Strategi Optimalisasi Digital Marketing pada UMKM Kinta Laundry
Abstract
UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, termasuk di sektor jasa. Kinta Laundry, sebuah usaha laundry di Batam, menghadapi tantangan dalam pemasaran digital meskipun memiliki peluang pasar yang potensial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan strategi pemasaran berbasis media sosial guna meningkatkan visibilitas dan daya saing Kinta Laundry. Metode yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis tematik. Hasil menunjukkan bahwa media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook dapat digunakan secara efektif untuk memperluas jangkauan pasar dan membangun kepercayaan pelanggan. Penerapan strategi ini meningkatkan jumlah pengikut, interaksi, dan pelanggan baru. Namun, tantangan seperti konsistensi konten dan pemahaman algoritma platform perlu diatasi. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan konten kreatif, evaluasi rutin, serta pemanfaatan data analitik untuk mengoptimalkan strategi digital marketing Kinta Laundry dan memperkuat daya saing UMKM di era digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyati, Izza Milenia, Ayu Fitria Ismawati, Adika Iftitah Rizqillah, Siti Sri Wulandari, and Susanti Susanti. ‘MSMEs Marketing Strategies Through The Use Of Social Media: A Systematic Literature Review’. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 13, no. 1 (2024): 65–84. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v13i1.1817.
Asikin, Muhamad Zaenal, Muhamad Opan Fadilah, Wahyu Eko Saputro, Oriza Aditia, and Mohamad Maulana Ridzki. ‘The Influence Of Digital Marketing On Competitive Advantage And Performance of Micro, Small And Medium Enterprises’. International Journal of Social Service and Research 4, no. 03 (2024): 963–70. https://doi.org/10.46799/ijssr.v4i03.749.
Diniati, Anisa, Moch Armien Syifaa Sutarjo, and Intan Primasari. ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran Digital Bagi Pelaku UMKM Kabupaten Sumedang’. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 4 (24 July 2023). https://doi.org/10.59395/altifani.v3i4.458.
Fan, Xiruo. ‘Social Media Marketing Strategies’. Advances in Economics, Management and Political Sciences 23, no. 1 (2023): 59–64. https://doi.org/10.54254/2754-1169/23/20230353.
Habibi, Ahmad, and Ulfa Zahratul Husna. ‘Strategi Digital Marketing Pada Toko Online Shop Dope and Adapt Melalui Live Streaming Di TikTok Shop’. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia 4, no. 4 (28 April 2024). https://doi.org/10.59141/cerdika.v4i4.778.
Lady, Lady, Delfina Delfina, Irvin Ng, Fionna Quinn, Alexander Janio Wijaya, and Hardy Winata Lie. ‘The Effectiveness of Digital Marketing: A Case Study of One Bowl Soup MSMEs’. Journal of Business & Applied Management 16, no. 2 (2023): 101. https://doi.org/10.30813/jbam.v16i2.4589.
Lady, Lady, Shevia Shevia, and Listia Nurjanah. ‘Optimizing Customer Engagement: Employing Triangulation Methodology to Improve Social Media Content Strategy for MSME’. Journal of Business & Applied Management 17, no. 1 (2024): 001. https://doi.org/10.30813/jbam.v17i1.5252.
Maksalmina, Muhamad Barron, Decky Ari Irwanto, Vera Firmansyah, Dudi Adi, Budi Yasri, Azis Muslim, Willi Sutanto, Nandang Gunawan, and Tunggal Waras. ‘Pengukuran Dimensi Nonkontak Pada Objek Bola , Silinder , Dan Kubus Dengan Metode Triangulasi Menggunakan Laser Garis Non-Contact Dimension Measurement on Spherical , Cylindrical , and Cube Objects by Triangulation Method Using Line Laser’ 12, no. 1 (2024).
Nur Ahmas, Ahmad Almaududi, Tris Sutrisno, and Ina Ratnasari. ‘Upaya Peningkatan Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Inovasi Desain Kemasan Dan Pemasaran Produk Di Kabupaten Karawang’. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 6, no. 1 (2022): 124. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7625.
Rozali, Yuli Asmi. ‘Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik’. Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik Forum Ilmiah 19 (2022): 68.
Santiko, Irfan, and Ilham Albana. ‘Strategi Peningkatan Kemampuan Marketing Melalui Sosial Media Pada UMKM Bangkit Wilayah Banyumas’. Journal of Sustainable Communities and Development 1, no. 1 (2023): 1–10. https://doi.org/10.51519/journalscd.v1i1.218.
Santoso, Djoko. ‘Membandingkan Singapura, Malaysia Dan Indonesia.’ Kompas, no. September (2022): 01.
Shabrina, Vashty Ghassany. ‘Pengaruh Revolusi Digital Terhadap Pemasaran Dan Perilaku Konsumen’. Jurnal Pewarta Indonesia 1, no. 2 (2019). https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.16.
Susanto, Dedi, Risnita, and M. Syahran Jailani. ‘Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah’. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora 1, no. 1 (2023): 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v5i1.4728
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Lady, Ng Thian Way

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat
index by:
Diterbitkan oleh
Badan Penelitian dan Pengabdian Masayarakat
STIQ AMUNTAI
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471
Provinsi: Kalimantan Selatan
Telephone: 085251613000
Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id
Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.