Membangun Kesadaran Digital: Efektivitas Seminar Interaktif dalam Mengedukasi Dampak Gadget pada Anak

Diki Ilhamdan, Tio Wildano, Fredi Trapol, Jusniarti Jusniarti, Rina Leski, Lisda Yanti, Misra Misra, Lopi Lopi, Mauizatun Hasanah, Wahyu Andera, Meza Fitria

Abstract


Perkembangan teknologi digital telah membawa dampak besar dalam kehidupan anak-anak, terutama dalam penggunaan gadget untuk hiburan dan pembelajaran. Namun, penggunaan gadget yang tidak terkontrol dapat menyebabkan berbagai permasalahan, seperti kecanduan, gangguan sosial, dan penurunan prestasi akademik. Seminar interaktif tentang kesadaran digital ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anak-anak, orang tua, dan pendidik mengenai dampak baik dan buruk penggunaan gadget serta memberikan strategi pengelolaan yang lebih bijak. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline dengan metode penyampaian materi, diskusi interaktif, dan simulasi kasus yang melibatkan 48 peserta dari berbagai latar belakang. Hasil seminar menunjukkan bahwa metode interaktif efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta mengenai pentingnya pengawasan dalam penggunaan gadget. Orang tua dan pendidik memperoleh wawasan mengenai strategi membatasi penggunaan gadget, sementara anak-anak belajar mengenai keseimbangan dalam penggunaan teknologi. Selain itu, seminar ini menegaskan pentingnya peran guru dalam mengajarkan literasi digital kepada siswa guna membantu mereka memahami penggunaan internet yang aman dan etis. Dengan hasil yang positif, seminar interaktif ini dapat menjadi model edukasi yang efektif dalam meningkatkan kesadaran digital masyarakat. Keberlanjutan program serupa di masa depan sangat dianjurkan untuk memperluas dampaknya.


Keywords


Kesadaran Digital, Penggunaan Gadget, Seminar Interaktif, Literasi Digital, Anak-Anak

Full Text:

PDF

References


Boiliu, Fredik Melkias. ‘Peran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Sebagai Upaya Mengatasi Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada Anak Dalam Keluarga Di Era Disrupsi 4.0’. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education 1, no. 1 (2020). https://doi.org/10.53547/realdidache.v1i1.73.

Chusna, Nabila. ‘Analisis Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Rendahnya Minat Belajar Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar’. JOIES (Journal of Islamic Education Studies) 8, no. 1 (2023). https://doi.org/10.15642/joies.2023.8.1.1-24.

Hidayatuladkia, Shella Tasya, Mohammad Kanzunnudin, and Sekar Dwi Ardianti. ‘Peran Orang Tua Dalam Mengontrol Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 11 Tahun’. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 5, no. 3 (2021). https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996.

Kementerian Komunikasi dan Informatika. ‘Statistik Penggunaan Internet Di Kalangan Anak-Anak Indonesia’. Kemenkominfo, 2023.

Lesmana, Gugun, Elih Solihatulmilah, and Eka Nurul Mualimah. ‘Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX di SMP Negeri 7 Cibeber’. DESANTA (Indonesian of Interdisciplinary Journal) 4, no. 1 (2023): 1. http://jurnal.desantapublisher.com/.

Mayer, Richard E. Multimedia Learning: Third Edition. Cambridge University Press, 2021.

Prensky, M. Penduduk Digital Dan Imigran Digital: Memahami Lanskap Pembelajaran Baru. Educational Review, 2021.

Putriana, Khairul, Eka Adithia Pratiwi, and Indah Wasliah. ‘Hubungan Durasi dan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) di TK Cendikia Desa Lingsar Tahun 2019’. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda 7, no. 2 (2019). https://doi.org/10.37824/jkqh.v7i2.2019.112.

Rideout, Victoria. Sensus Common Sense: Penggunaan Media Oleh Anak Usia 0–8 Tahun. Common Sense Media, 2020.

Social, We Are. ‘Digital 2023’. We Are Social Indonesia, 26 January 2023. https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/digital-2023/.

Sudaryanto. ‘Tri Dharma Perguruan Tinggi Dan Implementasinya Dalam Masyarakat’. Jurnal Pengabdian Masyarakat 10, no. 2 (2021). https://www.researchgate.net/publication/384766530_TRI_DHARMA_PERGURUAN_TINGGI_DALAM_TINJAUAN_POLITIK_PENDIDIKAN_DI_INDONESIA.

Sugiarti, Yayuk, and Hidayat Andyanto. ‘Pembatasan Penggunaan Gadget Terhadap Anak Dibawah Umur Oleh Orang Tua’. Jurnal Jendela Hukum 9, no. 1 (2022). https://doi.org/10.24929/fh.v9i1.2051.

Sunita, Indian, and Eva Mayasari. ‘Pengawasan Orang Tua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak’. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan 3, no. 3 (2018). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=854399&val=13715&title=Pengawasan%20Orangtua%20Terhadap%20Dampak%20%20Penggunaan%20Gadget%20Pada%20Anak.

Supriyanti, Wiwit, and Maryam Maryam. ‘Pelatihan Aplikasi Parental Control Guna Membangun Kebiasaan Penggunaan Gadget Yang Sehat Pada Anak’. Abdi Teknoyasa 2, no. 2 (2021). https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v2i2.328.

Umaroh, Sabila Tria, Atika Mulia Maghfiroh, Elfa Naharotul Hikmah, and Hestu Wilujeng. ‘Penguatan Peran Orang Tua dalam Pengawasan Penggunaan Gadget di TK Dharmawanita 03 Pomahan: A Study on Dharmawanita 03 Pomahan Kindergarten’. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 2 (2024). https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i2.230.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v5i2.4959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Diki Ilhamdan, Tio Wildano, Fredi Trapol, Jusniarti, Rina Leski, Lisda Yanti, Misra, Lopi, Mauizatun Hasanah, Wahyu Andera, Meza Fitria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

          

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303