Problematika dalam Menghafal Al-Qur’an Bagi Anak Balita di Rutaba Hijrah Sulingan

Hasan Hasan, Dwi Budiarti, Khadijah Khadijah, Nor Izatil Hasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika dalam menghafal Al-Qur’an bagi anak-anak balita di Rutaba Hijrah Sulingan serta bagaimana solusi terhadap masalah tersebut. Rumusan masalah Apakah masalah yang dihadapi anak- anak balita dalam menghafal Al-Qur’an di Rutaba Hijrah Sulingan dan bagaimana solusi terhadap masalah dalam kemampuan menghafal Al-Qur’an bagi anak-anak balita di Rutaba Hijrah Sulingan. Penelitian ini dilaksanakan di Rutaba Hijrah Sulingan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada beberapa ustadzah di Rutaba Hijrah Sulingan. Dari hasil pembahasan menunjukkan bahwa masalah yang dihadapi anak-anak dalam menghafal Al-Qur’an.  Ini terlihat dari hasil penelitian bahwa dalam penelitian ini merasa malas untuk menghafal, menghafal bukan dari hati melainkan paksaan dari orang tua, anak-anak sering tidak hadir dalam kegiatan pembelajaran sehingga tertinggal akan hafalan, tidak melakukan murajaah sehingga hafalan banyak yang lupa, dan bacaan belum lancar, anak-anak masih belum dapat membagi waktu dalam menghafal Al-Qur’an. Solusi akan masalah yang ada maka menjalin komunikasi yang baik antar orang tua anak didik dengan ustadz dan ustadzah agar dapat mengontrol anak dengan baik, dalam menghafal anak-anak tidak mendapat paksaan dari pihak manapun, dan memberikan motivasi serta reward agar menumbuhkan semangat menghafal Al Qur’an bagi anak-anak.


Keywords


Problematika, Menghafal Al-Qur’an, Rutaba Hijrah Sulingan

Full Text:

PDF

References


Agustina, Mierani Ngadri Yusro, dan Syaiful Bahri. Strategi Peningkatan Minat Menghafal Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Ar-Rahmah Curup. Jurnal Kependidikan Vol. 14 No. 1, 2020.

Hamid, Abdul. Pengantar Studi Al-Qur’an. Jakarta: Kencana, 2016.

Jannah, Raudatul, “Efektivitas Metode Tabarak Dalam Menghafal Al-Qur’an Ditinjau Dari Gaya Belajar di SDIT Yayasan Huda Wan Nur” Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 4, No. 2. 2017.

Liansyah, Annisa Fadhilah dan N. Achadianingsih. Penggunaan Metode Ummi dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Membaca Al-qur’an Bagi Ibu Rumah Tangga. Jurnal COMM-EDU Vol. 3, No. 3, 2020.

Ni’mah, Azimatun, Tahfidz Al-Qur’an Guidance. Surabaya: Global Aksara Pres, 2021.

Solahudin, Agus dan Agus Suryadi, Ulumul Hadis. Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Supriono, Iwan Agus & Atik Rusdiani, Implementasi Kegiatan Menghafal Al-Quran Siswa Di Lptq Kabupaten Siak. Jurnal Isema: Islamic Educational Management 4 no.1. 2019. DOI:10.15575/isema.v3i2.5281

Yunus, Mukhtar, Solusi Al-qur’an mengatasi problematika keluarga Islam. Sulawesi Selatan: IAIN Parepare Nusantara Press, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v4i1.853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

    

 

Diterbitkan oleh

Badan Penelitian Penelitian dan Pengabdian Masayarakat

STIQ AMUNTAI

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara

Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0811-5132-300

Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id

 

 

Lisensi Creative Commons

Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.