ANALISIS TIPOLOGI MOBILE DICTIONARY “AL-KAMUS” DENGAN PENDEKATAN LEKSIKOGRAFI

Ratih Haryati, Denitia Berliani, Mustafiqul Hilmi, Nur Hasaniyah

Abstract


Perkembangan zaman yang kian modern menuntut segalanya menjadi lebih mudah dan praktis, berdampak pula pada perkembangan kamus. Kini banyak kamus berbasis aplikasi mobile yang bermunculan dan digemari oleh masyarakat, termasuk mobile dictionary “Al-Kamus” karya seorang dai Indonesia bernama Dr. Firanda Andirja Abidin, Lc. MA. Studi kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis tipologi dan kriteria ideal mobile dictionary “Al-Kamus” menggunakan pendekatan leksikografi. Sumber data penelitian berasal dari mobile dictionary “Al-Kamus” dan sumber data berupa literatur-literatur yang berkaitan dengan subyek penelitian. Analisis data menggunakan deskriptif analisis, dengan pendekatan leksikografi. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa mobile dictionary “Al-Kamus” termasuk dalam tipologi kamus bahasa (ditinjau dari segi tema), kamus dwibahasa (ditinjau dari segi jumlah bahasa), kamus digital ( ditinjau dari segi bentuk), kamus umum (ditinjau dari segi materi), dan berdasar susunannya Al-Kamus tidak menyajikan secara urut dari A-Z atau alif-ya, akan tetapi disajikan lebih praktis hanya dengan mengetikkan kata yang ingin diterjemahkan pada kolom pencarian. Al-Kamus pun memiliki banyak kelebihan yang ditawarkan sebagai nilai lebih dari aplikasi tersebut. Kemudian berdasarkan kriteria keidealan, kamus ini masih belum tergolong kamus ideal dan sempurna dikarenakan kategori kecermatan  yang belum terpenuhi walau kamus ini memiliki kriteria kemudahan, kelengkapan, dan keringkasan yang tergolong baik. Dengan demikian, berdasarkan hasil analisa peneliti secara keseluruhan Al-Kamus ini layak dan direkomendasikan sebagai salah satu referensi kamus digital yang dapat dimanfaatkan bagi para pemerhati bahasa Arab.


Keywords


Aplikasi, Kamus, Leksikografi, Tipologi

Full Text:

PDF

References


Agussalim, Andi, Yusring Sanusi B., dan Zuhriah Zuhriah. “Perancangan Kamus Digital Linguistik-Arab Berbasis Windows dan Android.” Nady Al-Adab 16, no. 2 (30 November 2019): 75. https://doi.org/10.20956/jna.v16i2.6657.

Aini, Nurul Lailatul, Irfai Fathurohman, dan Ristiyani Ristiyani. “Motivasi Dalam Pembelajaran Daring Materi Teks Laporan Hasil Observasi Di SMAN 2 Kudus.” Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra 5, no. 2 (12 April 2022): 563–81. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.7589.

Alhafidz, Ahmad Zaki. “The Existence of Arabic Print Dictionaries in the Digital Age Eksistensi Kamus Cetak Bahasa Arab Di Era Digital.” IJAZ ARABI: Journal of Arabic Learning 6, no. 1 (2023): 271–80. https://doi.org/10.18860 /ijazarabi.v6i1.19044.

Al-Jarf, Reima. “Specialized Dictionary Mobile Apps for Students Learning English for Engineering, Business and Computer Science.” Journal of Humanities and Education Development 4, no. 1 (2022): 01–09. https://doi.org/10.22161/jhed.4.1.1.

Anak Agung Istri Yudhi Pramawati. “Efektivitas Penggunaan Online Dictionary Sebagai Media Pembelajaran Penerjemahan.” Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) 12, no. 1 (31 Maret 2022): 41–45. https://doi.org/10.36733/jsp.v12i1.3746.

Batubara, Muhammad Hasyimsyah, dan Author Mahakarya. “Leksikografi Bergambar Indonesia-Gayo-Inggris-Arab: Konsep Dasar, Fungsi, Jenis, Dan Isi Kamus.” Mahakarya: Jurnal Mahasiswa Ilmu Budaya 2, no. 2 (31 Desember 2021): 53–62. https://doi.org/10.22515/mjmib.v2i2.4959.

Chaer, Abdul. Leksikografi & Leksikografi Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Dewandono, Wiranto Aji. “Leksikologi Dan Leksikografi Dalam Pembuatan Dan Pemaknaan Kamus.” Paramasastra 7, no. 1 (1 Maret 2020): 16–26. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v7n1.p16.

Fadhilah, Maulida Almas. “Analisis Karakteristik Aplikasi Kamus Arab-Indonesia Karya Tim Ristek Muslim.” Alsina : Journal of Arabic Studies 3, no. 2 (30 Agustus 2021): 201–18. https://doi.org/10.21580/alsina.3.2.5938.

