Diseminasi Media Program Linier Berbasis Geogebra (PROLIBRA) bagi Guru Matematika SMA Negeri 1 Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang

Riezky Purnama Sari, Nurviana Nurviana, Fairus Fairus

Abstract


Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi saat ini menjadi semakin penting sebagai upaya peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep yang diajarkan serta membuat suasana kelas lebih menarik. Namun kenyataannya sebagian besar guru matematika hanya mengandalkan buku ajar dan LKS dari sekolah tanpa membuat atau memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi. Tujuan kegiatan PKM ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru matematika dalam memanfaatkan dan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi dengan memberikan pemahaman dan pelatihan Media Program Linier berbasis Geogebra (PROLIBRA). Hasil observasi awal mengidentifikasi dua permasalahan prioritas Mitra, yaitu: 1) Rendahnya Pengetahuan dan motivasi guru matematika dalam menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. 2) Kurang terampilnya guru matematika dalam memanfaatkan dan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi.  Solusi yang ditawarkan adalah: Memberikan Sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi serta memberikan pelatihan pemanfaatan media PROLIBRA. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan praktik. Hasil Kegiatan menunjukkan Guru mendapatkan pemahaman tentang pentingnya memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi. Guru sudah terampil menggunakan Media PROLIBRA serta sudah mampu membuat bahan ajar dengan bantuan geogebra secara mandiri. Selain itu, 95% mitra setuju bahwa PKM ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran matematika dan 85% setuju Mitra mengalami peningkatan keterampilan dalam pembuatan media pembelajaran PROLIBRA.


Keywords


Diseminasi, Geogebra, Media PROLIBRA, SMA Negeri 1 Karang Baru

Full Text:

PDF

References


Anwar, Aep Saepul. “Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan MTs Negeri 1 Serang.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (2020).

Arsyad, Azhar. “Media Pembelajaran Edisi Revisi.” Jakarta: Rajawali Pers 24, no. 4 (2013).

Dwijayanthi, Anak Agung Ayu. “Systematic Literature Review: Pengembangan Pembelajaran Berbasis ICT (Information Communication Technology) Sebagai Upaya Realisasi Kemerdekaan Belajar Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Mipa 12, no. 2 (2022).

Fairus. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Autograph Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ke-3, 2015.

Fairus, Fairus, and Riezky Purnama Sari. “Pengembangan Media Grapertalibra Dengan Pendekatan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Sosial Siswa.” Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 2, no. 2 (2020).

Fairus, Pardomuan Sitompul, Elvis Napitupulu, Riezky Purnama Sari, and Liza Fitria. “Design and Validity of Augmented Reality Based Student Worksheets Integrated with Acehnese Culture.” In Proceeding of International Conference on Multidisciplinary Research, 6, 2024.

Firdayati, Lilik. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Discovery Learning Dengan Geogebra Pada Materi Transformasi.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9, no. 3 (2020).

Indrawati, Prita, Kiftian Hady Prasetya, Irma Ristivani, and Nur Maulida Restiawanawati. “Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK).” Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP 3, no. 3 (2022).

Jabnabillah, Faradiba Jabnabillah, and Mahfudz Reza Fahlevi. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Geogebra Pada Pembelajaran Matematika.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 6, no. 3 (2023).

Manik, Efron, Ruth M Simanjuntak, and Grance Luvita Sanaya Simanjuntak. “Analisis Penerapan Media Pembelajaran Geogebra Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 5 (2023).

Ngongo, Verdinandus Lelu, Taufiq Hidayat, and Wiyanto Wiyanto. “Pendidikan Di Era Digital.” In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2019.

Octarina, Sisca, Putra Bahtera, Jaya Bangun, Indrawati Indrawati, Fitri Maya Puspita, and Evi Yuliza. “Pendampingan Pemanfaatan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Teknologi Informasi Guru Sd Matematika Di Kecamatan Pemulutan Dalam Membuat Media Pembelajaran.” Jurnal Pepadu 4, no. 1 (2023).

Raharjo, Sigit, Astrino Purmanna, Kus Andini Purbaningrum, Riche Ramayanti, and Dea Mei Cahya Muhti. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Geogebra Pada Kubus Untuk Mengembangkan Kemampuan Spasial Siswa.” Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2023).

Rasyid, Ardi Lestary Awaluddin, and Irsan Irsan. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Geogebra Pada Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Abdidas 3, no. 1 (2022).

Sari, Riezky Purnama, Fairus Fairus, and Hanafiah Hanafiah. “Penerapan Media Prolibra Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Self Confidence Siswa.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10, no. 4 (2021).

Sundayana, Rostina. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika, Untuk Guru, Calon Guru, Orang Tua Dan Para Pecinta Matematika. Bandung: Alfabeta, 2014.

Teapon, Nurhuda, Muhammad Faisal, and Marwa M Sehe. “Media Pembelajaran Dengan Bantuan Perangkat Lunak Geogebra Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Siswa: Systematic Literature Review.” Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika 8, no. 2 (2023).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v4i2.4172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

          

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License