Penggunaan Media Papan Flanel Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Arab
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fahrur Rosikh, F. R., Sholihah, Z., & Larasati, D. P. (2022). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Bahasa Arab. KILMATUNA: Journal of Arabic Education, 2(02), 293–302. https://doi.org/10.55352/pba.v2i02.633
Zubaidillah, M. H., & Hasan, H. (2019). Pengaruh Media Kartu Bergambar (Flash Card) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(1), 41. https://doi.org/10.35931/am.v2i1.90
Gemilang, D., & Listiana, H. (2020). Teaching Media in the Teaching of Arabic Language/ Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Arab. ATHLA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic and Literature, 1(1), 49–64. https://doi.org/10.22515/athla.v1i1.3048
A. Dr..Ibrahim Muhammad Atta (2006), Contoh dalam Pengajaran Bahasa Arab. Kairo, Fakultas Pendidikan-Universitas King Abdul Aziz Madinah
Hijriyah, U., Basyar, S., Koderi, K., Erlina, E., Aridan, M., & Hidayatullah, M. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Android Untuk Mahᾱrat Al Istimᾱ’ Kelas 8 Smp. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(2), 239. https://doi.org/10.35931/am.v5i2.1352
Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar [The Use of Video Learning Media on the Learning Outcomes of Elementary School Students]. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354.
Febriani, S. R., & Mahmudi, A. (2021). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Dan Independen Di Era Revolusi Industri 4.0. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(1), 59. https://doi.org/10.35931/am.v4i1.371
Hidayatullah, A. nurul. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis YouTube dan Minat Belajar.Shaut Al-‘ Arabiyah, 9(1), 23–31.
Agung Nur, Jamil Husnini,(2022). Tantangan pembelajaran bahasa arab di era society 5.0: Ananlisis pembelajaran bahasa arab berbasis aplikasi interaktif. Vol. 3, No. 1, 2022 Alibaba’: jurnal pendidikan bahasa arab
Rahmat Hidayat; Aulia Nur Khofifah. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran “Clock Corner” Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah (Mts) Tegalrejo Magelang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Furoidah Asni(2020). Media pembelajaran dan peran pentingnya dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa arab. Vol. 2, No. 2, 2020, Hal. 63-67 Al-Fusha: Arabic Language Education Journal
Hikmawati, N., Amal, A., Guru Pendidikan Anak Usia Dini, P., & Negeri Makassar, U. (2022). EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2 Januari. 1(6), 63–70.
Hidayat Nandang, Supena Asep, Khotimas Husnul, (2019). Meningkatkan attensi belajar siswa kelas awal melalui media visual. Jurnal pendidikan anak,8(1),2019, 17-19 Available online
Cahya Ningsih Ujati, Yuliati Yuyu, Salsabila Dinda Tasya,(2021). Studi literature:Penggunaan media visual infografis dalam meningkatkan minat belajar IPS siswa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021 “System Thinking Skills dalam Upaya Transformasi Pembelajaran di Era Society 5.0”.Agustus 2021
Sakti Gunawan, Hadi Farhan, Hamzah.(2020). Pengaruh media flannel terhadap minat elajar siswa.FPIPP UNDIKMA
Ulfa Khulsum, Faizah Nur Putri, Faizaah Maryam. (2022). Papan falnel berbasis cerita islamii sebagai pengembangan media pembelajaran pembelajaran di madrasah ibtidaiyah. Prosiding konferensi Nasional PD-PGMI Se Indonesia, Yogyakarta 9-11
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Hikmawati Fenti,2020, Metodologi Penelitian, Depok:Rajawali Pers
Suttrisno, S., Riyanto, Y., & Tjipto, W. (2020). Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, , 5(1), 718–729.
()Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji HomogenitasDan Uji Hipotesis). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62.
U. Press, “BukuAjar Statistik Pendidikan Buku Ajar Statistik Pendidikan Penulis : ISBN : Design Sampul dan Tata Letak : Redaksi :,” 2021.
Fauziyyah, I. L., & Hikmah, K. (n.d.). The Effectiveness of Using The Lumio Web to Improve Mastery of Arabic Vocabulary at SMP Muhammadiyah 8 Batu [ Efektivitas Penggunaan Web Lumio Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 8 Batu ]. 1–11.
Faryati, S., & Prasasti, O. (2023). Penggunaan Media Papan Flanel Dalam Meningkatkan Pemahaman Mengenal Warna Dalam Bahasa Arab Pada Siswa TK Tholabul Hikmah Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. 8. https://doi.org/10.37728/jpr.v8i1.530
Grassell, E. M. (1956). Use Flannel Boards for Better Teaching. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 30(7), 420–425. https://doi.org/10.1080/00098655.1956.11476458
Budd, B. (1970). Using Flannel Board and Clalk Board to Teach Square Dance. Journal of Health, Physical Education, Recreation, 41(9), 78. https://doi.org/10.1080/00221473.1970.10612046
The flannel board as an aid in teaching parliamentary procedure. The Speech Teacher, 8(1), 15–21. https://doi.org/10.1080/03634525909376989
Primaningtyas, M. (2018). Penerapan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ihtimam, 1(1). https://doi.org/10.36668/jih.v1i1.156
Atmaja, N. U. R. A. (2017). Media Meningkatkan Hasil Belajar IPS SISWA KELAS.
Primaningtyas, M. (2018). Penerapan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ihtimam, 1(1). https://doi.org/10.36668/jih.v1i1.156
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2010). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Rajawali Press.
Lestari, Sri. (2017). "Penggunaan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab". Jurnal Pendidikan Arab, 4(2), 91-100.
Lestari, Sri. (2017). "Penggunaan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab". Jurnal Pendidikan Arab, 4(2), 91-100.
Fauziah, N. (2020). "Pengaruh Penggunaan Papan Flanel dalam Pembelajaran Nahwu pada Siswa MI". Jurnal Al-Tadris: Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 123-135.
Farhat, L. (2019). "The Effectiveness of Interactive Teaching Methods in Learning Arabic." International Journal of Arabic Education, 6(2), 75-88
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.3870
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indeksasi
______________________________________________________________________________________
Contact Us:
Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan KebahasaarabanAddress: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai UtaraKabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471Provinsi: Kalimantan SelatanEmail: almiyar@stiq-amuntai.ac.id__________________________________________________________________________
___________________________________________________________________
__________________________________________________________________
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.