BAHASA, BIAS GENDER DAN IDENTITASNYA PADA BUKU AL-ARABIYAH LIL INDUNIYSIYYIN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Yamin, Daud Lintang. “Bahasa Arab Sebagai Identitas Budaya Islam Dan Pemersatu Keberagaman Suku.” Ta’limi : Journal of Arabic Education and Arabic Studies 2, no. 1 (2023): 73–86. https://doi.org/https://doi.org/10.53038/tlmi.v2i1.60.
Antari, Luh Putu Swandewi. “Bahasa Indonesia Sebagai Identitas Nasional Bangsa Indonesia.” Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni 8, no. 1 (2019): 92–108. https://doi.org/10.5281/zenodo.3903959.
Devianty, Rina. “Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan.” Jurnal Tarbiyah 24, no. 2 (2017): 226–45. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/167/211.
Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21, no. 1 (2021): 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.
Farida. “Jamak Taksir Dan Cara Menerjemahkannya (Studi Kasus: Surah Ali Imran Terjemahan Tafsir Al-Mishbah).” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011.
Ghufron, Zaki, and Endang Saeful Anwar. Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Identitas Sosial: Studi Kasus Di Pusat Studi Islam Dan Bahasa Arab Jakarta Dan El Darosah Banten. Serang: Penerbit A-Empat, 2020.
Hasnah, Nur. “Bias Gender Dalam Buku Ajar Al-Arabiyah Linnaasyiin.” Humanisma : Jurnal of Gender Studies 1, no. 1 (2017): 61–74.
Isnaini, Rohmatun Lukluk. “Revitalisasi Peran Bahasa Arab Untuk Mengatasi Konflik Dalam Perspektif Multikultural.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 6, no. 1 (2018): 15–26. https://doi.org/10.21831/jppfa.v6i1.22554.
Kalsum, Umi, and Liani Sari. “Studi Gender Dalam Bahasa Arab.” Al-Wardah: Jurnal Kajian Perempuan, Gender Dan Agama 15, no. 2 (2021): 181–93.
Khamimah, Khamimah, Nafis Azmi Amrullah, and Akbar Syamsul Arifin. “Analisis Sintaksis Kontrastif Nomina Dalam Bahasa Arab Dan Bahasa Indonesia.” Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching 11, no. 2 (2022): 22–35. https://doi.org/10.15294/la.v11i2.61015.
Kholiza, Adin Nur, and Ningsih Fadhilah. “Bias Gender Dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Arab Karya Faruq Baharudin: Studi Analisis Pada Buku Ajar Tingkat Madrasah Tsanawiyah Kelas VII.” Jurnal Sipakalebbi 5, no. 2 (2021): 207–31. https://doi.org/10.24252/sipakallebbi.v5i2.25529.
Khusen, Maulana. “Bias Gender Dalam Buku Pelajaran Bahasa Arab Untuk Tingkat Madrasah Tsanawiyah Karya Darsono Dan T. Ibrahim.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr 3, no. 2 (2017): 115–28. https://doi.org/10.24090/jimrf.v3i2.1023.
Kuntarto, Eko, Silvi Noviyanti, Ayu Yennanda, Feddy Prasetyo, Refina Aulia Agisti, and Widya Kurnia. Peran Dan Fungsi Bahasa, 2014.
Lafamane, Felta. “Antropolinguistik (Hubungan Budaya Dan Bahasa),” 2020. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=ANTROPOLINGUISTIK+%28Hubungan+Budaya+dan+Bahasa%29+&btnG=.
Latra, I Wayan. “Identitas Nasional Sebagai Salah Satu Determinan Dalam Pembangunan Bangsa Dan Karakter.” Universitas Udayana, 2017.
Mailani, Okarisma. “Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia.” Kampret Journal 1, no. 1 (2022): 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8.
Mailani, Okarisma, Irna Nuraeni, Sarah Agnia Syakila, and Jundi Lazuardi. “Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia.” Kampret Journal 1, no. 2 (2022): 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8.
Misbahuddin, Mohamad. “Fungsi, Hakikat Dan Wujud Bahasa.” INTAJUNA: Jurnal Hasil Penelitian 3, no. 2 (2020): 104–12. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/intajuna/article/view/4141.
Muh. Sabilar Rosyad. “Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs/SMP Islam Dalam Perspektif Gender.” Journal of Applied Linguistics and Islamic Education 02, no. September (2018): 1–26. https://doi.org/https://doi.org/10.33754/jalie.v2i2.188.
Muhammadun, Muzdalifah. “Penanda Gender Dalam Perspektif Bahasa Arab Dan Bahasa Indonesia (Sebuah Analisis Kontrastif).” Jurnal Al-Maiyyah 9, no. 1 (2016): 46–86. http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/almaiyah/article/view/334.
Rachma, Winda Laila. “Bahasa Sunda Sebagai Identitas Budaya Mahasiswa Etnis Sunda Di Universitas Serang Raya.” Senaskah: Seminar Nasional Komunikasi Administrasi Negara Dan Hukum 1, no. 1 (2023): 283–92. https://doi.org/10.30656/senaskah.v1i1.178.
Ramadhan, Muhammad Fadli, Mochammad Firdaus, Ahmad Fatoni, Lailatul Mauludiyah, and Iman Sultan. Al ’Arabiyyah Lil Induniysiyyin. Malang: Duta Media, 2023.
Resmini, Novi. “Hakikat Dan Fungsi Bahasa Indonesia.” Jurnal UPI, 2010, 1–44.
Rosyad, Muh. Sabilar. “Analisis Buku Ajar Kelas VIII Dalam Perspektif Bias Gender.” JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education 02, no. 02 (2018): 381–95. https://ejournal.unkafa.ac.id/index.php/jalie-unkafa/article/view/188.
Sari, Rita Kumala. “Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia.” Jurnal Borneo Humaniora 4, no. 2 (2021): 60–69. https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249.
Shodiq, Muhammad Jafar. “Bias Gender Dalam Buku Bahasa Arab Siswa MA Kelas X Dengan Pendekatan Saintifik 2013.” Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2014): 307–26.
Susiawati, Iis, and Dadan Mardani. “Bahasa Arab Bagi Muslim Indonesia Antara Identitas Dan Cinta Pada Agama.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4, no. 5 (2022): 18–23.https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.5432.
Umar, Nassaruddin. Argumen Kesetaraan Gender. Jakarta: Dian Rakyat, 2010.
Wiratno, Tri, and Riyadi Santosa. “Bahasa, Fungsi Bahasa, Dan Konteks Sosial.” Modul Pengantar Linguistik Umum, 2014, 1–19.
Yahya, Yuangga Kurnia, Umi Mahmudah, and Luthfi Muhyiddin. “De-Sakralisasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Indonesia: Analisis Bahasa Sebagai Identitas Agama.” JLA (Jurnal Lingua Applicata) 3, no. 2 (2020): 57–70. https://doi.org/10.22146/jla.57232.
Zuhriyah, Lailatul. “Integrasi Konsep Gender Dalam Pelajara Bahasa Arab Untuk Siswa Muslim Di Indonesia: Integration of Gender Concepts in Arabic Language Teaching for Mus-Lim Students in Indonesia.” International Proccedings 01 (2022): 293–308.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.3044
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indeksasi
______________________________________________________________________________________
Contact Us:
Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan KebahasaarabanAddress: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai UtaraKabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471Provinsi: Kalimantan SelatanEmail: almiyar@stiq-amuntai.ac.id__________________________________________________________________________
___________________________________________________________________
__________________________________________________________________
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.