Pendampingan Kegiatan Keagamaan Melalui Optimalisasi Program Pengabdian Masyarakat di Desa Tangkawang Haur Gading

Muh. Haris Zubaidillah, Alfiah Alfaridho, Amalia Amalia, Aulia Sri, Eka Rosliani, Hasna Abidah, Jamiah Jamiah, Masnah Masnah, Munawwarah Munawwarah, Nur Abidah

Abstract


Kuliah Kerja Nyata merupakan proses pembelajaran mahasiswa melalui berbagai kegiatan langsung ditengah-tengah masyarakat dan mahasiswa berupaya untuk menjadi bagian dari masyarakat serta secara aktif dan kreatif terlibat dalam perubahan yang terjadi di masyarakat. Program Pengabdian Sekolah Tinggi Ilmu Alquran (STIQ) Amuntai angkatan 2018 tahun 2021 memiliki peraturan yang fleksibel karena masih dalam masa pandemi COVID-19 sehingga  penentuan kelompok dan tempat pengabdian diserahkan kepada mahasiswa.  Kegiatan KKN ini dilaksanakan di Desa Tangkawang Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara yang dimulai dari tanggal 9 Agustus sampau dengan 9 November 2021.  Dalam melaksanakan kegiatan pengabdian selama 3 bulan, terbentuklah beberapa program yang terbagi dalam 3 kategori yaitu program harian, mingguan, dan bulanan. Program harian di antaranya pembelajaran tahsin, pembacaan hadist-hadist, tahfidz, maghrib mengaji, serta sholat berjamaah di mushalla. Program mingguan di antaranya mengikuti acara yasinan ibu-ibu yang dilaksanakan pada hari Ahad sehabis Dzuhur. Kemudian untuk program bulanan diantaranya, melaksanakan kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL) di MIS Intisyarul Mabarrat di bulan pertama, kegiatan meminyaki anak yatim, membuat bubur asyura, arba mustamir, acara maulid, acara resepsi perkawinan, haul Syekh H. Mahmudin serta pada bulan ke-2 dan ke-3 peneliti membantu mengajar di MI Asy-Syar'iah Tangkawang. Hasil dari program KKN ini diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya anak- anak desa Tangkawang dengan program pendampingan bidang membaca Alquran dan pembinaan akhlak. 

Full Text:

PDF

References


Agung Wijaya, Nur’aini. Singgah Di Gerbang Kuliah: Singgah Di Gerbang Kuliah. Sang Surya Media, 2018.

Ahsin Sakho, Muhammad. Konsep Implementasi Huffadzul Qur’an. Jakarta, 2020.

Amin, Samsul Munir. “Tradisi Haul Memperingati Kematian Dikalangan Masyarakat Jawa (Kajian Antropologi).” Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam 20, No. 2 (2020).

Hasani Syarif, Zainul. Dinamika Pendidikan Islam Minoritas: Eksistensi, Kontestasi, Dan Konvergensi. Publica Indonesia Utama, 2021.

Khairuddin, Ahmad. “Asyura: Antara Doktrin, Historis Dan Antropologis Perspektif Dakwah Pencerahan.” Al-Hiwar: Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah 3, No. 5 (2015).

Mansyur, Zaenuddin. “Tradisi Maulid Nabi Dalam Masyarakat Sasak.” Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman 9, No. 1 (2005).

Miarso, Yusuf hadi. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Kencana, 2004.

Mukhid, Abd, and Mosleh Habibullah. Profesionalisme Guru PPL Dan Kompetensinya (Perspektif Guru Pamong Dan Peserta Didik). Duta Media Publishing, 2020.

Norhikma. “(Walimatul Ursy Dalam Persefektif Hukum Islam (Studi Kasus Di Desa Mandalle Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa).” Universitas Islam Negeri Alauddin, 2019.

Rohmadi. “Aplikasi Metode Tahsin Untuk Belajar Al- Qur’an Dalam Pendampingan Kelompok Perempuan Di Kelurahan Kutaraya Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir.” Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 9, No. 1 (2020).

Sadikin, Sadam. “Tindakan Sosial Masyarakat Dalam Tradisi Asyura.” Universitas Maritim Raja Ali Haji, 2017.

Supriadi, Ahmad. “Akulturasi Budaya dalam Tradisi Maulid Nabi Muhammad di Nusantara.” Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora 17, No. 1 (2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v3i1.778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muh. Haris Zubaidillah, Alfiah Alfaridho, Amalia Amalia, Aulia Sri, Eka Rosliani, Hasna Abidah, Jamiah Jamiah, Masnah Masnah, Munawwarah Munawwarah, Nur Abidah

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

    

 

Diterbitkan oleh

Badan Penelitian Penelitian dan Pengabdian Masayarakat

STIQ AMUNTAI

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara

Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0811-5132-300

Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id

 

 

Lisensi Creative Commons

Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.