KESEJAHTERAAN SOSIAL PEREMPUAN DI DESA PULANTANI KECAMATAN HAUR GADING

Husin Husin, Nita Azizah, Rif’ah Rif’ah, Siti Khadijah

Abstract


Abstrak
Di era modern, paradigma tentang perempuan telah mengalami perubahan. Perempuan yang dulunya hanya bertugas mengurus rumah tangga saja, kini telah mengalami perubahan. Di masa modern ini, banyak perempuan yang memasuki dunia kerja. Meskipun mereka bekerja, mereka juga tidak melupakan perannya sebagai seorang ibu, dan juga istri. Hal ini dikarenakan kemampuan multitasking yang dimilikinya sehingga mereka dapat menjalankan setiap peran dan tugasnya secara bersamaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah perempuan/ibu-ibu pekerja di desa Pulantani. Untuk memperoleh informasi dan data yang diperlukan peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Di desa Pulantani Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara, mayoritas perempuan di sana bekerja sebagai pengrajin kerajinan anyaman tangan dari purun. Kerajinan tangan tersebut berupa tikar, tas, jambil, dompet dll. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Perempuan dapat meningkatkan kesejahteraan dalam keluarga, hal ini sesuai dengan hasil wawancara dengan salah satu ibu-ibu di desa Pulantani bahwa penghasilan yang mereka peroleh dalam satu minggu berkisar antara 100 ribu cukup untuk membeli kebutuhan sehari-hari seperti bumbu dapur dll. 2) Motivasi bekerja bagi perempuan di Desa Pulantani terdiri dari dua motivasi, untuk menambah penghasilan dan pemenuhan kesehatan jiwa dan raga, hal ini dikarenakan bekerja dapat menghilangkan rasa stress bagi perempuan setelah lelah mengurus rumah tangga. 3) Pelestarian kearifan lokal, menjadi pengrajin kerajinan tangan anyaman purun dilakukan oleh perempuan atau ibu-ibu untuk dapat melestarikan kearifan lokal di desa tersebut. Berdasarkan hasil wawancara menujukan bahwa keterampilan membuat kerajinan anyaman purun seperti tikat, tas, dompet, telah diwarisakan secara turun-temurun.
Kata kunci: Kesejatreaan, sosial, perempuan.

Full Text:

PDF

References


Aswiyati, Indah. “Peran Wanita dalam Menunjang Perekonomian Rumah Tangga Keluarga Petani Tradisional untuk Penanggulangan Kemiskinan di Desa Kuwil Kecamatan Kalawat.” Jurnal Holistik Vol. 9, No. 17 (2016).

Departemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahan. Jakarta: Darul Sunnah, 2012.

Erziaty, Rozzana, dan S Purnamasari. “Strategi Manajemen Syariah Usaha Wanita Perajin Anyaman Purun Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga Di Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara.” Jurnal Ekonomi Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah Vol. 3 No. 3 (2017).

Hadari, Ahlus. Skripsi “Peran Buruh Perekonomian Keluarga di Desa Lampeji Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember (Studi Kasus Buruh Gudang Tembakau Ud. Jaya Seputih).” Jember: Institut Agama Islam Negeri Jember, 2020.

Hidayah, Wahyu Nur. Skripsi “Nilai Kepemimpinan Perempuan.” Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga, 2018.

Ilmiah, Widiatul. Skripsi “Peran Wanita dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga Melalui Koperasi Syariah Wanita Al-Amanah di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan.” Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, 2020.

Kardini, Ni Luh. “Peranan Perempuan dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Desa Pinggan Kintamani.” Jurnal Sewaka Bhakti Volume 4, Nomor 1 (2020).

Khasanah, Faridatul, dan Rinda Asytuti. “Kontribusi Pendapatan Perempuan Pada Usaha Rumahan (Home Industry) Emping Melinjo Terhadap Pendapatan Keluarga.” BERDAYA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No.1 (2020).

Mutmainah, Nur Fitri. “Peran Perempuan dalam Pengembangan Ekonomi Melalui Kegiatan UMKM di Kabupaten Bantul.” Jurnal Wedana Volume VI No 1 (2020).

Oktari, Cut Farianah dan Sartiyah. “Peran Perempuan Pedesaan dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga di Kabupaten Aceh Besar.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Vol.5 No.2 (2020).

Prabandari, Dyah, Ricky Avenzora, dan Tutut Sunarminto. “Kearifan Lokal untuk Pengembangan Ekowisata di Kota Bogor.” Media Konservasi Vol 23, No. 3 (2018).

Rohmelawati. “Peran Perempuan dalam Meningkatkan Sektor Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Petugas Kebersihan Jalan Perempuan).” Magenta Vol. 8, No. 2 (2020).

Rosalina, Amitya Betty, dan Iriani Indri Hapsari. “Gambaran Coping Stress pada Ibu Rumah Tangga yang Tidak Bekerja.” Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi Vol. 03, no. No.1 (2016).

Said, Dede Hafirman. “Peran Istri dalam Membangun Ekonomi Keluarga Menurut Perspektif Hukum Islam di Kecamatan Panyabungan Kota.” AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam Volume V No. 2 (2020).

Samsidar. “Peran Ganda Wanita dalam Rumah Tangga.” An Nisa’ Vol. 12, No. 2 (2019).

Soenarto. Perubahan Pola kehidupan Masyarakat Akibat Pertumbuhan Industri di Daerah Kalimantan Selatan. Kalimantan Barat: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1990.

Sudirman, Dadang. “Kontribusi dan Motivasi Bekerja Wanita dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga.” Al-Ulum Ilmu Sosial dan Humaniora Vol.1, No.2 (2016).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2018.

Surya Patria, Asidigianti, dan Siti Mutmaniah. “Kerajinan Anyam Sebagai Pelestarian Kearifan Lokal.” Dimensi Vol.12 No.1 (2015).

Wangka, Novriani Monika. “Kontribusi Pekerja Perempuan dan Belenggu Peran Kultur (Studi Kasus Bagi Pekerja Perempuan Pembersih Jalan Desa Mkcm Pune Kabupaten Halmahera Utara).” Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies (JIPAGS) Volume 3 Nomor 1 (2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v1i1.701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat



Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

    

 

Diterbitkan oleh

Badan Penelitian Penelitian dan Pengabdian Masayarakat

STIQ AMUNTAI

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara

Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0811-5132-300

Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id

 

 

Lisensi Creative Commons

Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.