Sosialisasi Pentingnya Identitas Visual Sebagai Branding Untuk Membangun Citra Positif Produk Lokal
Abstract
Pengabdian masyarakat dengan judul “Sosialisasi Pentingnya Identitas Visual sebagai Branding untuk Membangun Citra Positif Produk Lokal” dilaksanakan pada 4 September 2024 di Pedukuhan Dengokan, Srigading, Sanden, Bantul. Program ini melibatkan Kelompok Wanita Tani (KWT) Dadi Makmur, yang aktif memproduksi makanan lokal seperti sambal teri, keripik pisang, dan olahan jahe. Meskipun produknya berkualitas dan cukup dikenal di pasar lokal, ternyata banyak yang tidak mengetahui produk tersebut merupakan produk dari KWT. Sehingga identitas suatu produk murni diperlukan, salah satunya berupa logo. Selain itu, dengan adanya identitas visual, diharapkan semakin memperluas jangkauan pasar produk KWT tersebut. Kegiatan ini, proses pengabdian terdiri dari empat tahap, yaotu perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan penutup. Sebelum tahap pelaksanaan, peserta diberikan pre-test terlebih dahulu. Dalam tahap pelaksanaan, terdapat tiga sesi utama. Sesi pertama memperkenalkan konsep identitas visual, mencakup elemen logo, warna, dan tipografi melalui presentasi visual dan contoh kasus. Sesi kedua berfokus pada studi kasus dan diskusi tentang branding, menganalisis keberhasilan produk lain dalam membangun citra positif melalui desain. Diskusi ini memberikan wawasan kepada peserta mengenai strategi branding yang efektif untuk diterapkan pada produk KWT. Sesi ketiga berupa workshop praktis menggunakan platform Canva, di mana peserta mempraktikkan pembuatan logo dan elemen visual lainnya. Peserta mendapatkan panduan langsung dari pemateri, yang juga memberikan umpan balik konstruktif untuk menyempurnakan hasil desain. Hasil desain peserta menjadi langkah awal untuk penguatan branding produk lokal KWT. Di sesi penutup, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya, diikuti oleh post-test yang menunjukkan peningkatan pemahaman peserta mengenai branding dan identitas visual. Hasil program ini diharapkan dapat membantu KWT Dadi Makmur meningkatkan citra produk mereka, menjangkau pasar yang lebih luas, dan mendorong daya saing di era digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adri, Rantih Fadhlya. “Pengaruh Pre-Test Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar.” Menara Ilmu 14, no. 1 (2020). https://doi.org/10.31869/mi.v14i1.1742.
Bastian, Rina, Syur’aini Syur’aini, and Ismaniar, Ismaniar. “Pengaruh Sosialisasi Dalam Keluarga Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di Masyarakat Desa Koto Lamo Sumatera Barat.” Indonesian Journal of Adult and Community Education 2, no. 1 (March 27, 2023). https://doi.org/10.17509/ijace.v2i1.28286.
Dwi Novri Asmara, Antik Estika Hader, and Mia Sartika Sari. “Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Muatan Bahasa Indonesia Kelas Iii Sdn Desa Tanjung Putus.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, no. 3 (July 31, 2023). https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1575.
Hasan, Hasan, Amaliah Amaliah, Nadya Dwi Frastika Mada, Normanita Normanita, Nur Liana, Nurmaliana Nurmaliana, and Ruliah Safitri. “Pelatihan Membuat Media Promosi Sederhana dengan Aplikasi Canva Bagi Pengrajin di Tabalong Mati.” Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (February 19, 2023). https://doi.org/10.35931/ak.v3i1.1527.
Hasanah, Ismatul, Anggun Putri Gianti, Siti Nur Aisah, and Adi Rama. “Strategi Membangun Branding Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah.” Journal of Creative and Innovative Entrepreneurship 4, no. 2 (July 17, 2024). https://doi.org/10.35931/ak.v3i1.1527.
