Penguatan Akhlak Mahmudah pada Kegiatan Silaturahmi Alam Al Awfiya Bagi Komunitas Pecinta Alam Ngabala Cimahi Bandung

Ahmad Irfan, Ummah Karimah, Dicky Setiady, Abdulloh Faqih

Abstract


Masalah krisis akhlak menjadi sebuah masalah yang sangat menjangkit manusia. Masalah tersebut tidak hanya menjangkit para pemuda saja, tetapi juga setiap kalangan. Masalah krisis akhlak pun tidak hanya tentangan hubungan sosial ataupun hubungan dengan Allah, tetapi juga hubungan dengan alam sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan saling bertukar pikiran mengenai peranan akhlak dalam menjadi standar moral dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, kolaborasi dalam setiap sektor masyarakat menjadi hal yang sangat penting dalam pendidikan. Hal itu dilakukan dalam rangka mengisi lini dalam masyarakat dengan hal-hal yang positif dalam rangka mencapai tujuan-tujuan dalam pendidikan, khususnya pendidikan Islam. Penelitian pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan berkolaborasi dengan dua lembaga komunitas masyarakat, yaitu Lembaga Studi Islam Al Awfiya dan Komunitas Ngariung Balad Alam (Ngabala). Pengabdian ini dilakukan dengan membawa konsep alam, yaitu dilakukan dengan kegiatan camping langsung di daerah Curug Layung, Jawa Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan forum group discussion, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya untuk para pemuda memahami perbedaan konsep etika, moral, dan akhlak sebagai idealitas hidup, khususnya konsep akhlak dengan idealitas absolutnya mampu untuk bertahan dalam era postmodernism ini dengan tantangan-tantangan moralitas yang hadir. Selain itu konsep akhlak tidak hanya berkaitan seputar hubungan antar manusia atau dengan Allah saja, tetapi hubungan dengan alam menjadi hal penting untuk diperhatikan dan termasuk kepada perintah Allah. Pengabdian ini memberikan dampak positif dengan mengelaborasikan konsep alam dan pendidikan Islam dengan rangkaian kegiatan lainnya, peserta pengabdian masyarakat menjadi merasa lebih tertarik karena variasi kegiatannya.


Keywords


Akhlak Mahmudah, Pendidikan Islam, Pecinta Alam

Full Text:

PDF

References


Agussalim, Muhammad Sibgatullah, Ariana Ariana, and Ramlah Saleh. “Kerusakan Lingkungan Akibat Pertambangan Nikel Di Kabupaten Kolaka Melalui Pendekatan Politik Lingkungan.” Palita: Journal of Social Religion Research 8, no. 1 (April 11, 2023). https://doi.org/10.24256/pal.v8i1.3610.

Azra, Azyumardi. Membebaskan Pendidikan Islam. Edited by Idris Thaha. Jakarta: Kencana, 2020.

Balfaqih, Mohammed, and Soltan Abed Alharbi. “Associated Information and Communication Technologies Challenges of Smart City Development.” Sustainability 14, no. 23 (December 5, 2022). https://doi.org/10.3390/su142316240.

Begum, Abida, Liu Jingwei, Maqsood Haider, Muhammad Maroof Ajmal, Salim Khan, and Heesup Han. “Impact of Environmental Moral Education on Pro-Environmental Behaviour: Do Psychological Empowerment and Islamic Religiosity Matter?” International Journal of Environmental Research and Public Health 18, no. 4 (February 8, 2021). https://doi.org/10.3390/ijerph18041604.

D’Errico, Francesca, Paolo Giovanni Cicirelli, Giuseppe Corbelli, and Marinella Paciello. “Addressing Racial Misinformation at School: A Psycho-Social Intervention Aimed at Reducing Ethnic Moral Disengagement in Adolescents.” Social Psychology of Education 27, no. 3 (June 7, 2024). https://doi.org/10.1007/s11218-023-09777-z.

Hartati, Suci. “Peran Pendidikan Nerbasis Alam Dalam Mengembangkan Mecerdasan Alami Anak.” Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 06, no. 02 (2022).

