Implementasi Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Pemahaman Mufrodat Siswa Kelas X MA Bilingual Junwangi

Imroatut Taqiyah, Moch. Bahak Udin By Arifin

Abstract


Penerapan media pembelajaran monopoli pada pembelajaran Drilling Arabic Language (DAP). Media pembelajaran monopoli ini dipilih oleh peneliti karena MA Bilingual Junwangi merupakan sekolah berbasis Islamic Boarding School yang melarang siswanya membawa smartphone atau alat elektronik lainnya sehingga media pembelajaran monopoli cocok diaplikasikan pada sekolah ini. Hal ini dikarenakan media permainan monopoli dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menyenanangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mufrodat siswa kelas X MA Bilingual Junwangi dengan menggunakan media monopoli dalam pembelajaran Drilling Arabic Language (DAP). Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pre-test-Post-test Design dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode Pre-Experimental Design. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini dilakukan uji statistik dengan bantuan SPSS. Tahap analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: analisis deskriptif, uji normalitas, Uji sampel t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman mufrodat siswa meningkat yang dibuktikan dengan rata-rata sebelum diterapkan media pembelajaran monopoli sebesar 83,85 dan mengalami peningkatan rata-rata menjadi 95,70 setelah diterapkan media pembelajaran monopoli. Dapat disimpulkan, bahwa penerapan media pembelajaran monopoli berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman mufrodat siswa kelas X MA Bilingual Junwangi.

Keywords


Media Pembelajaran; Monopoli; Mufrodat

Full Text:

PDF

References


Amalia, Sarah, Arifin, Bahak. n.d. “Pemanfaatan Alat Peraga Geoboard Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V.” 10:181–201.

Asri, Kholidun. 2021. “Problematika Pemilihan Materi Mufrodat Menurut Perspektif Rusydi Ahmad Thu’Aimah.” El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 19(2):216–28. doi: 10.20414/tsaqafah.v19i2.2952.

Deviwidyastutiicloudcom, Email. 2022. “Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Fasilitas Pelayanan Publik Pada Pengguna Trans Jakarta.” 1(3):263–72.

Dewitt, David B., and Mohammed Ayoob. 1987. “Analisis Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Butir Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1.” International Journal 42(3):610. doi: 10.2307/40202478.

Fatmawati, rohman, salim, Hidayah. 2022. “Efektifitas Metode Membaca Cepat Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Tingkat Pengantar Di Institut Birr Dan Kajian Islam Universitas Muhammadiyah Makasar.” 512–29.

Furoidah, Asni, and Masruroh Lailatal. 2022. “Peningkatan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas XI I MA As-Sunniyyah Kencong Jember.” 2(1):1–7.

Gerbing, David W. 1984. Experimental And Quasi-Experimental Designs For Research. Vol. 29.

Gowa, S. M. A. Negeri. 2019. “Peningkatan Penguasaan Kosakata (Mufrodat) Untuk Memahami Wacana Bahasa Arab Melalui Media Kartu Bergambar (Bithoqotu Ash-Shuroh) Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 2 Gowa.” 1–15.

Huda, Imam Fauji. 2018. “Efektivitas Penerapan Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Pemahaman Kosakata Bahasa Arab.” 5(September):188–94.

Isnani Munawwaroh, Ela, and Iain Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. 2021. “Penggunaan Permainan Monopoli Pada Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs N 1 Bangka Tengah.” I(2):16–28.

Jamroh, Nur Maya Badriyatul, and Khoiratun Nisa. 2021. “Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Hafalan Kosakata Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi.” TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab 1(02):317–33. doi: 10.30739/arabiyat.v1i02.1405.

K, Fendy Nyoto, and Gregorius Satia Budhi. 2016. “Pembuatan Permainan Monopoly Dengan Pelajaran Matematika Di Android Dengan Menggunakan Unity.” Jurnal Infra 4(2):1–7.

Larasati, Ariyani Dwi, and Mohammad Ahsanuddin. 2023. “Pengembangan Monopoli Bahasa Arab Untuk Pembelajaran Kosakata Kelas IX Madrasah Tsanawiyah.” JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts 3(3):391–405. doi: 10.17977/um064v3i32023p391-405.

