Pelatihan Augmented Reality Bagi Guru PAI Untuk Memperkuat Pemahaman Konsep Keislaman Siswa MI Al-Ihsan Kalikejambon
Abstract
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran guna memperkuat pemahaman konsep keislaman pada siswa MI Al-Ihsan Kalikejambon, Tembelang, Jombang. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui tiga tahapan utama, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan dilakukan identifikasi kebutuhan dan perancangan materi pelatihan. Tahap pelaksanaan meliputi pemaparan konsep dasar AR, praktik penggunaan aplikasi AR, serta pendampingan dalam menyusun media pembelajaran berbasis AR. Tahap evaluasi dilakukan melalui observasi langsung dan kuesioner untuk menilai pemahaman dan keterampilan guru setelah pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para guru mengalami peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep AR dan kemampuan mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran PAI. Guru mampu membuat media interaktif yang relevan dengan materi keislaman seperti rukun iman, rukun Islam, dan sejarah Islam. Selain itu, siswa menunjukkan ketertarikan dan keterlibatan yang lebih tinggi dalam proses belajar. Pelatihan ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di tingkat MI serta mendorong guru untuk lebih kreatif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifi, Erwinestri Hanidar Nur, Anisa Rizky Azizah, and Dian Choiru Nisa. “Hubungan Minat Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ( PGMI ) Terhadap Penggunaan Teknologi Augmented Reality ( AR ) Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pemahaman Konsep IPA Mahasiswa.” SEARCH: Science Education Research Journal 1, no. 1 (2024).
Alfiansyah. “Perancangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Teknologi Layanan Jaringan Berbasis Mobile: Sebuah Pendekatan Inovatif Untuk Pendidikan.” Journal Creativity 2, no. 1 (2024). https://doi.org/10.62288/creativity.v2i1.13.
Amelia, Herliza Syafira, Dwi Nurul Fitraj Fisshobah, Adelia Eka Dayendria, and Bima Wahyuda. “Strategi Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa.” Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa 3, no. 1 (2025).
Anggraeni, Tasya Bella, Achmad Arjuna, and Dhandy Bhima Shakty Hadian. “Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran PAI : A Scoping Reviwe Bentuk Dan Implementasinya.” Journal Of Educational Research and Community Service (JERCS) 1, no. 2 (2025).
Aqmarina, Devi Nur, and Mohamad Joko Susilo. “Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Ta’lif: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam 1, no. 1 (2025).
Azisi, Dwi Juli Priyono, and Nurfaiza. “Inovasi Pembelajaran Berbasis Immersive Dan Virtual.” Jurnal Keilmuan Bahsa Arab Dan Pengajarannya 2, no. 2 (2025).
Dahlan, Taufiqullah, Dheni Harmaen, Acep Roni Hamdani, Erni Kustiani, Ine Pebriyanti, and Pia Puspitasari. “Pengabdian Kepada Masyarakat Pendampingan Guru Penggerak Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3.” AMONG: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. pp (2024).
Lutfiah, Husnah. “Potensi Dan Tantangan Implementasi Media Pembelajaran PAI Berbasis Augmented Reality.” Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 3 (2024).
MZ, A.F. Suryaning Ati, Wahono Widodo, Neni Mariana, and Heru Subrata. “Pembelajaran Berbasis Technological Pedagogical Content And Knowledge (Tpack) Di Era Society 5.0 Sebagai Modernisasi Di Bidang Pendidikan.” BIOCHEPHY: Journal of Science Education 4, no. 2 (2024). https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i2.1373.
Pahrudin, Agus. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam Di Madrasah. Banjarbaru: Grafika Wangi Kalimantan. Vol. 2, 2017.
Qomah, Faiza Isti, Muhammad Nanang Qosim, and Abdul Ghofur. “Pemanfaatan Media Augmented Reality (AR) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab : Analisis Berdasarkan Studi Literatur.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 4 (2024).
Rahayu, Sucik, Susana Aditya Wangsanata, and Jaiz Jamalullael. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Guru MI.” Jurnal Pendidikan Berkarakter 7, no. 3 (2024).
Shunhaji, Akhmad. “Agama Dalam Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2019).
Wibowo, Mars Caroline. Kekuatan AR (Augmented Reality) Dan VR (Virtual Reality) Dalam Bisnis, 2025.
Yustitia, Via, Idham Azwar, Shorihatul Inayah, Lela Nurlela, Nia Kania, Betty Kusumaningrum, Dian Islami Prasetyaningrum, et al. Transformasi Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia. Vol. 1, 2024.
Zumroh, Ade Rizki. “Pengembangan Bahan Ajar PAI Interaktif Berbasis Teknologi Augmented Reality Untuk Siswa Sekolah Dasar.” PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan Dan Riset 2, no. 3 (2024).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v5i1.5147
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Mindaudah, Firman, Shinta Sari, Chalimatus Sa’diyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat
index by:
Diterbitkan oleh
Badan Penelitian dan Pengabdian Masayarakat
STIQ AMUNTAI
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471
Provinsi: Kalimantan Selatan
Telephone: 085251613000
Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id
Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.