Peran Mahasiswa PLP dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Muhammadiyah 3 Unggulan Pekanbaru

Yesika Novita Rahmi, Nur’ Adilla Asfi, Diffa Pebriani, Ariyanto Ariyanto, Gustina Kusuma Dewi, Nur Azima, Pahruddin Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Muhammadiyah 3 Unggulan Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 6 mahasiswa PLP, 2 guru pamong, dan 43 peserta didik kelas 6 yang terdiri dari 2 kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa PLP berperan signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui empat aspek utama: (1) implementasi metode pembelajaran inovatif, (2) pengembangan media pembelajaran kreatif, (3) pembentukan hubungan emosional positif dengan peserta didik, dan (4) integrasi teknologi dalam pembelajaran. Indikator peningkatan motivasi belajar peserta didik terlihat dari meningkatnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran, meningkatnya kehadiran peserta didik, dan meningkatnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kehadiran mahasiswa PLP memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar peserta didik dan berperan sebagai agen perubahan yang membawa inovasi pembelajaran di sekolah. Implikasi penelitian ini adalah perlunya penguatan kolaborasi antara lembaga pendidikan tinggi dan sekolah untuk memaksimalkan manfaat program PLP.


Keywords


Motivasi Belajar, Sekolah Dasar, Inovasi Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Acoci, Acoci, Farisatma Farisatma, Ferdian Sadepilon, et al. ‘Pengamatan Sarana Dan Prasarana Pada Program Pengenalan Lapangan Persekolahan Di SD Negeri 2 Lamangga’. JPW: Jurnal Pengabdian Wakaaka 2, no. 2 (2023). https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/WAKAAKA/article/view/4703.

Armstrong, Thomas. Multiple Intelligences in the Classroom (4th Ed.). ASCD, 2018.

Fahrurrazi, Ferdy, and Sri Setia Putra Jayawardaya. ‘Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Melalui Metode Pembelajaran Interaktif’. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya 2, no. 3 (2024). https://doi.org/10.61132/semantik.v2i3.776.

Gardner, Howard. Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books, 2011.

Gardner, Howard. Intelligence Reframed: Multiple Intelligences for the 21st Century. Basic Books, 2022.

Hyun, Choi Chi, Martinus Tukiran, Laksmi Mayesti Wijayanti, Masduki Asbari, Agus Purwanto, and Priyono Budi Santoso. ‘Piaget versus Vygotsky: Implikasi Pendidikan Antara Persamaan Dan Perbedaan’. Journal of Engineering and Management Science Research (JIEMAR) 1, no. 2 (2020).

Istati, Dwi. ‘Membentuk Karakter Bangsa Sejak Usia Dini’. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan) 6, no. 01 (2019). https://doi.org/10.21009/jkkp.061.09.

Lince, Leny. ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan’. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai 1, no. 1 (2022). https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829.

Majid, T. H, and S. N Huda. ‘Gamifikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Dan Bahasa Arab: Studi Kasus PAUD Terpadu Mutiara Yogyakarta’. Automata 1, no. 2 (2020).

Mariasih, Mariasih. ‘Peralihan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Menuju Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Bagi Mahasiswa Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan STKIP Kusuma Negara’. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan 8, no. 2 (2021). https://doi.org/10.30998/fjik.v8i2.9992.

Maslow, A. H. ‘A Theory of Human Motivation’. Psychological Review 50, no. 4 (2022).

Ningrum, Ikka Widya Kusuma, Rido Kurnianto, and Rohmadi. ‘Penanaman Nilai-Nilai Ibadah Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Sawoo Ponorogo’. Jurnal Mahasiswa Tarbawi and Islamic Education 5, no. 1 (2021).

Pratama, Yoga Anjas. Relevansi Teori Belajar Behaviorisme Terhadap Pendidikan Agama Islam. 4, no. 1 (2019). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2718.

Raztiani, Hissan, and Indra Permana. ‘Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa’. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 2, no. 3 (2019). https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/2845.

Sardiman. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers., 2020.

Sri Mulyani, Eni, and Hunainah Hunainah. ‘Pembiasaan Shalat Dhuha Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa’. QATHRUNÂ 8, no. 1 (2021). https://doi.org/10.32678/qathruna.v8i1.4782.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta, 2018.

Surata, I Ketut, I Made Sudiana, and I Gede Sudirgayasa. ‘Meta-Analisis Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Biologi’. Journal of Education Technology 4, no. 1 (2020). https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079.

Syaodih, E. ‘Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial’. Educare 5, no. 1 (2007).

Tim Penyusunan Buku Pedoman Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Studi Islam Universitas Muhammadiyah Riau. 2023.

Tohari, Begjo, and Ainur Rahman. ‘Konstruktivisme Lev Semonovich Vygotsky Dan Jerome Bruner: Model Pembelajaran Aktif Dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak’. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia 4, no. 1 (2024). https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i1-13.

Widarta, Fajar Okta. ‘Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Plp Ii Program Studi Pendidikan Biologi Psdku Universitas Syiah Kuala Gayo Lues Di Smp Negeri 1 Blangjerango’. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan 8, no. 1 (2020). https://doi.org/10.22373/biotik.v8i1.6557.

Zabidi, Ahmad. ‘Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran PAI Di SD Sekecamatan Bawen Kabupaten Semarang’. INSPIRASI (Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam) 3, no. 2 (2020). https://doi.org/10.61689/inspirasi.v3i2.134.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v5i2.5389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yesika Novita Rahmi, Nur’ Adilla Asfi, Diffa Pebriani, Ariyanto, Gustina Kusuma Dewi, Nur Azima, Pahruddin Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

          

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License