Usaha Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing Berbasis Perekonomian Di Desa Wonorejo Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar
Abstract
Abstrak
Mahasiswa Universitas Islam Balitar Blitar melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Wonorejo Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar khususnya di dukuh Gempol Kenceng. Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilakukan mulai tanggal 10 Agustus hingga 8 September 2022. Mahasiswa KKN UNISBA melakukan berbagai program kerja yang sangat bermanfaat diantaranya di bidang pendidikan yaitu melakukan dan membantu proses belajar mengajar untuk siswa–siswi SDN Wonorejo 2 kemudian juga ikut serta dalam perayaan HUT RI Ke-77 di SDN Wonorejo 2 dengan berbagai kegiatan mulai dari upacara bendera hari kemerdekaan RI hingga mengadakan lomba–lomba yang diadakan di SD tersebut. Kemudian di bidang UMKM membantu proses penjualan melalui market place serta lebih memudahkan konsumen dalam melakukan proses jual beli di berbagai daerah mulai dari dalam kota hingga luar kota juga luar negeri. Tujuan dari kegiatan ini Mengembangkan dan menerapkan serta menularkan ilmu yang telah di dapat oleh masyarakat kepada masyarakat dalam kegiatan–kegiatan KKN di Desa Wonorejo. Menciptakan hubungan baik antara institusi dengan masyarakat khususnya Desa Wonorejo. Memberikan sebuah pemahaman akan dunia yang setiap tahunnya mengalami perubahan. Membantu masyarakat memulihkan ekonomi berbasis teknologi. Metode yang digunakan observasi langsung dilingkungan masyarakat. Strategi yang digunakan adalah pendekatan kepada masyarakat setempat. Kesulitan yang dialami adalah belum ada pemasaran digital dan pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa. Hasil dari kegitan adalah Mahasiswa membuat akun media sosial berupa instagram dan membuat content yang akan diunggah untuk melakukan pemasaran berbasis teknologi. Mahasiswa memberikan pengalaman dalam kegiatan mengajar. Selain itu, membantu pihak sekolah dalam penataan ulang lingkungan sekolah.
Kata Kunci: Usaha, Pemberdayaan Masyarakat, Digital Marketing, Perekonomian
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Christenson, James A & Robinson, Jeryy W. 1989. Community development in perspective. Jr Ames: Iowa State University Press
Fitriyanti, Fadia, and Isthofaina Astuty. "Pengembangan Pemasaran Online Umkm Almeera Emping Dalam Rangka Meningkatkan Produktivitas Di Masa Pandemi Covid 19." Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 27.3 (2021): 247-251.
Putra, I. Made Aditya Mantara. "Pemasaran Produk UMKM Bagi Pelaku Usaha Melalui Media Sosial." Community Service Journal (CSJ) 2.2 (2020): 58-61.
Rahayu, T. Puji. 2022. Pelaku Kegiatan Ekonomi
Sholawati, Latah Diana, et al. "Upaya meningkatkan nilai ekonomi pelaku umkm melalui digital marketing di tengah pandemi Covid-19 Dusun Karanganyar." Abdipraja (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) 1.1 (2020): 8-13
Syifa, Yahya Ibnu, et al. "Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19." ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 2.1 (2021): 6-13.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v2i2.1434
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Desy Anindia Rosyida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat
index by:
Diterbitkan oleh
Badan Penelitian Penelitian dan Pengabdian Masayarakat
STIQ AMUNTAI
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471
Provinsi: Kalimantan Selatan
Telephone: 0811-5132-300
Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id
Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.