Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru MTs. Islamiyah Kota Kota Palangka Raya

Zainap Hartati, Noorazmah Hidayati

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas merupakan kendala yang sering dihadapi guru dalam mengembangkan profesionalismenya. Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan tentang penulisan Penelitian Tindakan Kelas. Pelatihan ini diikuti oleh para guru di MTs. Islamiyah Kota Kota Palangka Raya, sebanyak 16 orang. Metode yang digunakan adalah 1) memberikan materi teoretis dan praktis penelitian tindakan kelas, 2) memberikan pendampingan dalam pembuatan proposal penelitian tindakan kelas, 3) mengevaluasi kegiatan pelatihan penelitian tindakan kelas. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa para guru MTs. Islamiyah Kota Palangka Raya memiliki pemahaman dan kemampuan membuat proposal penelitian tindakan kelas. Pelatihan ini dapat efektif karena para guru MTs. Islamiyah Kota Palangka Raya memang memerlukan materi pelatihan penelitian tindakan kelas.

Keywords


pelatihan, penelitian tindakan kelas, dan guru MTs. Islamiyah Kota Palangka Raya.

Full Text:

PDF PDF

References


Buku panduan guru profesional: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) / Suyadi. Yogyakarta: Andi, 2012. http://opac.library.um.ac.id/oaipmh/../index.php?s_data=bp_buku&s_field=0&mod=b&cat=3&id=43992.

Chantler, K. “McNiff, J. and Whitehead J., Action Research Principles and Practice, Second Edition.” QUALITATIVE RESEARCH IN PSYCHOLOGY 3, no. 3 (2006): 253–55.

Indonesia dan Direktorat Tenaga Kependidikan. Materi akuntabilitas kinerja kepala sekolah dan guru, tahun 2012: antara lain: penelitian tindakan kelas, penelitian tindakan sekolah, panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan indikator, pembelajaran tatap muka penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri, bahan belajar mandiri kelompok kerja pengawas sekolah, pendidikan dan pelatihan dalam peningkatan profesionalisme guru, bagaimana melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK)., 2012.

Khasinah, Siti. “Classroom Action Research.” PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN 4, no. 1 (31 Desember 2013). https://doi.org/10.22373/pjp.v4i1.159.

Kurikulum 2013: Siapkah Guru Menyongsongnya? (III-Habis): Peran Strategi Guru Dan Penelitian Tindakan Kelas, 2012. http://repository.uinsu.ac.id/82/1/artikel%20koran%20yusuf%202.pdf.

Li, Mang, dan Yong Zhao. Exploring Learning & Teaching in Higher Education, 2015.

“Purpose and Definition of Classroom Action Research for Teachers - Psychology Education & Science.” Diakses 2 Desember 2021. https://www.journalpapers.org/2021/05/purpose-and-definition-of-classroom.html.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v1i2.797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 noor azmah hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

    

 

Diterbitkan oleh

Badan Penelitian Penelitian dan Pengabdian Masayarakat

STIQ AMUNTAI

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara

Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0811-5132-300

Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id

 

 

Lisensi Creative Commons

Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.