Inovasi Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kitabah Pada Buku Bahasa Arab Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Terbitan Kemenag 2020

Nurul Muthaharaini Maspeke, R. Umi Baroroh, Dwi Arian Putra Mandaka, Heni Wahyuni, Yusril Muhammad Nur

Abstract


This research aims to analyze and answer the problems that exist in the assessment of class VII Arabic books published by the Ministry of Religion of the Republic of Indonesia in 2020, especially regarding writing skills. This research uses descriptive qualitative methods and literature studies to collect data. This scientific research only offers innovation to carry out authentic assessments as a solution to problems that occur in assessments in Arabic books published by the Ministry of Religion in 2020

Keywords


Arabic Language Learning, Authentic Assesment, Maharah Kitabah

Full Text:

PDF

References


Adinda, Dea. 2024. “Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Maharah Al-Kitabah Dengan Metode Pembelajaran Insya ’ Iyah Karakter Arab Secara Akurat . Hal Ini Disebabkan Oleh Kurangnya Perhatian Guru Terhadap.” Jurnal Yudsitira 2(1).

Baharudin, Faruq. 2020. Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Kelas VII. Jakarta: Kementrian Agama RI.

Djumingin, Sulastrianingsih. 2017. Penilaian Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Teori Dan Penerapannya. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Iskandar, Muhammad Lutfiana. 2017. “Strategi Pembelajaran Menulis (Kitabah) Bahasa Arab.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr 6(1):55–68. doi: 10.24090/jimrf.v6i1.2712.

Kusnandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). PT Raja Grafindo Persada.

Majid, Abdullah. 2013. Penilaian Autentik Proses Dan Hasil Belajar. PT. Remaja Rosdakarya.

Munip, Abdul. 2017. Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: FITK UIN Suka.

Mustofa, Syaiful. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN Maliki Press.

Nurgiyantoro, Burhan; Suyata, Pujianti. 2011. “Model Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Bahasa.” Litera 10(2).

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Bahasa. Gadjah Mada University Press.

Putri, Putri. 2022. “Mafhum Maharah Qiraah Dan Maharah Kitabah.” Islamic Education 2(2):1–5. doi: 10.57251/ie.v2i2.376.

Salamah; Rahman, Aulia Rifqi; Kaukab, M. Elfan. 2021. “Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Nivedana 2(1).

Suparman, Ujang. 2016. Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa. Suluh Media.

Syagif, Ahmad. 2018. “Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) Dalam Pembelajaran Maharah Kitabah.” Al-Af’idah 2(2).

Wahdah, Yuniarti Amalia, Nailin Najihah, and Nasiruddin Nasiruddin. 2023. “Karakteristik Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Mahᾱrah Qirᾱah Dan Kitᾱbah.” Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 6(1):257. doi: 10.35931/am.v6i1.1640.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.3667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indeksasi

 ONESEARCH PERPUSNAS      Dimension

______________________________________________________________________________________

Contact Us:

Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471
Provinsi: Kalimantan Selatan
Email: almiyar@stiq-amuntai.ac.id

__________________________________________________________________________

 

Free counters!

___________________________________________________________________

 

Lisensi Creative Commons

__________________________________________________________________

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.