PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB BERBASIS PERMAINAN MY HAPPY ROUTE PADA SISWA KELAS VIII MTsN 10 SLEMAN

Nurul Isnaini, Nurul Huda

Abstract


Kosakata merupakan modal pertama bagi pemakai Bahasa baik komunikasi verbal maupun tekstual. Namun, pada umumnya proses pembalajaran kosakata masih kurang inovatif dan fun. Guru sering menggunakan metode (ceramah) dengan menampilkan kosakata dan meminta siswanya untuk melafalkannya. Alangkah baiknya jika dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan menggunakan media yang menarik, menyenangkan, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dan dapat menjadi perantara atau memudahkan siswa dalam penguasaan kosakata bahasa Arab. Maka Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran my happy route dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab di kelas VIII MTsN 10 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) Borg and Gall. Prosedur penelitian menggunakan 8 langkah. Produk ditinjau oleh dosen pembimbing, ahli materi, dan ahli media. Instrumen yang digunakan berupa angket, soal pre-test dan post-test untuk mengetahui kualitas dan pengaruh media terhadap pembelajaran kosakata bahasa Arab. Hasil penelitian ini terciptanya media pembelajaran kosakata bahasa Arab berupa permainan my happy route kelas VIII tingkat Madrasah Tsanawiyah dengan mengambil tema bab III. Hasil uji coba menunjukkan nilai positif dilihat dari peningkatan nilai belajar yang meningkat dari nilai rata-rata 60,85 menjadi 82,97 dan respon siswa dengan persentase 88% yang menunjukkan kriteria positif. Hasil ini diupayakan dapat menumbuhkan semangat guru dalam mencipkatan media pembelajaran kosakata berbasis permainan penuh kreatif dan inovatif sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Kata kunci: pembelajaran kosakata, media pembelajaran, permainan, my happy route

Full Text:

PDF

References


Afandi, Rifki. Pengembangan Media Pembelajaran Permaianan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. INOP: Jurnal Inovasi Pembelajaran Volume 1 Nomor 1. 2015

Asori, Imam. Aneka Permainan: Penyegaran Pembelajaran Bahasa Arab. Surabaya: Hilal Pustaka. 2009

Deviana, Ade Destri استخدام لعبة الرمموز والصور في تعليم الإنشاء, Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II Malang, 2016.

Hakim, Muhammad Luqman dan Akhyar dan Asrowi. Pemanfaatan Media Pembelajaran Game Interaktif Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab. Arabi: Journal of Arabic Studies Volume 2. 2017. DOI: http://dx.doi.org/10.24865/ajas.v2i2.56

Hasnah, Siti. Pembelajaran Kosakata (Mufradat) Bahasa Arab Melalui Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahassiswa Pada Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Palu. Jurnal Penelitian Ilmiah 3. No. 1. 2015

Hirumi, Atsusi. Bermain Permainan Di Sekolah, Jakarta: Indeks. 2014

Indrawati, Nani. Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas Vii B Smp Melalui Teknik Permainan, Jurnal Lingtera Volume 3 No 2 2016. http://dx.doi.org/10.21831/lt.v3i2.11113

KMA RI No. 165 Tahun 2014. Tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI Dan Bahasa Arab Di Madrasah

Munir. Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab. Jakarta: Kencana, 2017.

Mustofa, Syaiful. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN-Malang Press, 2012.

Rosyidi, Abdul Wahab. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Malang Press, 2004

Sukiman, Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani, 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v3i1.156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indeksasi

 ONESEARCH PERPUSNAS      Dimension

______________________________________________________________________________________

Contact Us:

Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471
Provinsi: Kalimantan Selatan
Email: almiyar@stiq-amuntai.ac.id

__________________________________________________________________________

 

Free counters!

___________________________________________________________________

 

Lisensi Creative Commons

__________________________________________________________________

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.