Magdalena, Ina, Miftah Nurul Annisa, Gestiana Ragin, and Adinda Rahmah Ishaq. “Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04.” Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 3, no. 2 (2021).
Muzalifah, Muzalifah, Musyarapah Musyarapah, St Rahmah, Rahmawati Rahmawati, Vita Yudi Saputra, and Sapto Pamungkas. “Pendampingan dan Optimalisasi Jual Beli Berbasis Online pada Pedagang Pasar Malam di Kota Palangka Raya.” Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (April 30, 2023). https://doi.org/10.35931/ak.v3i1.1929.
Narayana, I Wayan Gede, Winarta, Kadek Ayu Saraswati, Dewi, Ni Made Rai Masita, N, I W Bandem Wahyu Pratama, Narotama, Anak Agung Ngurah Bajra Dipa, and Samsudin, Mamuhamad. “Pengembangan Branding Produk Dan Strategi Digital Marketing Pada Umkm Balinese Project.” Journal of Community Empowerment and Innovation 3, no. 3 (August 8, 2024). https://doi.org/10.47668/join.v3i3.1313.
Nazhif, Muhammad Naufal, and Isna Nugraha. “Branding Umkm Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Ecoprint Andin Collection.” Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 7, no. 1 (March 8, 2023). https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.12673.
Nufuz, Ananur Khayatun, and Maria Augustine Graciafernandy. “Pengaruh keterampilan menjual, perilaku penjualan adaptif dan orientasi pelanggan terhadap kinerja tenaga penjualan.” Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis 17, no. 1 (April 22, 2024). https://doi.org/10.26623/jreb.v17i1.8349.
Panjalu, Jatiro Feshago, RR. Siti Muslikhah, and Tri Lestari Wahyuning Utami. “Pemasaran Digital untuk Branding dalam Pengembangan UMKM di Indonesia.” Jurnal Informatika Komputer, Bisnis dan Manajemen 22, no. 1 (January 30, 2024). https://doi.org/10.61805/fahma.v22i1.109.
Priyono, and Yona Desni Sagita. “Sosialisasi Penggunaan Handphone Dan Media Sosial Secara Bijak Pada Siwa Smpn 1 Bangunrejo Lampung Tengah.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ungu( ABDI KE UNGU) 4, no. 3 (December 29, 2022). https://doi.org/10.30604/abdi.v4i3.754.
Rosyida, Desy Anindia, Rima Vera Zubaidah, Ivandio Ramadhan Permana, and Ilyas Nur Adiyanto. “Usaha Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing Berbasis Perekonomian Di Desa Wonorejo Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar.” Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (December 31, 2022). https://doi.org/10.35931/ak.v2i2.1434.
Santoso, Meilanny Budiarti, Moch Zainudiin, and Dessy Hasanah Siti Asiah. “Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Melalui Sosialisasi Kebiasaan Hidup Baru Di Masa Pandemi Covid-19” 2 (n.d.).
Siregar, Tiur Malasasari, Bertua M G Siahaan, and Rona Maruli Siringo-ringo. “Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-test pada Mata Pelajaran Matematika dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran di SMA Swasta Cahaya Medan.” ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin 3, no. 1 (2023). https://doi.org/10.56799/jim.v3i1.2622.
Widaryanti, Widaryanti, Luhgiatno Luhgiatno, and Lilies Sri Sumarsih. “Model Pembentukan Mindset Kewirausahaan Bagi Generasi Z Pada Siswa Smk Pelita Nusantara I Semarang.” Jurnal Abdimas Indonesia 1, no. 3 (November 10, 2021). https://doi.org/10.53769/jai.v1i3.123.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v5i1.4438
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prahenusa Wahyu Ciptadi, Gema Kharisma Jati, Tri Hastono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat
index by:
Diterbitkan oleh
Badan Penelitian dan Pengabdian Masayarakat
STIQ AMUNTAI
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471
Provinsi: Kalimantan Selatan
Telephone: 085251613000
Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id
Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.