Magdalena, Riana, and Maria Angela Krisanti. 2019. “Analisis Penyebab Dan Solusi Rekonsiliasi Finished Goods Menggunakan Hipotesis Statistik Dengan Metode Pengujian Independent Sample T-Test Di PT.Merck, Tbk.” Jurnal Tekno 16(2):35–48.

Mei, Volume Issue, Studi Kasus, and Ibtidaiyah Almaarif. 2023. “Strategi Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab.” Qismul Arab: Journal of Arabic Education 2(2):83–94.

Muchtar, Ilham. 2018. “Peningkatan Penguasaan Mufradat Melalui Pengajian Kitab Pada Mahasiswa Ma’Had Al-Birr Unismuh Makassar.” Al-Maraji’ : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2(2):14–26.

Mufra, Pemahaman, D. A. T. Di, and S. D. Muhammadiyah. 2024. “Penggunaan Media Poster Untuk Meningkatkan Pemahaman Mufra>Dat Di Sd Muhammadiyah 1 Sedati.” 7(1):1–18.

Nanang Qosim, Muhammad, and Muhammad Anas bin AlMuhsin. n.d. “Analysis Of Variation Of Sound Changes In Arabic Language Phonemes In Junior High School Students In Java, Indonesia.” LISANUL ARAB: Journal of Arabic Learning 12(1):2023. doi: 10.15294/la.v11i2.

Nurhalimah, Sri, Yunin Hidayati, Irsad Rosidi, and Wiwin Puspita Hadi. 2022. “Hubungan Antara Validitas Item Dengan Daya Pembeda Dan Tingkat Kesukaran Soal Pilihan Ganda Pas.” Natural Science Education Research 4(3):249–57. doi: 10.21107/nser.v4i3.8682.

Nuzulia, Atina. 2024. “Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik Dalam Membaca Bahasa Arab.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 7(1):5–24.

Qomari, Rohmad. 1970. “Teknik Penelusuran Analisis Data Kuantitatif Dalam Penelitian Kependidikan.” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 14(3):527–39. doi: 10.24090/insania.v14i3.372.

Rachmawati, Miatin, Fitria Nugrahaeni, and Lailatul Mauludiyah. 2020. “Improving Arabic Speaking Skill through Mind Mapping Strategy.” Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature 3(1):31–44. doi: 10.22219/jiz.v3i1.10967.

Ratnasari, Vita, and Najih Anwar. 2022. “The Problems of Homescholing Arabic Learning in Sidoarjo.” Indonesian Journal of Islamic Studies 35(7):i–ii. doi: 10.1016/s1000-9361(22)00099-1.

Robiansyah, Dodi, Ii Rahmanudin, and Muhammad Arifin Hanif. 2023. “Pengaruh Penggunaan Media Monopoli Bahasa Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas Iv Mi Salafiyah Kota Cirebon.” Al-Fakkaar 4(1):18–34. doi: 10.52166/alf.v4i1.3753.

Safitri, R. .. Nur. 2023. “Metode Pembelajaran Mufrodat Pada Siswa Kelas Vii MTs Satu Atap Raudhotut Tholibin Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.”

Sari, Yanti Puspita, and Hasan Syaiful Rizal. 2021. “Pembelajaran Mufrodat Dengan Metode Menghafal Di Madrasah Aliyah Darut Taqwa Sengon Agung Purwosari Tahun Ajaran 2020/2021.”

Utami, Riska Nur Wachidya. 2020. “Pengembangan Permainan Monopoli Edukasi Akmar-Umali ( Abu Bakar , Umar , Utsman , Ali ) Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab.” Revolusi Industri 4.0 387–97.

Waruwu, Marinu. 2023. “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(1):2896–2910.

Winarni, Rani, and Endah Resnandari Puji Astuti. 2024. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas V Pada Materi Bangun Ruang Di Mi Miftahul Huda.” Jurnal Teknologi Pendidikan 4(1):69–79.

Wulandari, Nadia, and Moch. Bahak Udin By Arifin. 2023. “The Influence of Educational Online Games on Student Learning Motivation.” Jurnal Pendidikan Glasser 7(2):373. doi: 10.32529/glasser.v7i2.2790.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.3690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

pasarliga