Commarce Desa Untuk Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Masyarakat (UMKM) Kerajinan Cobek Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang

Muhammad Fadhil, Riki Nurfala

Abstract


Kegiatan Sistem Pemasaran berbasis E-Commarce adalah upaya untuk meningkatkan promosi dan kunjungan ke toko online. Mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah para pelaku UMKM Desa Kademangan. Mereka menghadapi kendala dalam memasarkan produk mereka, terbatas hanya pada pasar lokal karena minimnya pengetahuan tentang pemasaran digital. Oleh karena itu, pelatihan menjadi penting bagi penduduk Desa Kademangan, terutama kelompok UMKM, agar mereka dapat memahami dan menggunakan pemasaran produk melalui E-Commarce. Kegiatan Pengabdian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada pendekatan institusional dan partisipatif. Pendekatan institusional melibatkan komunikasi langsung dengan mitra untuk memahami kebutuhan dan masalah yang dihadapi oleh mereka. Pendekatan partisipatif melibatkan peserta pelaksanaan pengabdian dalam berbagai kegiatan, seperti diskusi, sosialisasi tentang IPTEKS, pelatihan, dan pendampingan dalam pembuatan platform E-Commarce untuk produk pelaku UMKM. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan pemasaran berbasis E-Commarce ini diterima dengan baik oleh peserta di Desa Kademangan, dan mereka telah mahir dalam menggunakan platform tersebut untuk memasarkan produk.


Keywords


UMKM, E-Commarce, Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Aulia Nursyifani, Yacobo P. Sijabat. “Upaya Peningkatan UMKM Berbasis Inovasi Dan Kreativitas Di Masa Pandemi.” Jurnal Economica Vol. 9 No. 2, no. 2 (2021).

Hendriyani. “Kemenparekraf Percepat Digitalisasi Produk dan Jasa Subsektor Ekraf Melalui “Baparekraf Digital Innovation Lab 2022,” 2022.

Idah, Yusida Munsa, dan Muliasari Pinilih. “Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM.” Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers “Pengembangan Sumber Daya Pedesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX” 9, no. 1 (2020).

Rahmidani, Rose. “Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan.” Seminar Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi(Snema) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang 5, no. 1 (2015).

Rakanita, Amanda Mastisia. “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak.” Jutnal EKBIS 20 (2) (2019).

Rochmadi, Ikhsan. “Analisis Dampak Perdagangan Bebas dan Global pada Bergesernya Nilai Budaya, Prinsip dan Tujuan Koperasi.” Jurnal Ekonomika 4, no. 2 (2011).

Sarfiah, Sudati, Hanung Atmaja, dan Dian Verawati. “UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa.” Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan) 4, no. 2 (2019). https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952.

Tumangkeng, Steeva. “Analisis Potensi Ekonomi Di Sektor Dan Sub Sektor Pertanian, Kehutanan Dan Perikanan Kota Tomohon.” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 18, no. 1 (2018).

Tyas, E.H. Mmenggapi Mimpi Melalui Enterpreneurship. Jakarta: UKI Press, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v4i1.2921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

    

 

Diterbitkan oleh

Badan Penelitian Penelitian dan Pengabdian Masayarakat

STIQ AMUNTAI

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara

Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0811-5132-300

Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id

 

 

Lisensi Creative Commons

Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.