Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi Guna Meningkatkan Kualitas dan Hasil Belajar di SMK Iptek Kota Tangerang Selatan

Lina Marlina, Neng Nurhemah, Akhirudin Akhirudin

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMK IPTEK melalui pengembangan kemampuan guru dalam menyusun dan mengimplementasikan modul ajar berdiferensiasi, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, selain itu dari hasil kegiatan melalui workshop yang dilaksanakan oleh tim pengabdian kepada masyarakat dan dilanjutkan dengan shareing informasi dan pengalaman selama kegiatan diskusi yakni untuk bertujuan memberikan pemahaman mendalam kepada guru mengenai konsep dan prinsip pembelajaran berdiferensiasi, sehingga mereka dapat lebih efektif menerapkannya dalam proses pembelajaran, meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun modul ajar berdiferensiasi untuk guru dilatih untuk menyusun modul ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa yang beragam. Ini termasuk penyesuaian materi, metode pengajaran, dan alat evaluasi yang tepat untuk berbagai tingkat kemampuan siswa, meningkatkan kualitas pembelajaran dengan penyusunan modul ajar yang lebih baik dan relevan, workshop ini bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Pembelajaran menjadi lebih menarik, interaktif, dan menantang bagi siswa sesuai dengan potensi masing-masing, meningkatkan hasil belajar siswa dengan modul ajar yang disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi siswa, diharapkan hasil belajar siswa meningkat. Siswa yang merasa lebih didukung dan tertantang sesuai dengan kemampuan mereka akan lebih termotivasi untuk belajar dan untuk target luaran pada pengabdian kepada masyarakat ini adalah direncanakan untuk publish jurnal pada jurnal pengabdian kepada masyarakat.


Keywords


Modul Ajar Berdiferensiasi, Meningkatkan Kualitas, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Andajani, K. “Modul Pembelajaran Berdiferensiasi.” Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru, 2022.

Bunyamin. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta Selatan: UPT Uhamka Press, 2021.

Izzatunnisa, Amini, Chalijah Adha, Saidatul Fadilla Nasution, and Muhammad Fathoni. “Pentingnya Strategi Pembelajaran Efektif Yang Berpusat Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Berkarakter 2, no. 1 (2024).

Jannah, Faridahtul, and Thooriq Irtifa’ Fathuddi. “Penerapan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka II UPT SD Negeri 323 Gresik.” SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 1 (April 30, 2023). https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.2099.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Anisa Dwi Makrufi, Sunaryo Gandi, Muin Abdul, Tajeri, Ali Fakhrudin, Hamdani, and Suprapno. Pengembangann Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

L, Idrus. “Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9, no. 2 (2019).

M, E. Nurzaman A. Pendidikan dan Profesi Keguruan dalam Membangun Sumber Daya Manusia (SDM). Yogyakarta: Samudra Biru, 2021.

Matlani, and Aan Yusuf Khunaifi. “Analisis Kritis Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 13, no. 2 (2019).

Maulida, Utami. “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka.” Tarbawi 5, no. 2 (2022).

Naibaho, Dwi Putriana. “Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik.” Journal of Creative Student Research 1, no. 2 (January 31, 2023). https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1150.

Padmakrisya, Maria Rosariona, Wardani Rahayu, and Meiliasari. “Systematic Literatur Review: Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP) 6, no. 2 (June 1, 2024). https://journalpedia.com/1/index.php/jpp/article/view/1699.

Rangkuti, Afifa, and Rezeki Putra. “Implementasi Uu No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Ditinjau Dari Perspektif Imam Al-Ghazali (Studi Kasus Di Mas Jamat Delung Sekinel Kabupaten Aceh Tengah).” Medan: Universitas Islam Negeri, 2021.

Robbih, Muhammad Nashiruddin Ibn Abdi, and Tri Sudarwanto. “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Perilaku Konsumen Kelas X Bisnis Digital Smks Ketintang Surabaya.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 12, no. 3 (2024).

Ryan, Joanna, and Jessica Bowman. “Teach Cognitive and Metacognitive Strategies to Support Learning and Independence.” In High Leverage Practices and Students with Extensive Support Needs, by Robert Pennington, Melinda Ault, Ginevra Courtade, J. Matt Jameson, and Andrea Ruppar, 1st ed. New York: Routledge, 2022. https://doi.org/10.4324/9781003175735-15.

Sujatmoko, Emmanuel. “Hak Warga Negara Dalam Memperoleh Pendidikan.” Jurnal Konstitusi 7, no. 1 (2010).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v5i1.4248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

         

 

Diterbitkan oleh

Badan Penelitian Penelitian dan Pengabdian Masayarakat

STIQ AMUNTAI

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara

Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0811-5132-300

Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id

 

 

Lisensi Creative Commons

Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.