Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbahan Eceng Gondok di MI Jannatusshibyan Desa Gudang Hirang Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Martapura

Sari Kumala, Tutus Rani Arifa, Muhammad Iqbal Ansari, Parman Komarudin, Yuni Maulidah, Nadia Lestiyana

Abstract


Bagi sekolah yang kesulitan dalam mengadakan media Non ICT dalam bentuk sudah jadi maka guru dapat membuat media sendiri dengan memanfaatkan benda-benda sekitar dan dibuat dalam bentuk tiruan (tiruan alat Peraga). Contohnya adalah media yang dapat di buat langsung oleh guru adalah media pembelajaran berbahan enceng gondok. Sekolah MI Jannatusshibyan Desa Gudang Hirang Kecamatan Sungai Tabuk bertempat di daerah kawasan pesisir sungai martapura yang biasa banyak dilalui eceng gondok, pada hasil wawancara dengan guru-guru pengajar di sana mereka belum mengenal dan belum pernah menggunakan media pembelajaran berbahan eceng gondok bisa digunakan pada pembelajaran yang menggunakan metode cerita, sehingga pada saat pembelajaran siswa merasa kurang termotivasi karena guru dalam mengajar hanya menggunakan metode ceramah tanpa di bantu dengan media pembelajaran. Solusi yang ditawarkan yaitu dengan memberikan pelatihan mengenai pembuatan media pembelajaran berbahan eceng gondok dengan tujuan agar Guru-guru di MI Jannatusshibyan memiliki pengetahuan dan pemahaman dalam pembuatan media pembelajaran berbahan eceng gondok sehingga pada saat pembelajaran berlangsung anak-anak menjadi termotivasi dan bersemangat. Melalui pelatihan ini juga diharapkan masing-masing guru dapat membuat media pembelajaran berbahan eceng gondok sesuai dengan bidang pelajaran yang di mampu. Penggunaan media Non ICT berbahan eceng gondok dapat dibuat alat peraga seperti menjadi boneka dengan menggunakan metode cerita. Berdasarkan angket tanggapan peserta terhadap Pembuatan Media Non ICT berbahan eceng gondok adalah 57%, dengan kategori kurang positif kemudian kami memberikan Pelatihan mengenai pembuatan media pembelajaran berbahan eceng gondok. Dengan tujuan agar Guru-guru memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan media berbahan eceng gondok. Metode yang digunakan pada pengabdian ini yaitu di awali dengan ceramah, diskusi dan Tanya jawab dan terakhir evaluasi. Ketercapaian kegiatan ini dapat diselesaikan dengan baik dan berhasil terlihat dari hasil angket yang dibagikan kepada peserta setelah dilaksanakan Kegiatan yaitu 87% dengan kategori sangat positif.


Keywords


Pelatihan, Media Pembelajaran, Berbahan Eceng Gondok

Full Text:

PDF

References


Anitah, Sri. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka, 2012.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Bonwell, Charles C., and James A. Eison. “Active Learning: Creating Excitement in the Classroom. 1991 ASHE-ERIC Higher Education Reports.” ASHE-ERIC Higher Education Report, 1991.

Dermawan, Deni. Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2012.

Hamalik, Nuha Litera. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Alfabeta, 2008.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Hamruni. Strategi Dan Model-Model Pembelajaran Aktif-Menyenangkan. Jakarta: Investidaya, 2012.

Heinich, Robert, Michael Molenda, and James D. Russell. Instructional Media and the New Technologies of Instruction. Macmillan Publishing Company, 1993.

Kumala, Sari, Tutus Rani Arifa, Muhammad Iqbal Ansari, and Jumiati Jumiati. “Workshop Dan Pendampingan Pembuatan Media Non Ict Pada Pembelajaran Ski Di Mis Miftahul Hidayah Desa Sungai Gampa Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala.” Jurnal Vokasi 7, no. 3 (November 1, 2023). https://doi.org/10.30811/vokasi.v7i3.4278.

Kustandi, Cecep, and Bambang Sutjipto. Media Pembelajaran Manual Dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.

Sadiman, Arief S, R. Rahardjo, Anung Haryono, and Rahardjito. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.

Sanjaya, Wina. Pembelajaran Aktif. Jakarta: Prenada Media Group, 2016.

Somawati, and Siti Julaeha. “Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Non Teknologi.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 2019.

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru, 2002.

Sugihartono. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2007.

Sukiman. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia, 2012.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Susilana, Rudi, and Cepi Riyana. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV.Wacana Prima, 2009.

Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran : Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2008. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=25002.

Wibawa, Basuki, and Farida Mukti. Media Pengajaran. Bandung: CV Maulana, 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v5i1.4212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

         

 

Diterbitkan oleh

Badan Penelitian Penelitian dan Pengabdian Masayarakat

STIQ AMUNTAI

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara

Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0811-5132-300

Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id

 

 

Lisensi Creative Commons

Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.