Optimalisasi Media Sosial Sebagai Media Edukasi dan Promosi Webinar Online di PT. Naruna Karya Bersama

Fadila Naura Ardani, Muhadjir Anwar

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial, khususnya Instagram, sebagai media edukasi dan promosi pada akun @bumil_pintar milik PT. Naruna Karya Bersama. Kegiatan ini dilakukan melalui beberapa tahapan strategis, mulai dari observasi terhadap performa konten yang telah ada, penyusunan perencanaan konten yang relevan dengan kebutuhan target audiens, penjadwalan unggahan secara teratur menggunakan Meta Business Suite, hingga evaluasi berkala melalui fitur Instagram Insight. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam frekuensi unggahan, jangkauan audiens, dan tingkat interaksi, terutama setelah pemanfaatan konten edukatif, visual yang menarik, serta fitur Reels yang terbukti mampu meningkatkan daya tarik. Selain itu, komunikasi lanjutan melalui WhatsApp memberikan bukti bahwa media sosial berperan efektif sebagai jembatan komunikasi antara perusahaan dan calon pelanggan. Optimalisasi ini memperkuat fungsi Instagram tidak hanya sebagai sarana promosi, tetapi juga sebagai media informasi yang membangun kedekatan, kepercayaan, dan loyalitas audiens secara berkelanjutan.


Keywords


Media Sosial, Strategi Konten, Pemasaran Digital, Promosi

Full Text:

PDF

References


Daud, Syahril, Feri Hermawan, Haichal Badry, and Daniel Yahadi. ‘Optimalisasi Media Sosial Dan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Umkm Kuliner Pempek “ Rusdan ” Di Bandar Lampung’. Multilingual: Journal of Universal Studies 5, no. 1 (2025). https://ejournal.penerbitjurnal.com/index.php/multilingual/article/view/1060.

Lawrence, Alexandromeo. ‘Apa Itu Insight Instagram? Manfaat, Fitur, dan Cara Mengaktifkannya’. Content Marketing. Makinrajin - Digital Marketing Agency Terbaik di Indonesia, 23 February 2023. https://makinrajin.com/blog/insight-instagram/.

Manic, Marius. ‘Short-Form Video Content and Consumer Engagement in Digital Landscapes’. Bulletin of the Transilvania University of Brasov. Series V: Economic Sciences 17, no. 66 (2024). https://doi.org/10.31926/but.es.2024.17.66.1.4.

Nur Ahmas, Ahmad Almaududi, Tris Sutrisno, and Ina Ratnasari. ‘Upaya Peningkatan Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil dan Menengah melalui Inovasi Desain Kemasan dan Pemasaran Produk di Kabupaten Karawang’. Selaparang 6, no. 1 (2022). https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7625.

Paramita, Made Karina Puspa, Luh Eka Susanti, and Bondan Pambudi. ‘Peranan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran’. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis 2, no. 4 (2023). https://doi.org/10.22334/paris.v2i4.392.

Rahmawati, Eka Putri, and Sugeng Purwanto. ‘Optimasi Media Sosial Instagram Sebagai Penunjang Digital Marketing Pada PT Disty Teknologi Indonesia’. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 3 (2022). https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/158.

Ramadhan, Nuzul Zaif Mahdiono, Ulya Anisatur Rosyidah, and Mifathur Rahman. ‘Analisa Engagement Rate Untuk Optimalisasi Pemasaran Di Instagram Pada UMKM Online Berbasis Website’. Jurnal Smart Teknologi 4, no. 3 (2023): 3. https://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JST/article/view/13492.

Sabella, Cintya, and Dewi Deniaty Sholihah. ‘Pemanfaatan Instagram Sebagai Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Di Kelurahan Gunung Anyar Tambak’. JURNAL AKADEMIK PENGABDIAN MASYARAKAT 2, no. 3 (2024). https://doi.org/10.61722/japm.v2i3.1418.

Siallagan, Naomi, and Sholihul Abidin. ‘Fenomena Konten Repost Sebagai Komunikasi Pemasaran Digital Pada Instagram @pstore_batam’. SCIENTIA JOURNAL : Jurnal Ilmiah Mahasiswa 6, no. 5 (2024). https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/scientia_journal/article/view/9067.

Sulastri, D., and A. Nugraha. ‘Strategi Pemasaran Digital Untuk UMKM Produk Lokal Di Masa Pandemi’. Jurnal Ekonomi Kreatif Dan Kewirausahaan 4, no. 2 (2021).

Syaiful, Syaiful, Muhammad Darrin Zuhri, Fredy Yunanto, Mohammad Rudiyanto, and Ria Kasanova. ‘Optimalisasi Usaha Mikro Melalui Pendampingan Manajerial Dan Pemasaran Di Desa Sentol Pamekasan’. Jurnal Literasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 3, no. 1 (2024). https://doi.org/10.61813/jlppm.v3i1.47.

Tarihoran, Jessie Elita, Muarifah Ika Mardiani, Novelia Dwi Putri, Rista Sari Novareila, Alfira Sofia, and Ida Farida Adi Prawira. ‘Pentingnya Sosial Media Sebagai Strategi Marketing Start-UP Di Indonesia’. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang 9, no. 1 (2021). https://doi.org/10.32493/jk.v9i1.y2021.p72-78.

The Global Statistics. ‘Instagram Users in Indonesia - March 2025’. Napoleon Inc., March 2025. https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2025/03/.

Zakia, Emily. ‘Pengguna Media Sosial Tembus 5 Miliar di 2025’. GoodStats Data. https://data.goodstats.id/statistic/pengguna-media-sosial-tembus-5-miliar-di-2025-5rzpR.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v5i2.5308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fadila Naura Ardani, Muhadjir Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

          

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303