PERSEPSI DAN ASPIRASI PENDIDIKAN MASYARAKAT DESA JUMBA

M. Ahim Sulthan Nuruddaroini, Nor Hayati B, Nor Hidayah, Elita Khafijah, Muslimatul Jannah

Abstract


Di era globalisasi pendidikan di berbagai belahan dunia mengalami perubahan sangat mendasar. Ada banyak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa dinikmati umat manusia. Namun sebaliknya, kemajuan tersebut juga beriringan dengan kesengsaraan banyak anak manusia dan kerusakan moral apalagi dalam era globalisasi sekarang ini. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tentang persepsi dan aspirasi masyarakat Desa Jumba tentang pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah terdapat persepsi dan aspirasi pendidikan masyarakat Desa Jumba yaitu: Pendidikan era globlasasi dan sebelum era globalisasi terdapat perbedaan, baik dari segi akhlak, materi, sarana dan prasarana. Selain itu pendidikan di masa pandemic covid-19 juga menyulitkan bagi orang tua. Adapun aspirasi masyarakat Desa Jumba, pendidikan lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah, agar tujuan pendidikan yang sebenarnya benar-benar tercapai dan terwujud. Penelitian ini secara empiris, teoretis dan praktis dapat memberikan kontribusi sebagai bahan pertimbangan bagi pemerintah dan bagi setiap yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, untuk lebih memperhatikan kebutuhan masyarakat untuk menghadapi tantangan globalisasi.

Kata Kunci: Persepsi dan Aspirasi, Pendidikan, Desa Jumba

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Irawan. Kontruksi dan Reproduksi Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Azizy, A. Qodri. Melawan Globalisasi: Interpresi Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Melenium Baru, Logo. Jakarta: Macana Ilmu, 1999.

Bachtiar, Amsal. Filsafat Ilmu. Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Bakhri, Amirul. “Tantangan Pendidikan Agama Islam di Madrasah pada Era Globalisasi.” Madaniyah 5, no. 1 (2015): 63–86.

Banggur, Maria Dissriany Vista, Robinson Situmorang, dan Rusmono Rusmono. “Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia.” JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan 20, no. 2 (2018): 152–65.

Basilaia, G, dan D Kvavadze. “Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia Pedagog,” 2020.

Dacholfany, M Ihsan. “Reformasi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi.” AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam 20, no. 1 (2015): 173–94.

Dai, Daxiang, dan Gaofeng Lin. “Online Home Study Plan for Postponed 2020 Spring Semester During the COVID-19 Epidemic: A Case Study of Tangquan Middle School in Nanjing, Jiangsu Province, China.” Jiangsu Province, China (March 15, 2020), 2020.

Danim, Sudarman. Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Dewi, Eva. “Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi.” Sukma: Jurnal Pendidikan 3, no. 1 (2019): 93–116.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 1 (2020): 55–61.

Djamaluddin, dan Aly Abdullah. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia, 1999.

Dwiningrum, Siti Irene Astuti. Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Yogyakarta: UNY Press, 2012.

Faisal, Jusuf Amir. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press, 1995.

Habibah, Syarifah. “Akhlak dan Etika Dalam Islam.” Jurnal Pesona Dasar 1, no. 4 (2015).

Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, dan Heru Kuswanto. “Pembelajaran pada masa pandemi covid-19.” JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan 22, no. 1 (2020): 65–70.

Indra, Hasbi. Pendidikan Islam Melawan Globalisasi. Jakarta: Ridamulia, 2005.

Jones, K, dan R Sharma. “Reimagining A Future For Online Learning,” 2019.

Khasanah, Dian Ratu Ayu Uswatun, Hascaryo Pramudibyanto, dan Barokah Widuroyekti. “Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Sinestesia 10, no. 1 (2020): 41–48.

Lexy j. Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Lubis, M. Solly. Umat Islam Dalam Globalisasi. Jakarta: Gema Insani Press, 1997.

Machali, Imam. Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi. Yogyakarta: PRESMA Fak. Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2004.

Mulyasa, Dedi. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosda, 2007.

Obiakor, Thelma, dan Adedeji Peter Adeniran. “Covid-19: Impending Situation Threatens to Deepen Nigeria’s Education Crisis,” 2020.

Roqib, Moh. Pendidikan Perempuan. Yogyakarta: Gema Media dengan STAIN Press, 2003.

Rusniati, Rusniati. “Pendidikan Nasional Dan Tantangan Globalisasi: Kajian Kritis Terhadap Pemikiran A. Malik Fajar.” JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran 16, no. 1 (2015): 105–28.

Said, Muhammad, dan Juminar Affan. Mendidik dari Zaman Ke Zaman. Jakarta: Kalam Mulia, 1987.

Selwyn, N. “Education and Technology. Key Issues and Debates. London: Continuum Int. Publ.” Group, 2011.

Taopan, Yana F, Mintje Ratoe Oedjoe, dan Andy Nabu Sogen. “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Perilaku Moral Remaja di SMA Negeri 3 Kota Kupang.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 5, no. 1 (2019): 61–74.

Tim Penyusun. Pengantar Studi Islam. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press, 2009.

Usa, Muslim. Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991.

Yamin, Moh. Menggugat Pendidikan Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2009.

Zhu, Xudong, dan Jing Liu. “Education in and after Covid-19: Immediate responses and long-term visions.” Postdigital Science and Education 2, no. 3 (2020): 695–99.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v1i1.698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat



Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

    

 

Diterbitkan oleh

Badan Penelitian Penelitian dan Pengabdian Masayarakat

STIQ AMUNTAI

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara

Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0811-5132-300

Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id

 

 

Lisensi Creative Commons

Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.