Hayani, Fitra. “Leksikografi Arab (Sebuah Kajian Linguistik Terapan).” Shaut al Arabiyyah 7, no. 1 (27 Juni 2019): 1. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.7786.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Hu, Wenfei. “On the Translation Topology of Confucian Words in C-E dictionary: Structural Comparison and Feature Analysis.” Theory and Practice in Language Studies 12, no. 8 (1 Agustus 2022): 1592–1601. https://doi.org/10.17507/tpls.1208.15.

Huda, Nurul, dan Nabilah Ulfah. “Pengembangan Kamus Arab-Indonesia Sebagai Penunjang Penggunaan Buku Ajar Madrasah Tsanawiyah Di Kelas Viii.” alfazuna: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 3, no. 2 (24 Juni 2019): 211–30. https://doi.org/10.15642/alfazuna.v3i2.533.

Isnaini, Nurul, dan Nurul Huda. “Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Berbasis Permainan My Happy Route Pada Siswa Kelas Viii Mtsn 10 Sleman.” Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 3, no. 1 (14 Januari 2020): 1. https://doi.org/10.35931/am.v3i1.156.

Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora, 2011.

Kartini, Kartini, dan Miftahulkhairah Anwar. “Modalitas Bahasa Media Dalam Era Literasi Digital: Kajian Linguistik Sistemik Fungsional.” Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia 8, no. 1 (2023): 73–86. http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v8i1.18806.g10537.

Khairiyyah, Yaumil. “Pesan Dakwah Ustadz Firanda Andirja Abidin Di Youtube (Studi Analisis Wacana Teori Van Dijk).” UIN Alauddin Makassar, 2020. https://repositori.uin-alauddin.ac.id/19290/1/YAUMIL%20KHAIRIYYAH-0111010.pdf.

Kristiawan, Muhammad. Inovasi Pendidikan. Ponorogo: Wade Group, 2018.

Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2010.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Nasution, Khairina, Rah Lina, dan Rahi Mah. “A Dictionary Of Bilingual Morphosyntax Indonesian-Arabic: Lexicographic Studies.” Journal of Language and Linguistic Studies 17, no. 4 (2021): 2697–2706.

Opier, Ulfa Mawaddah Ahmad. “Pelaksanaan Game Scattergories Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab.” Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 6, no. 1 (2 April 2023): 95. https://doi.org/10.35931/am.v6i1.1564.

Rakhimovich, Jurabaev Bahodir. “Typological Features Of Dictionaries.” Eurasian Journal of Learning and Academic Teaching 5 (2022): 107–9.

Rees, Geraint Paul. “Online Dictionaries and Accessibility for People with Visual Impairments.” International Journal Of Lexicography 36, no. 2 (2 Juni 2023): 107–32. https://doi.org/10.1093/ijl/ecac021.

Ritonga, Mahyudin, Muhammad Ali, dan Muhammad Jalel Ritonga. “Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Fahm Al-Masmū’ Di Madrasah.” Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 6, no. 1 (2 April 2023): 29. https://doi.org/10.35931/am.v6i1.1592.

Sabila, Anis Nurma, dan Abdul Muntaqim Al Anshory. “Telaah Komponen dan Metode Penyusunan Kamus Hifdz al-Mufrodat (Memorizing Vocabularies): Kajian Leksikografi.” Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra 14, no. 1 (30 April 2023): 34–47. https://doi.org/10.31503/madah.v14i1.538.

Sapari, Nia Kurniati. Kompetensi Berbahasa Indonesia. Pusat Perbukuan Depdikbud, 2008.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2018.

Syihabuddin. Penerjemahan Arab-Indonesia Teori dan Praktek. Jakarta: Dirjen Depdiknas, 2016.

Taufiqurrochman. Leksikologi Bahasa Arab. Malang: UIN-Malang Press, 2008.

Uhame Binti Harun. “Analisis Komponen Kamus Al-Mufied Indonesia-Arab Perspektif Dr. Ali Al-Qasimy.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, no. 5 (2019): 639–47.

Yamin, Muhammad, Annisa Malika Putri, Rohimah Rohimah, Siti Chairunnisa, dan Muhammad Raihan Chaidar. “Kamus Digital sebagai Sarana Hifsul Mufrodah di Kelas VII-1 Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda.” Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo 3, no. 3 (2022): 37–45. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v3i3.6388.

Zahrah, Humairatuz, Wildana Wargadinata, dan Nurhasan Abdul Barry. “Analisis E-Dictionarry ‘Arab-Indonesia’ yang Tersedia di Playstore dengan Pendekatan Leksikologi.” Shaut al Arabiyyah 9, no. 1 (25 Juni 2021): 1. https://doi.org/10.24252/saa.v9i1.21494.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.2525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indeksasi

Moraref ONESEARCH PERPUSNAS SINTA 4 Dimension

______________________________________________________________________________________

Contact Us:

Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471
Provinsi: Kalimantan Selatan
Email: almiyar@stiq-amuntai.ac.id

__________________________________________________________________________

 

Free counters!

___________________________________________________________________

 

Lisensi Creative Commons

__________________________________________________________________

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.