Edukasi Pemanfaatan Fitur Iklan Produk Shopee Untuk Meningkatkan Visibilitas Produk Seller di Era Pasar Digital
Abstract
Peningkatan teknologi digital membawa kemudahan dalam bertransaksi di dunia bisnis. Para penjual tradisional sedikit demi sedikit mulai beralih ke penjualan digital melalui berbagai aplikasi belanja online yang mempermudah mereka dalam memasarkan produk mereka. Meskipun begitu, hal ini juga menjadi tantangan bagi mereka karena banyak dari mereka masih belum bisa memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia secara optimal pada aplikasi belanja online yang mereka gunakan, khususnya fitur iklan produk pada aplikasi belanja online Shopee. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait pemanfaatan fitur iklan produk pada platform belanja online Shopee beserta dengan cara mengevaluasi kinerja iklan agar dapat bekerja dengan optimal. Sehingga nilai visibilitas produk mereka dapat bersaing dengan produk lain yang serupa dan tepat sasaran kepada calon pembeli. Target kegiatan pengabdian masyarakat ini ditujukan kepada masyarakat umum, khususnya bagi para penjual atau seller Shopee dan atau masyarakat yang ingin berjualan di aplikasi E-commerce Shopee. Metode pengabdian ini dilakukan dengan mengadakan kegiatan seminar secara online melalui aplikasi zoom yang terbagi menjadi tiga tahapan yaitu perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Untuk melihat perkembangan pemahaman peserta dari kegiatan ini, maka para peserta diwajibkan untuk mengisi kuisioner untuk pengumpulan data pre-test dan post-test. Kegiatan ini terlaksana dengan baik, lancar, dan sesuai dengan yang telah direncanakan oleh penyelenggara. Kemudian berdasarkan data yang telah diolah, peserta yang hadir dalam kegiatan ini mengalami peningkatan pemahaman terkait pemanfaatan fitur iklan Shopee beserta dengan cara mengevaluasi kinerja iklan produk shopee.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhitya, Wisnu Rayhan, Tengku Teviana, Sienny Sienny, Ahmad Hidayat, and Imamul Khaira. “Implementasi Digital Marketing Menggunakan Platform E-commerce Dan Media Sosial Terhadap Masyarakat Dalam Melakukan Pembelian.” TIN: Terapan Informatika Nusantara 5, no. 1 (June 30, 2024). https://doi.org/10.47065/tin.v5i1.5293.
Alamin, Zumhur, Randitha Missouri, Sutriawan Sutriawan, Fathir Fathir, and Khairunnas Khairunnas. “Perkembangan E-commerce: Analisis Dominasi Shopee Sebagai Primadona Marketplace Di Indonesia.” J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah) 6, no. 2 (December 31, 2023). https://doi.org/10.52266/jesa.v6i2.2484.
Asih, Endah Mustika. “Analisis Pada Shopee Sebagai E-commerce Terpopuler Di Indonesia.” Jurnal Ekonomi Bisnis Antartika 2, no. 1 (June 13, 2024). https://doi.org/10.70052/jeba.v2i1.299.
Fadhil, Muhammad, and Riki Nurfala. “Commarce Desa Untuk Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Masyarakat (UMKM) Kerajinan Cobek Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang.” Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 1 (June 25, 2024). https://doi.org/10.35931/ak.v4i1.2921.
Hidayat, Anwar. “Wilcoxon Signed Rank Test dengan SPSS.” Statistikian (blog), August 1, 2014. https://www.statistikian.com/2014/08/wilcoxon-signed-rank-test-dengan-spss.html.
Jacob, Aprilia A., S. L. H. V. Joyce Lapian, and Yunita Mandagie. “Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chitato Chips Pada Mahasiswa Feb Unsrat.” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 6, no. 2 (July 5, 2018). https://doi.org/10.35794/emba.v6i2.20026.
Kinanti, Elisabet Gayuh. “Optimasi Promosi: Strategi Iklan Untuk Meningkatkan Visibilitas Terhadap Toko Online Abon Yobels Di Pt. Kawan Boga Nusantara.” Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana, 2024.
Kurniawati, Anna, and Nafiah Ariyani. “Strategi Promosi Penjualan pada Marketplace Shopee.” PROPAGANDA 2, no. 1 (January 24, 2022). https://doi.org/10.37010/prop.v2i1.514.
Mutia, Ridha. “Peran Shopee Sebagai Platform Unggulan Dalam Mengoptimalkan Strategi Promosi Dan Penjualan Produk.” Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi 10, no. 4 (November 23, 2024). https://doi.org/10.8734/musytari.v10i4.7050.
Olivianti, Risca, and Maria Yovita R.Pandin. “Pengaruh Digital Economy Pada Pola Belanja Generasi Milenial Di Era Digital Economy.” Juremi: Jurnal Riset Ekonomi 4, no. 1 (July 4, 2024). https://bajangjournal.com/index.php/Juremi/article/view/8029.
Ramadhani, Shinta Dwi, Siti Rozalina Rohadiyono, and Aida Khoirunnisa. “Transformasi Jual Beli: Analisis Perubahan Sosial Dalam Migrasi Dari Pasar Konvensional Ke Pasar Marketplace Online.” Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial 2, no. 7 (December 11, 2023). https://doi.org/10.6578/triwikrama.v2i7.1207.
Rika, Handayani. Metode Penelitian Dan Statistik. Yogyakarta: CV Bintang Semesta Media, 2024.
Sudarwati, Wiwik, and Meri Prasetyawati. “Evaluasi Pengembangan Industri Kreatif Pemula dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing.” Prosiding Semnastek, November 8, 2016. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/737.
Windi, Astuti, Muhammad Taufiq, and Muhammad Taofik. “Implementasi Wilcoxon Signed Rank Test Untuk Mengukur Efeketivitas Pemberian Video Tutorial Dan PPT Untuk Mengukur Nilai Teori.” Jurnal Produktif 5, no. 1 (2021).
Yektiningsih, Erwin, Kurniawan Edi Priyanto, Byba Melda Suhita, and Wirmando Wirmando. “Sosialisasi Daring Persiapan Perawat Indonesia Bekerja ke Jepang di Program G To G.” Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) 7, no. 5 (October 20, 2024). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i5.10077.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v5i1.4452
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dinda Putri Veri Anggraini, Fani Khoirotunnisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat
index by:
Diterbitkan oleh
Badan Penelitian dan Pengabdian Masayarakat
STIQ AMUNTAI
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471
Provinsi: Kalimantan Selatan
Telephone: 085251613000
Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id
Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.