استخدام مرسوفيلامي الذكي في مهارة الكلام اللغة العربية

Rohmatun Nurul Hidayah

Abstract


Mengajar kosa kata membutuhkan media pengajaran untuk membantu siswa memahaminya. Media Pengajaran bahasa adalah kebutuhan penting yang harus digunakan guru untuk mempermudah pengajaran bahasa asing. Permainan bahasa penting untuk perkembangan jiwa murid, untuk menambah pengetahuan dan kata dan lain-lain yang tidak diketahui sebelumnya. Mereka akan mempelajari kosa kata baru agar bisa berbicara dengan berbagai kata. Penggunaan permainan bahasa Marsufilami pintar dalam pengajaran bahasa Arab dua bagian: Pertama, permainan dengan pengajaran. Pembelajaran dengan permainan menggunakan permainan dalam pengajaran kosakata untuk menghilangkan menghilangkan kebosanan dalam belajar dan memberikan kesenangan kepada siswa dan mengembangkan kosa kata atau menambah kosa kata dan mempermudah mereka dalam mengajar kosa kata.
Marsufilami Cerdas adalah Permainan yang membutuhkan kecerdasan, jujur dan cepat untuk para pemain yang ada di dalamnya. Salah satu pemain akan menjadi pemenang. Permainan ini dimulai di kotak "Awal" dengan melanjutkan. Pemain yang berdiri di salah satu senjata layak untuk membelinya dengan harga yang ditentukan di papan permainan. Jika pemain tidak memilih untuk membeli dana, bank berhak menjualnya ke pemain lain. Sementara pemain berdiri di kotak "peluang", ada baiknya mengambil kartu pertanyaan.

Kata Kunci: Permainan Bahasa, Marsufilami Cerdas, Pengajaran

Full Text:

PDF

References


البرين، عبد الرحمن أحمد، اللغة العربية أصل اللغات كلها. درالاردان : دار الحسين 1998.

جابر، أحمد خيري محمد كاظم وجابر عبد الحميد، الوسائل التعليمية والمنهج. القاهرة: دار النهضة العربية،1997.

الجرجاني، علي بن محمد، كتاب التعرفات. بيروت:دار الكتب العلمية 1988.

جني، أبو الفتح عثمان بن ، الخصائص. مصر: دار الكتب المصري، دون السنة.

العزيز ،ناصف مصطفى عبد، الألعاب اللغوية في تعليم اللغات الأجنبية مع تمثلة التعليم العربية لغيرالناطقين بها. الرياض: دار المرية، 1983.

عليان، أحمد فؤاد محمود، المهارات اللغوية وماهيتها وطرائق تدريسها. رياض : دار المسلم للنشر والتوزيع ، 1992.

الغلايين، مصطفى، جامع الدروس العربية. بيروت: دار الفكر،2004.

منصور، عبد المجيد سيد أحمد، سيكولوجية الوسائل التعليمية ووسائل تدريس اللغة العربة. الرياض: دار المعارف 1983.

Alimatussholikha, Dian. Permainan Edukatif Monopoli dan Ular Tangga sebagai Media Latihan Soal Fisika Pokok Sifat Bahasa Gaya Kelas VIII di MTsN Yogyakarta I. Yogyakarta: Pendidikan Fisika dan Teknologi SAINTEK. 2008.

Arsyad, Azhar Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press. 2002.

Brady, Maxine The Game Book: Strategi and Tactics of the World's Most Popular Game. Jakarta: Prenata Media. 2005.

Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2000.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v2i2.142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indeksasi

 

      Moraref  ONESEARCH PERPUSNAS

          

  

 

 

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Contact Us : Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 0852-4815-2304
Email: almiyar@stiq-amuntai.ac.id

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Free counters!

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.