semampir.” TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora 2, no. 1 (January 5, 2024). https://doi.org/10.47861/tuturan.v2i1.742.

Firmansyah, Fitriawan Arif. “Peran Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar.” Jurnal Al-Husna 2, no. 3 (February 4, 2022). https://doi.org/10.18592/jah.v2i3.5590.

Foliadi, Joshua, and Jennie Jesica. “Tinjauan Terhadap Aspek Hukum, Faktor Penyebab, Dan Dampak Bullying Di Indonesia.” Satya Dharma: Jurnal Ilmu Hukum 6, no. 2 (2023).

Hidayanti, Irma, Lela Yulianti, Lina Karina Bancin, and Weni Tri Sasmi. “Penanganan Bullying Dengan Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Siswa SDN Duren I.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 05, no. 01 (2023).

Khoirunnisa, Anis, Putri Zudhah Ferryka, and Nela Rofisian. “Dampak Bullying Terhadap Kesehatan Mental Anak SDN 1 Demak Ijo.” Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum 2, no. 4 (2024). https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i4.1205.

Lestari, Myrna Apriany, and Eli Hermawati. “Penggunaan Game Detective Bull Dalam Mengatasi Bullying Di Sekolah Dasar.” 2024 2, no. 2 (April 27, 2024). https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i2.830.

Lusiana, Siti Nur Elisa Lusiana, and Siful Arifin. “Dampak Bullying Terhadap Kepribadian Dan Pendidikan Seorang Anak.” Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman 10, no. 2 (2022). https://doi.org/10.52185/kariman.v10i2.252.

Muflichah, Halla. “Cyberbullying Dalam Permainan Interaktif Berbasis Online.” Jurnal Ilmu Komunikasi AKRAB 07, no. 01 (2022).

Perdana, Daviddefikry Yondra, Anisa Yusitarini, Naqisshi Ummu Istighfari, and Triantoro Safaria. “Edukasi Membangun Kesadaran Anti-Bullying Di Sekolah Pada Siswa SMP Muhammadiyah 2 Kalasan.” Jurnal Kabar Masyarakat 1, no. 3 (2023). https://doi.org/10.54066/jkb.v1i3.590.

Prasetyo, Septian Dwi, Anik Vega Vitianingsih, Achmad Choiron, Dwi Cahyono, and Anggit Wikaningrum. “Aplikasi Game Simulasi 3D Pencegahan Bullying Anak Remaja Berbasis Role Playing Menggunakan Metode FSM dan BT.” KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer 4, no. 6 (2024).

Prastiti, Jamalia Putri, and Isa Anshori. “Efek Sosial Dan Psikologis Perilaku Bullying.” Jurnal Sains Sosio Humaniora 7, no. 1 (2023).

Shobabiya, Mahasri, Rafi Iqbal Maulana, Dimas Faturrahman Hanafi, and Muhammad Faruq Abbad Rosidi. “Perilaku Cyber Bullying Pada Remaja.” Educatioanl Journal: General and Specific Research 04, no. 01 (2024).

Yarmalinda, Dwi, Muhamad Imron, and Yenniwati Sinaga. “Studi Literatur Analisis dan Alternatif Kasus Bullying Anak Usia Sekolah Dalam Perspektif Pendidikan Karakter.” Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi 06, no. 02 (2023).

Yusuf, Maulana, Fina Zahra Efendi, and Devaldy Bagus Satria. “Sosialisasi Anti Bullying pada Siswa SMP Al-Isra Muhammadiyah 7 Tanjung Duren Jakarta Barat.”, Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ, (2023).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v5i1.4169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

         

 

Diterbitkan oleh

Badan Penelitian Penelitian dan Pengabdian Masayarakat

STIQ AMUNTAI

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara

Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0811-5132-300

Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id

 

 

Lisensi Creative Commons

Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.