OPTIMALISASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN ANAK-ANAK DESA CAKRU MELALUI KEGIATAN BELAJAR MALAM

Hasan Hasan, Muhammad Syihabuddin, Basuki Rahmat, Muhammad Rijali, Zamzami Zamzami, Abdurraman Abdurraman, Ubai Dillah

Abstract


Pengoptimalan nilai-nilai keagamaan dapat dilaksanakan dengan cara apapun dan kapanpun, salah satunya dengan cara belajar malam. Belajar malam yang diadakan oleh mahasiswa KKN adalah sebuah kegiatan pembelajaran yang didalamnya bukan hanya tentang pembelajaran saja namun juga ada penanaman nilai-nila agama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan belajar malam dalam mengoptimalisasikan nilai-nilai keagamaan anak-anak desa Cakru. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif dengan menjadikan Mahasiswa KKN didesa Cakru sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis untuk mendaptkan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: Pelaksanaan kegiatan Belajar Malam didesa Cakru dilaksanakan dengan mekanisme yang telah ditentukan yaitu perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan kegiatan. Pelaksanaan kegiatan ini mempunyai rentetan kegiatan yaitu Pemberian Motivasi, penambahan wawasan nilai keagamaan, pemberian nasehat, pembelajaran tahsin bacaan, mengaji bersama, mengajarkan ilmu agama, Pelatihan Adzan, Pelatihan Imam, Pelatihan Sholat berjamaah dan lain-lain

Kata Kunci: Optimalisasi, Nilai-nilai Keagamaan, Belajar Malam

Full Text:

PDF

References


A. Sonny Keraf. Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2010.

Ali Hakim. “Program ‘Belajar Malam’ Studi Kasus Di MTS Muhammadiyah Al-Manar Desa Kenduren Kecamatan Wedung Kabupaten Demak Tahun 2018,” 2019.

Lexy J. Moelong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

Maksudin. Pendidikan Nilai Komprehensif: Teori dan Praktik. Jakarta: UNY Press, 2009.

Mohammad Daud Ali. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2010.

Muhammad Azmi. Pembinaan Akhlak Anak Usia Pra-Sekolah: Upaya Mengefektifkan Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Keluarga. Yogyakarta: Belukar, 2006.

Nana Syaodih Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v1i1.699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat



Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

    

 

Diterbitkan oleh

Badan Penelitian Penelitian dan Pengabdian Masayarakat

STIQ AMUNTAI

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara

Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0811-5132-300

Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id

 

 

Lisensi Creative Commons

Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.