Irfan, A, S Shofiyah, and U Karimah. “Moral Ideal Through Islamic Religious Education: Purpose, Concept and Implementation.” Nusantara Science and … 2023 (2023).

Johnstone, Avril, Anne Martin, Rita Cordovil, Ingunn Fjørtoft, Susanna Iivonen, Boris Jidovtseff, Frederico Lopes, et al. “Nature-Based Early Childhood Education and Children’s Social, Emotional and Cognitive Development: A Mixed-Methods Systematic Review.” International Journal of Environmental Research and Public Health 19, no. 10 (May 13, 2022). https://doi.org/10.3390/ijerph19105967.

Kahouli, Bassem, Amine Nafla, Hatem Trimeche, and Omar Kahouli. “Understanding How Information and Communication Technologies Enhance Electric Power Consumption and Break Environmental Damage to Reach Sustainable Development.” Energy and Buildings 255 (January 2022). https://doi.org/10.1016/j.enbuild.2021.111662.

Mason, Cathy. “What’s Bad about Friendship with Bad People?” Canadian Journal of Philosophy 51, no. 7 (October 8, 2021). https://doi.org/10.1017/can.2022.6.

Mudhofir, Ali. Kamus Filsafat Nilai. Jakarta: Yayasan Kertagama, 2014.

Press, Oxford University. Oxford Advanced Learner’s Dictionary. Edited by Diana Lea and Jennifer Bradbery. 10th ed. Oxford: Oxford University Press, 2020.

Qalati, Sikandar Ali, Sonia Kumari, Kayhan Tajeddini, Namarta Kumari Bajaj, and Rajib Ali. “Innocent Devils: The Varying Impacts of Trade, Renewable Energy and Financial Development on Environmental Damage: Nonlinearly Exploring the Disparity between Developed and Developing Nations.” Journal of Cleaner Production 386 (February 2023). https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2022.135729.

Rachels, James, and Stuart Rachels. The Elements of Moral Philosophy. Philadelphia: Temple University Press, 1986.

Sani, Ridwan Abdullah. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2022.

Shaukat, Muhammad Awais, and Tahira Basharat. “A Study of Relativistic Theory of Ethics in the Light of Islamic Theory of Morality.” Journal of Islamic Thought and Civilization 12, no. 2 (December 13, 2022). https://doi.org/10.32350/jitc.122.20.

Siddiqi, Armaan. “Faith and Governance: A Study of Mawlid in Contemporary Morocco.” Journal of African Cultural Studies 36, no. 4 (October 24, 2024). https://doi.org/10.1080/13696815.2024.2391754.

Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islami: Integrasi Jasmani, Rohani, Dan Kalbu Memanusiakan Manusia. 9th ed. Bandung: PT. Rosdakarya, 2019.

———. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. 2nd ed. Bandung: PT. Rosdakarya, 2007.

———. Ilmu Pendidikan Islami. 5th ed. Bandung: PT. Rosdakarya, 2019.

Ulfa, Rosi Novita, Dinda Fawwaz Sona, and Teguh Setiandika Igiasi. “Kolaborasi Dan Interaksi Antar Komunitas Yang Ada Di Umah Saki.” Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi 7, no. 2 (2024).

Widyaningrum, Widyaningrum, Sigit Tri Utomo, and Ana Sofiyatul Azizah. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Remaja Melalui Kegiatan Rutin Pembacaan Kitab Maulid Diba’ Di Desa Dangkel Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner, November 15, 2022, 84–94. https://doi.org/10.59944/jipsi.v1i2.34.

Wu, Biyun, Fang Li, Li Zhou, Mingfan Liu, and Fulei Geng. “Are Mindful People Less Involved in Online Trolling? A Moderated Mediation Model of Perceived Social Media Fatigue and Moral Disengagement.” Aggressive Behavior 48, no. 3 (May 13, 2022). https://doi.org/10.1002/ab.22013.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v5i1.4639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ahmad Irfan, Ummah Karimah, Dicky Setiady, Abdulloh Faqih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

         

 

Diterbitkan oleh

Badan Penelitian dan Pengabdian Masayarakat

STIQ AMUNTAI

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara

Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 085251613000

Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id

 

 

Lisensi Creative Commons

Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.