Pendampingan Mengerjakan Soal TOEFL Bagi Mahasiswa Program Studi Administrasi Perkantoran ITSNU Pekalongan

Aria Mulyapradana, Ary Dwi Anjarini, Aria Elshifa, Hafiz Gulam, M. Sammy Firdausy, Muhammad Afif Azmi, Muhammad Thoriqul Anwar, Nurul Aisyah Putri

Abstract


Sebanyak 39 peserta dari mahasiswa Program Studi Administrasi Perkantoran ITSNU Pekalongan tingkat akhir mengikuti pendampingan mengerjakan soal TOEFL. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu peserta dalam menghadapi soal-soal tes TOEFL guna memperoleh nilai yang diharapkan dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Metode yang digunakan observasi, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. Dari hasil kegiatan ini disimpulkan bahwa peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut karena materi sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh peserta agar peserta dapat mengerjakan soal-soal tes TOEFL dalam waktu yang sangat pendek sehingga memperoleh nilai yang sesuai dengan harapannya. Di kegiatan ini peserta memperoleh banyak informasi terkait pengerjaan soal-soal tes TOEFL dan strateginya dalam menjawab soal dengan adanya kegiatan ini peserta sudah siap dalam mengikuti tes TOEFL.

Keywords


Mahasiswa, Pendampingan, Soal, TOEFL

Full Text:

PDF

References


Fitria, Tira Nur, dan Iin Emy Prastiwi. “Pelatihan Tes TOEFL (Test of English Foreign Language) Untuk Siswa SMK/SMA, Mahasiswa, Dosen Dan Umum.” Jurnal Budimas 2, no. 2 (2020).

Hudha, Nurul, Alvin K. Ayuningtyas, dan Esthiwi Retno P. Upgrade Best Score TOEFL 600. Edited by Duwi Rahmadi and Fajar Wahyudi. 1st ed. Surakarta: Genta Smart, 2020.

Kartikawati, Dina, Aisyah Fitriningtyas, dan Wulandari Ika Frisdiana. “Peningkatan Kemampuan TOEFL Bagi Guru-Guru SMA Di Kabupaten Tulungagung.” J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 2, no. 1 (2014): 10–13.

Meladina, Hendra Putra, dan Syintia Wulan Sari. “Sosialisasi Cara Dan Tips Mengerjakan Soal TOEFL Pada Program Studi Diploma III Fisioterapi Universitas Fort De Kock Bukit Tinggi.” Empowering Society Journal 1, no. 2 (2020): 148–55.

Putrawan, Gede Eka, dan Rafista Deviyanti. “Pelatihan Bahasa Inggris Toefl-Like Test Bagi Siswa SMAN 4 Bandar Lampung.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Sakai Sambayan 1, no. 3 (2017).

Rojak, Octovianus Bin. “Pelatihan TOEFL ITP Untuk Mahasiswa Tingkat Akhir Politeknik Ketenagakerjaan.” Acitya Bhakti 2, no. 1 (2022).

Setyowati, Luluk. “Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Universitas Satya Negara Indonesia Melalui Pembelajaran IELTS Dan TOEIC Dengan Teknologi Aplikasi Android.” E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 10, no. 1 (2019): 126–30.

Silfia, Efa, Sri Dewi, Khidayatul Munawwaroh, Eka Melati, dan Lis Hafrida. “Pelatihan TOEFL Preparation Course Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas FKIP Universitas Batanghari.” Jurnal ABDIMAS ADPI Sosial Dan Humaniora 2, no. 4 (2021).

Sukmawan, Ramdan, Lusi Susilawati, dan Siska Hestiana. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman TOEFL Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sukabumi.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JpkMN) 2, no. 2 (2022): 41–52.

Sulaiman, Masagus, Sri Yuliani, dan Kurnia Saputri. “Pelatihan Toefl Bagi Mahasiswa Semester VII Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Um Palembang.” ABDINE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (2021): 190–95.

Wandini. Taklukkan TOEFL Dengan Mudah. Edited by Pratiwi. 1st ed. Yogyakarta: Penerbit Noktah, 2019.

Wardana, Muhammad Kiki, Wan Anayati, dan Mayasari. “Pelatihan Kemampuan Berbahasa Inggris (Speaking) Dengan Menggunakan Strategi IELTS Bagi Mahasiswa Sastra Cina Di Universitas Sumatera Utara (USU).” JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (2020): 53–57. http://www.djournals.com/jpm/article/view/114/73.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v3i1.2189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aria Mulyapradana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

    

 

Diterbitkan oleh

Badan Penelitian Penelitian dan Pengabdian Masayarakat

STIQ AMUNTAI

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara

Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0811-5132-300

Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id

 

 

Lisensi Creative Commons

Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.